31 March 2011

Undangan Antologi Flash Fiction 200 Kata Tokoh Cerita Hewan [FABEL]


oleh Futicha Turisqoh II pada 31 Maret 2011 jam 12:40




Salam hangat,
Taukah engkau fabel? Fabel adalah kisah-kisah yang meminjam dunia binatang sebagai tokoh yang bermain di dalamnya.
Meskipun pada kenyataannya, dunia "fabel" ternyata tidak hanya menarik bagi pencerita bacaan anak, tapi juga memukau kalangan dewasa.Sebut saja George Orwell dalam novelnya "Animal Farm" yang menggambarkan kebringasan politik "manusia" yang disimbolkan taman para para binatang.

Dengan ini saya mengajak temans-temans "fesbuker" untuk ikut meramaikan antologi FF yang akan saya buat.

Tema: Perjuangan dan Persahabatan
Pembaca: Untuk anak-anak usia 6-12 tahun
Tujuan: Menanamkan cinta anak akan persahabatan dan perjuangan

Syarat:
1. WNI
2. Tanpa batas umur
3.Panjang tulisan maksimal 200 kata, minimal 100 kata beserta judul
4. Menggunakan bahasa yang sederhana
5. Insyaallah akan berusaha saya tawarkan ke penerbit untuk diterbitkan.
5.Penghitungan royalti akan dibicarakan lebih lanjut
5. 2 Cerita terbaik akan mendapatkan pulsa senilai Rp 50.000,00[Tidak menutup kemungkinan hadiah akan bertambah, insyaallah akan saya carikan donatur.Bisa berupa paket buku ataupun merchandise khas Borobudur,Magelang,Jateng]
6. Publish materi lomba ke 25 temanmu dan penyelenggara[hanya materi]
7.Cerita dikirim melalui inbox fb, agar lebih aman ,setelah itu kirim cerita kamu lewat email penyelenggara: syahid.muhammad27@yahoo.com
8.Setiap peserta hanya mengirimkan satu karya terbaiknya
dan setiap hari Ahad akan diadakan pengumuman peserta
9.Deadline 20 Maret-30 April 2011
10. Akan di ambil 29 cerita terbaik
11.Semoga saja tidak hanya penulis pemula yang ikut menyemarakkan antologi ini
12. Contoh cerita akan di publish di catatan berikutnya
13. Pengumuman pemenang tanggal 30 Mei 2011
14.Ayo tunggu apa lagi, buruan berkarya.
15. Jangan memandang siapa yang mengadakan kompetisi, mari berkarya karena memang kita cinta menulis. Dan jadikan ajang ini sebagai sarana untuk mengasah ketajaman pena kita.

Selamat berkarya temans,
Salam, Muhammad Syahid

ME AND MY HONEY

30 March 2011

JONGKOK MEMBAWA NIKMAT



                                                                                    By: Puput Happy

Jika ingat kehamilanku dulu, banyak kejadian yang membuatku ingin menangis sekaligus tersenyum. Bagaimana tidak, kehamilan pertama dan terakhir bagiku tetap akan kujadikan kenangan. Meski sudah terlalu lama kisah kehamilanku itu, tapi peristiwa itu serasa baru kemarin, teringat terus dan tak akan kulupa.
Aku hamil kira-kira 15 tahun yang lalu. Dari pernikahan dini itulah yang bisa kuambil hikmahnya, bahwa persiapan dan kedewasaan memang sangat diperlukan. Tak bisa kupungkiri, jika saat itu aku masih tergolong manja dan cengeng.
Selama kehamilan, aku paling tak bisa menahan tangis, terutama jika suami berkata-kata yang menyinggung perasanku. Sedikit tersinggung saja air mataku langsung meleleh tanpa permisi.
Aku sendiri bingung, kenapa semenjak aku hamil begitu sensitif. Kata orang-orang sih itu pengaruh hormon saat hamil. Jika aku sudah susah didiemin oleh suami, suamiku malah pergi, membuatku makin tidak karuan mengatur perasaan. Berjam-jam aku bisa kuat meringkuk di kamar, sendirian.
Akibat dari perasaan sensitifku yang tinggi selama kehamilan, berdampak pada psikis anakku yang memiliki perasaan sensitif juga, padahal ia anak laki-laki. Jika melihat sifat anakku itu, aku jadi menyesal sendiri. Kenapa aku cengeng sekali saat hamil? Tapi nasi sudah menjadi bubur. Kini solusi yang kuambil dalam menghadapi sikap anakku yang kini berusia 15 tahun, yang hendak duduk di bangku SMU hanyalah memberi masukan positif dan kepercayaan diri yang tinggi. Dan hasilnya lumayan, anakku tidak suka mengeluh dan cengeng lagi. Afif kini tumbuh menjadi remaja yang pintar dan selalu optimis menyongsong masa depan. Mudah-mudahan akan terus begitu. Amin…
Namun, ada keistimewaan tersendiri selama kehamilanku. Bagaimana tidak, aku tak pernah sekalipun mengalami yang namanya ngidam ataupun muntah-muntah. Orang-orang bilang, hamil ngebo! Maksudnya, kayak kerbau, makan minum seperti biasa, layaknya kerbau, tak ada masalah sama sekali. Aku pun sangat bersyukur karenanya. Hanya masalah kejiwaan saja yang masih belum bisa stabil, masih suka mewek tanpa sebab.
Satu hal yang masih kuingat, anjuran ibuku menjelang aku hamil tua. Beliau menyuruhku untuk rajin sujud dan mengepel lantai dengan cara jongkok! Jadi bukan memakai alat pel yang biasa buat ngepel, melainkan ngepel dan menggosok-gosok lantai dengan posisi jongkok. Maju mundur dengan posisi tetap seperti itu, dan hampir tiap hari. Kata Ibu, dengan memperbanyak sujud/sholat dan jongkok saat ngepel, akan mempermudah proses kelahiran. Beruntung aku mau mengikuti saran Ibu, makanya aku melahirkan Afif (nama anakku) dengan mudah. Bisa dibilang, proses kelahiranku tidak menyisakan rasa sakit yang berkepanjangan. Aku sendiri lupa, seperti apa rasanya melahirkan. Bayi “mbrojol” begitu saja malah bikin suamiku tertawa. Katanya, seperti bukan melahirkan. (Nah loh?)
Dan ternyata nasehat Ibu banyak benarnya. Ini dibuktikan dengan kasus ibu-ibu yang lain, yang melahirkan anak dengan mudah setelah mengikuti anjuran ibuku itu. Aku yang sudah mempraktekannya pun sering menganjurkan ibu-ibu hamil untuk rajin sujud dan jongkok saat mengepel lantai.
Mengingat anjuran Ibuku untuk memperbanyak jongkok saat hamil tua, aku jadi ingat artikel tentang toilet jongkok di health.detik.com, bahwa toilet jongkok ternyata lebih menyehatkan bagi ibu hamil dibanding toilet duduk. Bagi masyarakat modern, toilet jongkok sudah banyak ditinggalkan karena dianggap ketinggalan zaman. Padahal bagi ibu hamil, buang air besar di toilet jongkok lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan melakukannya di toilet duduk.

Sejumlah pakar kehamilan mengatakan buang air besar di toilet jongkok bukan hanya aman, tapi justru dianjurkan bagi ibu hamil. Menurut hasil penelitian, sering jongkok semasa hamil dapat mengurangi berbagai hambatan dan rasa sakit saat bersalin.
Jongkok diyakini sebagai posisi paling natural atau alamiah saat melahirkan, karena jalan lahir hanya akan terbuka dengan sempurna pada posisi tersebut. Latihan jongkok semasa hamil bisa meningkatkan elastisitas jalan lahir sehingga mampu membuka 20-30 persen lebih lebar.
Posisi jongkok juga bisa memperkuat otot paha dan perut agar siap digunakan untuk mendorong bayi saat lahir. Makin kuat dorongan dari dalam, bantuan dari bidan atau dokter kandungan misalnya dengan menggunakan forceps atau pencepit makin tidak diperlukan.
Meskipun demikian, penggunaan toilet jongkok juga punya risiko bagi ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil yang menggunakan toilet jongkok harus memperhatikan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari Babycenter, Minggu (27/3/2011).
  1. Pastikan lantai dan pijakan kaki dalam kondisi kering atau minimal tidak licin agar tidak terpeleset. Jika perlu, gunakan alas kaki bari bahan karet yang antiselip.
  2. Jika memungkinkan, pasang pegangan di dekat toilet jongkok untuk memudahkan saat hendak berdiri. Pegangan tersebut juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan, karena perut yang membesar membuat titik berat pada ibu hamil berbeda dari orang-orang pada umumnya.
  3. Hindari gerakan-gerakan yang berbahaya seperti mengambil gayung atau tissue toilet yang berada di luar jangkauan normal. Terlalu memaksakan diri tidak hanya berisiko jatuh, tapi juga memicu tekanan pada perut yang bisa membahayakan kehamilan.
  4. Jika merasa tidak nyaman saat jongkok, misalnya pusing atau kesemutan maka jangan dipaksakan. Konsultasikan dengan dokter, sebab gejala tersebut bisa menandakan adanya gangguan pada saraf dan peredaran darah.
  5. Jangan terlalu sering jongkok, atau hindari sama sekali jika memang ada komplikasi tertentu yang menyertai kehamilan.
So, bagi ibu hamil, tak perlu malu memiliki toilet jongkok, hanya karena takut dianggap kuno, sebab manfaat yang didapat lebih banyak dibanding toilet duduk. OK?
***

NB: Naskah sedang diikutkan dalam Lomba Menulis 2011 "Kehamilan yang Menakjubkan"

28 March 2011

Ayo Ikutan Lomba Nulis!!!


Quiz On Cassh
yang belum pada ikutan ini dia infonya....

Bismillahirrahmanirrahim

Dalam rangka syukuran kelahiran antology pertama Tarapuccino Group berjudul 99% CASSH ‘Cantik, Sehat, Shalihah’ juga pergantian visi misi Tarapuccino group ke depan menjadi lebih baik, kreatif dan bermanfaat, kami mengajak teman-teman semua untuk ikut berpartisipasi dalam event ‘Quiz on Cassh’.
Syaratnya gampang banget :
1. Quiz terbuka untuk umum termasuk para kontributor antology dan pemenang kisah ringan
2. Tuliskan nama artikel / sub bab dan judul kisah ringan yang menjadi favoritmu dari antology Cassh beserta alasan-alasanmu menyukainya
3. Tuliskan kesan-kesanmu terhadap antology Cassh (max. 200 kata)
4.  Cantumkan jawabanmu untuk poin 2 dan 3 diatas beserta upload cover Cassh dan materi quiz di note FB, tag minimal 15 orang temanmu termasuk FB Riawani Elyta
5. Quiz dibuka mulai dari tanggal 15 Feb s/d 30 April 2011
6. Beri judul notemu ’Quiz on Cassh’

Penghargaan
Akan dipilih 3 (tiga) orang pemenang berdasarkan alasan dan kesan terbaik
Masing-masing pemenang mendapat penghargaan sebagai berikut :
Pemenang I mendapat paket buku Leutika Publisher senilai Rp.250.000,-*
Pemenang II mendapat paket buku Leutika Publisher senilai Rp.150.000,-*
Pemenang III mendapat paket buku Leutika Publisher senilai Rp.100.000,-*

*judul boleh dipilih sendiri

Bagi yang hobi berfoto silahkan klik info berikut untuk mengikuti event lomba foto dan testimoni Cassh yang digawangi oleh Leutikan Reading Society (LRS) Bekasi :
http://www.facebook.com/home.php?sk=group_192052574146698&ref=notif&notif_t=group_activity&refid=0#!/notes/tia-marty-al-khairoh/lomba-comment-en-foto-narsis-bareng-antology-99-cassh-cantik-sehat-shalihah/200743886606876

Sekilas resensi Cassh dapat disimak pada catatan pembaca di link berikut ini :
http://www.facebook.com/home.php?sk=group_192052574146698&ref=notif&notif_t=group_activity&refid=0#!/note.php?note_id=497974946231&id=1414065220

Antology Cassh bisa didapatkan di toko-toko buku atau pemesanan melalui Leutika Publisher atau para kontributor antology / pemenang kisah ringan.

Ingin mendapatkan Cassh dengan harga super hemat?
Ikuti Paket hemat yang ditawarkan oleh Tarapuccino Group berikut ini :
Antology 99% Cassh Cantik Sehat Shalihah  Rp. 38.000,-  menjadi Rp.35.000,- (bebas ongkir)
Antology 99% Cassh Cantik Sehat Shalihah  + novel Tarapuccino Rp. 64.000,- menjadi Rp. 60.000,- (bebas ongkir)
Antology 99% Cassh Cantik Sehat Shalihah  + novel Tarapuccino + antology Cinta Monyet Never Forget Rp.104.000,- menjadi Rp. 100.000,- (bebas ongkir)

Untuk pemesanan silahkan menghubungi via inbox FB Riawani Elyta
Quiz ini terselenggara turut didukung oleh Leutika Publisher

Salam ukhuwah,
Riawani Elyta
Tarapuccino Group

LOMBA MENULIS 2011 'KEHAMILAN YANG MENAKJUBKAN'

oleh Sri Wahyuti pada 28 Maret 2011 jam 12:15
LOMBA MENULIS 2011 'KEHAMILAN YANG MENAKJUBKAN'

KEHAMILAN BAGI PEREMPUAN YANG SUDAH MENIKAH ADALAH SESUATU ANUGRAH MENAKJUBKAN SERTA LUAR BIASA YANG DIBERIKAN ALLAH KEPADANYA. TENTUNYA DALAM MENJALANI KEHAMILAN TERSEBUT, BANYAK HAL YANG MENAKJUBKAN TERJADI. MULAI DARI AWAL MENGETAHUI KEHAMILAN, KEMUDIAN PERUBAHAN FISIK, PERUBAHAN EMOSI, SAMPAI PERUBAHAN SIKAP YANG BISA JADI MENJADI “BAWAAN” ATAU NGIDAM SELAMA KEHAMILAN. SEMUANYA AKAN MENJADI KISAH YANG SELALU MENAKJUBKAN UNTUK DI INGAT

Buatlah tulisan mengenai pengalaman selama menjalani kehamilan. Baik pengalaman selama kehamilan tersebut membahagiakan, menyenangkan, atau bahkan menyedihkan. Namun hal itu semua menjadi warna-warni membuat kehamilan yang di jalani menakjubkan dan mempunyai kesan tersendiri bagi anda dan bisa menjadi inspirasi dan pelajaran penting bagi para pembacanya kelak.

Yuk, Ekspresikan semua ungkapan kata hatimu lewat lomba menulis pengalaman“Kehamilan yang Menakjubkan”.

Syarat dan ketentuan :

1. Tulisan yang dibuat berdasarkan pengalaman nyata dengan tokoh diri sendiri, pasangan istri, atau yang lainnya. Tulisan pengalaman kehamilan tersebut, bisa ditulis berdasarkan kejadian pengalaman kehamilan yang sedang dijalani sekarang ataupun bisa juga pengalaman hamil yang pernah di alami.

2. Tulisan dibuat dalam bentuk file Words huruf Times New Romans ukuran 12. Spasi 1,5. Maksimal 3 halaman.

3. Kirim tulisanmu ke alamat email tim juri lomba menulis pengalaman “Kehamilan yang menakjubkan” ke : timlombamenulis@yahoo.com dan cc ke :aryamandira39@yahoo.com beri subjek : Kehamilan Menakjubkan

4. Sertakan pula biodata penulis yang terdiri dari: nama lengkap , nama FB/ Blog, email, alamat lengkap dan nomor telpon.

5. Batas pengiriman surat tgl 31 Maret 2011

6.Peserta wajib memposting informasi lomba ini di blog atau fb masing-masing dengan mentag Tri Wahyuni Rahmat, serta 25 teman lainnya. Yang memposting di blog dipersilahkan memberikan link/tautan postingan tema lombanya pada wall facebook Tri Wahyuni Rahmat. Buat setingan postingan untuk umum/everyone.

H a d i a h

Juara 1. Uang sebesar Rp. 500.000 + sertifikat
Juara 2. Uang sebesar Rp.300.000 + sertifikat
juara 3. Uang sebesar Rp. 200.000 + sertifikat

Akan di pilih tulisan yang di anggap menarik oleh tim penyelenggara, dan apabila tulisan tersebut memenuhi persyaratan, maka akan dibukukan oleh yang di editori oleh Sari Azis (editor dan penulis) .

Naskah tulisan yang masuk akan menjadi milik penyelenggara dan Keputusan Juri tidak dapat di ganggu gugat.


Yuk mari menulis dan berkarya,
Salam hangat.


AUDISI PENULIS CERPEN "PERNIKAHAN DINI"

oleh Faujiah Lingga pada 28 Maret 2011 jam 12:06
Bismillahirrohmanirrohim

Menikah muda bukan suatu alasan untuk berhenti berkarya. Menikah muda bukan pula berarti tidak akan adanya kedewasaan dan kebahagiaan dalam berumah tangga. Menikah muda justru menghindarkan diri dari perbuatan dosa akibat dorongan yang bernama ”pacaran”. Itulah yang sudah di buktikan oleh banyak sahabat kita, salah satunya ‘DEWI HASTUTI”, pengarang novel ‘NAMAKU HARTINI”. Sebagai rangkaian syukur atas milad pernikahannya yang ke-21, kami mengadakan audisi menulis cerpen dengan tema “PERNIKAHAN DINI”

Syarat dan Ketentuan :

1. Tema harus mengenai pernikahan dini, boleh berbasis kisah nyata ataupun fiksi murni.
2. Naskah belum pernah di publikasikan di media manapun dan tidak sedang di ikutsertakan dalam perlombaan sejenis.
3. Panjang naskah 4-6 halaman A4, font Times New Romans 12, spasi 2, margin standar
4. Menyertakan biodata berupa Nama Lengkap, nama akun fb, email dan nomor hp di akhir tulisan.
5. Naskah disimpan dalam format RTF (Rich Text Format) dan dikirim dalam bentuk attachment (bukan ditulis di badan email) , naskah dikirimkan ke email : yazmin_aisyah@yahoo.com
dengan subjek email : PD_JUDUL CERPEN_Nama Akun FB
Contoh : PD_NAMAMU INDAH_Yazmin Aisyah.
6. Bagi peserta mohon men-share info audisi ini di note fb nya masing-masing dengan men-tag : Yazmin Aisyah http://www.facebook.com/profile.php?id=1693548001
dan 20 teman lainnya.
Ingat : yang di posting HANYA info lomba, naskah cukup dikirim via email.
7. setiap peserta hanya boleh mengirim satu naskah
8. Naskah mulai diterima panitia pada tanggal 07 maret-07 april 2011 jam 21.00 WIB


Pengumuman pemenang insyaallah tanggal 21 april 2011

Hadiah ;
1. Juara pertama : uang tunai Rp. 250.000 + Novel ‘NAMAKU HARTINI”
2. Juara kedua : uang tunai Rp. 200.000 + Novel “NAMAKU HARTINI”
3. Juara ketiga : uang tunai Rp. 150.000 + Novel “NAMAKU HARTINI”
4. 21 naskah terbaik insyaallah akan di bukukan bersama-sama naskah penyelenggara (Dewi Hastuti) dan panitia (Yazmin Aisyah + Tri Lego Indah) .

Lain-lain :
Royalti dari hasil penjualan antologi cerpen ini nantinya akan di sumbangkan ke Yayasan Mutiara Bunda milik Dewi Hastuti yang beralamat di pekan selasa nagari pauh duo, kecamatan alam pauh duo, kabupaten solok selatan, Sumbar. Yayasan ini bergerak di bidang social & pendidikan serta membantu penderita kanker, khususnya kanker rahim.

Juri :
1. Syamsa Hawa, penulis buku "SIAP-SIAP NIKAH", Redaktur Majalah Annida dan penulis cerpen produktif yang menikah pada usia 20 tahun.

 LMCHP – Lomba Menulis Catatan Heroik Perempuan: GIRL’S POWER.

oleh Inggar Saputra pada 28 Maret 2011 jam 8:49
LMCHP – Lomba Menulis Catatan Heroik Perempuan: GIRL’S POWER.

LOMBA MENULIS CATATAN HEROIK PEREMPUAN
“GIRL’S POWER”

Oleh : EL Kinanti

 Bismillahirrahmanirrahim...

LATAR BELAKANG
  Temans, sepanjang bulan April hingga Mei ternyata adalah bulan-bulan penuh catatan heroik, baik dari kategori pahlawan wanita, pahlawan pendidikan hingga pahlawan revolusi yang terabadikan dalam Hari Besar Nasional : Hari Kartini (21 April), Hari Pendidikan Nasional (2 Mei) hingga Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei).

Hingga tergelitik rasanya ingin mengabadikan momen terindah ini dalam sebuah catatan heroik perempuan, dalam sebuah lomba menulis bertemakan GIRL’S POWER. Tulisan tidak selalu harus bertemakan tentang pejuang nasional, namun siapapun di sekitar kita bisa saja bersikap dan bermental pejuang. Terbuka untuk lelaki atau perempuan, cowok atau cewek, asalkan tokoh dalam tulisan notabene ‘Perempuan’, dan orang yang memang kamu kenal baik.


Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati kebangkitan semangat EL Kinanti untuk tetap konsisten menulis, meski hobinya ini putus sambung dan dalam kondisi apapun. Serta memperingati Milad ke 40 EL Kinanti di tanggal yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei.

Sedikit hal tentang EL Kinanti adalah dari beberapa buku baik yang ditulis sendiri maupun antologi bersama yang telah diterbitkan, antara lain:  Antologi Puisi Mengenang Ibu Tien Suharto (1994), Antologi Lovely Lebaran - La Tahzan (Indie Publishing - Februari 2011), Buku Kumpulan Cerpen UNFORGIVEN (Indie Publishing - Maret 2011),  Buku Kumpulan Cerpen NIGHTMARE (dalam proses terbit, 2011), Antologi Scary Moment (dalam proses terbit, Indie Publishing, 2011), dan Antologi 55 Surat Cinta Untuk Rasulullah  serta Antologi Baby Traveler (dalam proses terbit, 2011).


PERSYARATAN LOMBA DAN KETENTUAN-KETENTUAN LAINNYA. 

Persyaratan Umum :

  1. Lomba ini terbuka untuk umum tanpa batasan usia, gender, maupun profesi.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, dalam bentuk narasi, diketik di kertas A4, spasi 1,5, font TNR ukuran 12, margin normal, dengan panjang naskah berkisar antara 3-6 halaman. Boleh diselipkan dialog di dalam tulisan.
  3. Naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran atau hasil plagiat.
  4. Tema : GIRL’S POWER. Catatan heroik perempuan, berdasarkan Kisah atau Pengalaman Nyata.
  5. Naskah belum pernah dipublikasikan di media manapun dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.

Persyaratan Khusus :

  1. Tidak boleh menuliskan nama dan identitas lainnya pada naskah.
  2. Tuliskan Biografi Naratif maximal 100 karakter, dan info lain berupa Nama Asli, Nama FB, Judul Tulisan, No HP, No Rekening yang masih aktif, Email dan alamat rumah; yang ditulis pada lembaran terpisah.
  3. Artikel dikirimkan via email ke naskah_elkinanti@yahoo.com, dengan format subject : LMCHP_EL Kinanti_Judul_Penulis. Contoh : LMCHP_EL Kinanti_Wanita Kuli Panggul_Ahmad.
  4. Peserta diharap memposting materi lomba di account FB dengan mentag El Kinanti, serta minimal 30 teman peserta lainnya.
  5.  Yang diposting pada notes di account FB peserta hanya materi lomba saja dengan subject : LMCHP – Lomba Menulis Catatan Heroik Perempuan: GIRL’S POWER.
  6. Lebih disukai naskah yang dilengkapi dengan gambar pendukung (misal foto si tokoh serta aktifitasnya).

Ketentuan Umum :
  1. Diharapkan kepada peserta agar meng-add El Kinanti di facebook, sebagai penyelenggara lomba.
  2. Naskah artikel pemenang akan dibukukan dan diusahakan bisa diterbitkan oleh penerbit umum. Namun jika tidak ada penerbit yang melirik, maka kumpulan empatpuluh catatan terbaik bersama catatan EL Kinanti akan diterbitkan secara indie.
  3. Ke-empatpuluh peserta dengan catatan terbaik akan mendapatkan Piagam Elektronik. Dan, tiga pemenang akan mendapatkan hadiah berupa :
Juara I       : Total uang tunai Rp 125.000,- + Piagam, paket buku karya EL Kinanti dan buku Antologi GIRL’S POWER.   Juara II      : Total uang tunai Rp 75.000,- + Piagam, salah satu buku karya EL Kinanti, buku Antologi GIRL’S POWER. Juara III    : Total uang tunai Rp 50.000,- + Piagam, dan salah satu buku karya EL Kinanti.

4. Tidak ada pembagian royalty bagi naskah peserta yang ikut dibukukan.
5. Total Hadiah yang diterima pemenang : Hadiah bisa berubah (bertambah) jika ada donatur yang menyumbang. (Mohon di-inbox ke FB El Kinanti)
6. Naskah ‘Catatan Heroik Perempuan’ Peserta akan dinilai langsung oleh EL Kinanti yang akan dibantu oleh penulis senior lain.
7. Hanya naskah yang memenuhi persyaratan umum dan khusus, yang akan dinilai.
8. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
9. Untuk segala pertanyaan seputar lomba bisa langsung ke inbox El Kinanti

Ketentuan Khusus :
  1. Waktu lomba terhitung  tanggal 25 Maret -  19 April 2011 pukul 23.59 WIB
  2. Pengumuman Update Peserta tanggal 21 April 2011, bertepatan dengan Hari Kartini.
  3. Pengumuman Empat Puluh Naskah terbaik pada tanggal 20 Mei 2011 bertepatan dengan Milad EL Kinanti yang ke-40 dan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.
  4. Pemenang diumumkan pada tanggal 31 Mei 2011 pada Notes di akun FB EL Kinanti (pemenang akan dihubungi langsung via sms).
  5. Pengumuman Penerbitan Naskah Catatan Heroik Perempuan : GIRL’S POWER, pada bulan Juni 2011
  6. Pengiriman Hadiah dan Penghargaan kepada Tiga Pemenang antara tanggal 1-7 Juni 2011

Yuuk ah, gerakin tangan temans untuk menuliskan catatan heroik perempuan yang bertebaran di sekitar kita. Tolong sebarkan notes ini. ^_^ ...

Salam Kreatif,

EL Kinanti
(Eniya Linda Kinanti)

LOMBA FLASH FICTION HUMOR WRITING REVOLUTION

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 28 Maret 2011 jam 6:52
60 Cerita Lucu Terpilih akan DIBUKUKAN.

Penerimaan naskah mulai dari tanggal 23 Maret - 23 April 2011

Apakah kamu pernah mengalami kejadian lucu bin konyol? Pastinya pernah dong, mungkin itu agak malu-maluin apalagi kalo berada pada tempat yang salah, di waktu yang gak tepat ditambah lagi bersama orang-orang yang kamu segani. Serasa langit mau runtuh saja, lebay ...!!!

Nah, daripada kejadian lucu itu diperam yang cuma akan menjadi kenangan kelabu, mendingan dibagi-bagikan kepada sesama, semoga jadi amal kebajikan (kan, bisa menghibur orang lain). Saatnya membuka kembali kejadian-kejadian konyol yang pernah kamu alami, saatnya menertawakannya, hehe ....

Di sinilah tempatnya, Flash Fiction Humor Writing Revolution (FF Humor WR) menyediakan tempat bagi siapa saja yang pengen berbagi kejadian lucu, konyol, perbuatan iseng yang berbuah tertawaan, dan lain-lain yang pernah kamu alamai. Atau, kisah lucu dari teman-teman, saudara, keluara atau kenalan kamu boleh juga didaur ulang di FF Humor WR ini.

Syarat dan ketentuannya:
  • Panjang 100-500 kata.
  • Tentang semua cerita lucu yang pernah kamu alami sendiri, cerita teman, keluarga, dan kenalan juga boleh.
  • Tidak boleh mengambil cerita humor dari buku humor atau internet.
  • Boleh memasukan unsur imajinasi seperlunya saja.
  • Menyertai biodata deskripsi maksimal 50 kata, dengan mencantumkan nomor Anggota Writing Revolution.
  • Terdaftar sebagai Anggota Writing Revolution (SMCO, SPO, SMNO, KMC atau SMBO, bagi yang belum terdaftar sebagai anggota Anggota Writing Revolution info lengkap klik: www.menulisdahsyat.blogspot.com )
  • Tergabung di Grup Kampung Writing Revolution (klik: Like Kampung Writing Revolution)
·         Mencantumkan FF HUMOR WR di subjek/judul email.
  • Satu orang hanya boleh mengirim 1 cerita humor.
  • Kirim cerita lucu ke email: AntologiWR@gmail.com
60 Cerita Lucu Terpilih akan dibukukan.

Hadiah:
5 cerita terpilih akan mendapatkan hadiah @ 2 buku  karya Joni Lis EFendi (Direktur dan Pendiri Writing Revolution).

Info lengkap, klik: www.menulisdahsyat.blogspot.com

Keterangan:
*SMCO: Sekolah Menulis Cerpen Online
*SPO: Sekolah Puisi Online
*SMNO: Sekolah Menulis Novel Online
*SMBO: Sekolah Menulis Buku Online
*KMC: Kelas Menulis Cerpen

Cara Menghitung Kata dan Huruf di MS Word: tekan tombol ALT+T+W

LOMBA MENULIS tema: AKU dan SUAMIKU (deadline 15 april 2011)

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 28 Maret 2011 jam 6:19
 copas dari mbak Ade Anita...

lomba menulis 'aku dan suamiku'


Kemarin saya penegn banget bikin buku ttg mengasuh anak. Nah sekarang saya kembali tergelitik untuk menyusun buku ttg serunya pengalaman yang dialami bersama suami dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Sekali lagi saya mengajak para wanita yang sudah bersuami untuk ikut meramaikan buku saya. Saya mohon doa semuanya semoga buku ini dimudahkan dalam penyelesaiannya. Setiap cerita yg terpilih akan saya masukkan ke buku saya dan Insya Alah bila  tembus ke penerbit setiap kontributor akan mendapatkan royalty juga

Inilah syarat-syaratnyaa

1.untuk para wanita yang sudah/pernah menikah
2. tulis  pengalaman anda dengan tema aku dan suamiku 2-4 halaman font 12 1,5 spasi . bisa pengalaman saat cemburu pada suami, saat  salah paham pada suami dan cerita seputar hubungan suami istri lainnya yang berujung pada pemecahan masalah.
3 k irimkan lewat attachmant jgn dibadan email dalam format ms word 2003 atau rtf keirhayatiharun@yahoo.co.id
4.tuliskan juga solusi apa yang anda dan suami lakukan dalam menyelesaikan masalah
5. tag materi lomba bukan ceritanya yah ke banyak teman salah satunya iirharun
6 akan dipilih 25-30 cerita untuk dimasukkan ke buku yang sedang saya kerjakan
7 seperti lomba kemarin bagi cerita yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa
            -cerita terbaik pertama akan mendapatkan reward dari saya berupa uang tunai 100 ribu beserta sebuah bingkisan menarik
            -3 cerita terbaik lainnya akan mendapatkan bingkisan menarik dari saya.
 Oh ya paling lambat naskah harus sudah masuk ke email saya tgl 15 april 2011 ya
 pengumamannya Insya Allah awal mei 2011. jangan pernah bosan untuk ikutan lomba saya yah …….makasih

Alamat Media Menerima Cerpen

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 26 Maret 2011 jam 7:49
Copas dari FB  Naqiyyah Syam Full

Ayooo yang suka nulis cerpen, ini ada tantangan euy! Kirim ya!
Kalo nggak ada email, biasanya kirim pos langsung tuh:)

1. Tabloid Gaul
Jln. Kedoya Duri raya No.36 Kebon Jeruk Jakarta 11520


2. Majalah Story (Majalah Khusus cerpen)
E-mail : story_magazine@yahoo.com


3. Majalah Teens
Jln. Guru Mughni No.2 Karet Kuningan
Jakarta Selatan 12940


4. Majalah Kartika (Majalah Wanita Dewasa)
Jln. Garuda 82-C
Kemayoran Jakarta 10620
e-mail : majalahkartika@yahoo.com


5. Majalah Says! ( Majalah Khusus cerpen)
Jln. Alaydrus 45 Jakarta
e-mail ; redaksi@majalahsay.com


6. Majalah Gadis
Jln. HR. Rasuna said Kavling B 32-33
Jakarta 12910
e-mail: Redaksi.GADIS@feminagroup.com


7. Majalah Chic
e-mail : Chic@gramedia-majalah.com
chicstory@gramedia-majalah.com


8. Majalah kawanku
e-mail : fiksi-kawanku@gramedia-majalah.com
cerpenkawanku@gmail.com


9. Tabloid Nova
 nova@gramedia-majalah.com



10. Majalah Sekar
e-mail ; Sekar@gramedia-majalah.com


11. Majalah Hai (Majalah cowok/cerpennya yg cowok banget!)
e-mail : Hai-magazine@gramedia-majalah.com


12. Majalah Girls (pre teens, anak 12-15 tahunan)
Girls@gramedia-majalah.com


13. Majalah Horison (majalah sastra)
e-mail :
horisonpuisi@gmail.com
horisoncerpen@gmail.com


14. Majalah Go Girl
Jln. Kebayoran Lama Raya No 236
Jakarta Barat


15. Majalah Aneka
aneka@indosat.net.id

Merajut Persahabatan 101 Ibu dalam 1 Buku...^^

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 19 Maret 2011 jam 8:57
Merajut Persahabatan 101 Ibu dalam 1 Buku...^^



oleh Indari Mastuti pada 18 Maret 2011 jam 22:42





Dear sahabat-sahabatku di SD, SMP, SMA, sahabat saat KULIAH, dan saat KERJA, hingga adik dan kakakku ^^...yuk kita rajut kembali persahabatan kita dengan membukukan cerita yang diberikan untuk putra putri kita dalam satu buku bersama :). Ikutan yuuuuk...

Aturan partisipasi menulis antologi;
1. Ibu yang sudah memiliki anak :)
2. memiliki cerita seru, unik, dan menarik yang sering diceritakan pada anak dengan harapan sang anak meniru teladan dari tokoh dalam cerita tersebut.
3. Panjang halaman 2-3hal a4, spasi 1,5 font 12 poin, times new roman
4. Di akhir tulisan sertakan nilai moralnya
5. Sertakan profil singkat ibu
6. Kirimkan ke indscript.creative@gmail.com subject: 101 CERITA IBU
7. Lampirkan CV dan foto Anda bersama si kecil ^-^
8. Deadline penulisan tanggal 31 Maret 2011
9. Cerita apa yang bisa diangkat? kami membutuhkan:
- Fabel (cerita binatang) sebanyak 25 cerita
- Cerita rakyat/legenda sebanyak  25 cerita
- Klasik sebanyak 25 cerita
- Cerita inspiratif dari para ibu sebanyak 25 cerita
- Pengantar tidur sebanyak 1 cerita
10. Setiap ibu boleh mengirimkan lebih dari 1 cerita untuk akhirnya kami seleksi ^^


101 kisah yang terpilih akan mendapat PAKET CANTIK dari Indscript Creative.

Salam Sayang,
Indari Mastuti

[Lomba Menulis] Ketika Buah Hati Sakit

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 18 Maret 2011 jam 5:40
Sumber: http://www.hamasahputri.com/2011/03/lomba-menulis-ketika-buah-hati-sakit/
Sebagai ibu, menghadapi anak yang sedang sakit bukanlah perkara mudah. Ada perasaan khawatir, takut, sedih, yang bercampur aduk menjadi satu. Bahkan, andai saja bisa berganti posisi, ibu pasti lebih memilih dirinya yang sakit daripada melihat sang buah hati tak berdaya. Tentu ini semua bermuara pada tulusnya cinta yang dimiliki oleh seorang ibu.
Menghadapi sakitnya buah hati, seringkali orang tua, terutama ibu, dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit. Mencari solusi yang terbaik untuk kesembuhan buah hati menjadi perkara yang tidak gampang. Apalagi jika menghadapinya dengan panik, dan berbeda pendapat dengan suami atau anggota keluarga yang lain. Bahkan mungkin harus terjadi insiden yang tidak kita inginkan, seperti bertengkar dengan suami, adu argumen dengan dokter atau perawat, dsb. Kadang apa yang kita anggap benar, belum tentu benar bagi orang lain. Dan, bisa jadi apa yang menurut kita baik, belum tentu sesuai untuk kesembuhan buah hati kita.
Nah, terkait dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini HamasahPutri.com bekerja sama dengan IndiePublishing mengajak para ibu untuk turut berbagi pengalaman yang dituangkan dalam bentuk tulisan bergaya chicken soup atau bergaya curhat dalam ajang lomba menulis “Ketika Buah Hati Sakit”.
Untuk 3 naskah terbaik, disediakan hadiah berupa :
  • Naskah terbaik I : 1 buah handphone Esia Qwerty Mini, plus paket buku terbitan Indie-Publishing.com

  • Naskah terbaik II : 1 buah notebook backpack EVERKI, plus paket buku terbitan Indie-Publishing.com

  • Naskah terbaik III : 1 buah USB Kingston DataTraveler Generation 3 (DTIG3) – 8GB, plus paket buku terbitan Indie-Publishing.com

Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut :
  1. Lomba ini diperuntukkan khusus untuk para ibu, para ayah next time ya
2.      Tulis pengalaman Anda dengan format panjang tulisan MAKSIMAL 5 hlm. A5 spasi 1, font Times New Roman 12. Margin default (standar).
  1. Naskah harus diberi judul (JUDUL TIDAK BOLEH  SAMA DENGAN TEMA LOMBA)
  2. Harus berupa KISAH NYATA, bukan rekaan atau cerpen, dan lebih disukai pengalaman pribadi.
  3. Tulisan tidak mengandung SARA. Apabila ada penyebutan nama pelaku/tempat/suku mohon untuk disamarkan.
  4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, bukan bahasa gaul (kecuali kalimat langsung atau dialog dalam cerita).
  5. Kirim tulisan Anda ke naskah@hamasahputri.com, dengan subjek email: LOMBA-KBHS. Jangan lupa, sertakan biodata lengkap (nama asli, nama pena, alamat FB, email, no. HP, alamat domisili), beserta biodata deskriptif. File naskah dilampirkan/di-attach, BUKAN di badan email, Karya yang masuk ke selain alamat email di atas, tidak akan diikutsertakan dalam penjurian.
  6. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 (SATU) karya terbaik.
  7. Naskah yang masuk menjadi hak milik penyelanggara, dan akan diterbitkan menjadi buku.
  8. Penulis yang naskahnya dibukukan berhak mendapatkan diskon pembelian sebesar 20%. * (lomba ini tidak ada royalti)
  9. Penulis berhak mendapatkan 1 buah BUKU bukti terbit.
  10. Jadi fans pada laman http://www.facebook.com/indiepublishing, dan menjadi fans Hamasah Putri (http://on.fb.me/dUjrll)
  11. Repost pengumuman + Banner lomba ini di notes/photo FB Anda dan tag 20 orang teman termasuk FB Endah Widayati.
  12. Tidak diadakan korespondensi dalam bentuk apapun selama lomba ini.
Event ini terbuka untuk umum dari tanggal 18 Maret 2011 hingga 18 April 2011 (jam 24.00 wib). Pengumuman pemenang tanggal 18 Mei 2011.
So, buat para ibu, yuk berbagi pengalamannya di sini! Apapun pengalaman Anda, pastinya akan memberikan banyak manfaat untuk para ibu dan calon ibu lainnya. Ditunggu yaa!!

LOMBA PUISI " LOVES INDIGO "

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 17 Maret 2011 jam 17:34
Ini kesempatan bagi teman-teman yang merasa jago merangkai kata menjadi sebuah puisi, silahkan kirim Puisi dengan tema "Loves Indigo" maksimal 100 kata ke inbox FB : Lucky Andrean Sanusi dan Wahyu Aafia Siddiqui,kemudian buat note di FB masing-masing dengan mentag Lucky Andrean Sanusi,Wahyu Aafia Siddiqui dan minimal 15 orang teman. Di bawah note,cantumkan info buku ”LOVES INDIGO” beserta cover buku seperti tertera di akhir note ini.Puisi selambat-lambatnya di terima tanggal 05 April 2011 pukul 24.00 WIB. 3 Puisi terbaik akan mendapatkan buku ”LOVES INDIGO” beserta tanda tangan penulis Wahyu Dessy.

Lomba ini terselenggara atas kerjasama Group TAMAN SASTRA dan Wahyu Aafia Siddiqui (Wahyu Dessy- Penulis Buku Loves Indigo)

Nah tunggu apalagi,buruan ikutan,di jamin tema ini sangat menantang buat kamu taklukkin....

Sumber: http://www.facebook.com/profile.php?id=100000950045321&sk=notes#!/note.php?note_id=10150450149205534

Yuuk, Saatnya Kembali Berkarya di Inspirational Woman Magazine Edisi ke2 ;)[Women Only]

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 17 Maret 2011 jam 17:06
Akhirnya terbit juga Inspirational Woman Magazine (IWM) Edisi Pertama.
Buat kamu-kamu yang belum dapetin edisi pertamanya GRATIS, segera meluncur ke
http://www.inspirationalwomenconnecting.com/ kemudian isi form FREE
SUBSCRIPTION TO MAGAZINE yang terletak di sebelah kanan website, lalu klik
submit. Setelah itu, kamu akan mendapat email pemberitahuan mengenai cara mendapatkan
IWM secara gratis.

Bagi yang belum tahu apa itu IWM, Inspirational Woman Magazine adalah satu-
satunya majalah berskala internasional yang bertujuan untuk menyatukan seluruh 
wanita di dunia sehingga dapat bersama-sama saling mendukung satu sama lain 
dalam keanekaragaman budaya. Majalah ini diterbitkan dua bulan sekali dan akan
dikirimkan secara gratis ke inbox Anda. Majalah ini bertujuan untuk memberikan 
inspirasi kepada para wanita di seluruh dunia untuk meraih kesuksesan dalam 
hidup mereka serta mewujudkan impian mereka.




Suka menulis?
Ingin tulisan kamu dibaca oleh para wanita di penjuru dunia?
Tertarik untuk berkontribusi di edisi kedua IWM? Gampang banget!
Caranya:
1. Buat sebuah artikel berbahasa Inggris/Indonesia, tidak lebih dari 1500 kata.
Artikel pendek juga tidak apa-apa, tidak harus artikel panjang.
Tema di edisi kedua adalah Isu Budaya. Berikut penjelasannya:
Isu Budaya
Saat ini, semakin banyak para wanita yang memasuki dunia seni, sastra, dan 
budaya. Isu ini membahas tentang kreativitas para wanita - artis, musisi, 
penyanyi, desainer, penulis, dsb - semua wanita yang kreatif dalam medium 
apapun. Apa rahasia di balik kreativitas wanita? Siapa saja wanita yang ada di 
jajaran depan bidang seni di seluruh penjuru dunia?
Artikel boleh berupa karangan bebas, pendapat pribadi, berita, atau wawancara.

 2. Kirimkan artikel kamu beserta data diri(nama, email,
 kegiatan/kesibukan/pekerjaan/usaha yang digeluti, dan deskripsi singkat) serta
 foto ke tina@inspirationalwomenconnecting.com CC ke yuliani_tina@yahoo.com, 
 paling lambat 3 April 2011.


Untuk melihat contoh-contoh artikel yang lolos di edisi pertama IWM, silahkan
subscribe di web http://www.inspirationalwomenconnecting.com/. Jika kamu
mengalami kesulitan mengaksesnya, silahkan hubungi saya melalui FB ini (Tina
Yuliani) atau email tina@inspirationalwomenconnecting.com.
Keterangan Lengkap, kunjungi http://www.inspirationalwomenconnecting.com/



Berikut adalah testimoni dari para pembaca IWM edisi pertama:
Wow! Inspirational Women Magazine is a powerful and engaging tool for those who are driven towards the female unity movement… or for the modern lady who just wants a great magazine to read. EXCELLENT JOB!
Dr.Shellie Hipsky (http://mentoringmagic.net/)

Many congrats Lisa & Team!
You have done an amazing job on the 1st issue, packed with great articles covering a range of topics. Also, thanks for allowing me to be part of the 1st issue, although my contribution was minor:) I look forward to your next issue.
God bless you all in your journey x x
Rosemary (http://www.rosemarychileshe.com/)

Kamu juga bisa mengirimkan testimoni/komentar terhadap edisi pertama IWM :) melalui http://www.inspirationalwomenconnecting.com/2011/03/review/

[The Life Awards 2011] Lomba Karya Jurnalis tentang Pencegahan Dini Penyalahgunaan Narkoba

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 16 Maret 2011 jam 15:38
Dalam rangka mendukung gerakan anti-narkoba,  Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) menyelenggarakan The Life Awards 2011, yakni Lomba Karya Jurnalis tentang Pencegahan Dini Penyalahgunaan Narkoba. Kompetisi yang bekerja sama dengan UNODC, BNN dan Media Grup ini, ditujukan kepada para jurnalis, termasuk para penulis lepas dan kontributor media, baik di media cetak, radio, televisi, foto dan multimedia.
Deadline pengiriman naskah adalah 30 April 2011. Bila Anda seorang jurnalis dan terpanggil untuk menjadi penggerak, insipirator dan motivator bagi masyarakat dalam memerangi penyalahgunaan narkoba di negeri ini, silahkan berpartisipasi dengan mengirim karya jurnalistik terbaik Anda!
Info lebih lanjut mengenai kegiatan ini bisa dilihat di www.thelifeawards.org. Ata, Anda juga bisa menghubungi Purbasari Syawal di:

- Facebook
- Twitter
- email:  sari[at]thelifeawards.org (ganti [at] menjadi @).
Sumber:http://www.thelifeawards.org/ID/the-life-awards-kategori-media-cetak/

Lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 15 Maret 2011 jam 18:17
Sumber: http://sarikata.com/lomba-menulis-cerita-anak-dongeng-sarikata-com-2011
Lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011
Dalam rangka menyambut ulang tahun Sarikata.com yang ke-9 pada tahun 2011 ini, diadakan Lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011 dengan informasi sebagai berikut :

TEMA LOMBA
Teknologi Tepat Guna dan Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari

PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran cerita anak (dongeng) dimulai dari tanggal 1 Maret 2011 sampai dengan 31 Maret 2011
  2. Peserta lomba adalah Seluruh Warga Negara Indonesia berusia mulai dari umur 10 thn – 60 thn (Laki-laki dan Perempuan)
  3. Artikel cerita di posting pada masing-masing website / blog peserta dalam rentang waktu tanggal 1 Maret 2011 sampai dengan 31 Maret 2011
  4. Peserta kompetisi adalah pemilik blog/website itu sendiri. Peserta tidak dapat diwakilkan ataupun mewakilkan blog/website orang lain.
  5. Daftarkan artikel yang telah Anda tulis pada form pendaftaran dibawah ini
  6. Menambahkan tag Sarikata.com, Lomba Cerita Anak, Dongeng, 2011 pada postingan
  7. Tiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu buah artikel untuk mengikuti lomba ini
  8. Like Sarikata.com Fan Page di Facebook yang berada di alamat : http://www.facebook.com/pages/Sarikatacom/130485517017226
  9. Cantumkan Official banner Lomba Menulis Cerita Anak (Dongeng) Sarikata.com 2011 di bawah ini pada halaman utama dan sidebar blog anda
PENJURIAN
  • Penilaian akan dimulai dari tanggal 1 Maret 2011 sampai dengan 31 Maret 2011
  • Pemenang akan dipublikasikan di website Sarikata.com – http://www.sarikata.com/ pada tanggal 26 April 2011 dan akan dihubungi lebih lanjut oleh panitia lewat email.
  • Penilaian akan dilakukan pada seluruh pendaftar yang lolos registrasi dan memenuhi persyaratan serta telah dipublikasikan pada website Sarikata.com disini
  • Panitia akan memilih top 3 cerita (postingan) terbaik.
  • Hasil seleksi adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Panitia tidak melayani surat-menyurat diluar prosesi seleksi, kecuali surat pengaduan adanya tindak kecurangan
  • Peraturan ini dapat diubah dan direvisi sewaktu-waktu demi kebaikan bersama tanpa mengurangi inti dari lomba ini.
DEWAN JURI
  1. Adhani (SKC)
  2. Akang Aziz (detik.com)
  3. Anjari Umarjianto (dBlogger)
  4. Bidadari Kecil (Sarikata Milis)
  5. Conan (Sarikata Milis)
  6. Dea (SKC)
  7. Dodol (SKC)
  8. Diary25 (HRD Konsultan)
  9. Klungsu (SKC)
  10. Julee (dBlogger)
  11. Martin Swein (SKC)
  12. MatahariTimoer (Bloggor)
PENILAIAN ARTIKEL
  • Penilaian utama dinilai dari kualitas tulisan (postingan)
·         Kesesuaian dengan tema, syarat, dan ketentuan lomba
Contoh judul cerita : Dongeng tentang setrikaan yang berkarat, Fabel tentang si Buaya yang bermain facebook, dll.
  • Cerita Anak (dongeng) diperuntukkan untuk dibacakan kepada anak berusia 3 tahun sampai dengan 10 tahun
  • Kemudahan pencarian lokasi artikel di blog / website peserta
  • Orisinalitas artikel (postingan), dilarang keras plagiatisme ataupun copy-paste artikel / karya orang lain
  • Dilarang menterjemahkan artikel / cerita
  • Cantumkan asal (source) dari referensi tulisan / teori jika ada
  • Kreatifitas atau keunikan yang memiliki konsep Edukasi, terutama untuk anak-anak
  • Value/nilai kemanfaatan dari artikel yang didaftarkan.
HADIAH PEMENANG

Juara I : Uang tunai Rp 500.000,- + Doorprise
Juara II : Uang tunai Rp 250.000,- + Doorprise
Juara III : Uang tunai Rp 100.000,- + Doorprise
DOORPRISE
  1. Buku EKSPEDISI WALISONGO, Menyerap Sejarah Dalam Legenda, karya MatahariTimoer
  2. Buku INSPIRASI NEGERI, karya dBlogger
  3. Buku GERHANA COKLAT, karya Yuliasih Puji Rahayu Hardy

DICARI NASKAH UNTUK DIBUKUKAN DI BUKU ANTOLOGI MANGGA GOLEK IMPIAN (MGI) JAKARTA

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 15 Maret 2011 jam 17:25
DICARI NASKAH UNTUK DIBUKUKAN DI BUKU ANTOLOGI MANGGA GOLEK IMPIAN (MGI) JAKARTA
oleh Mgi Clubs Jakarta pada 14 Maret 2011 jam 13:35

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,,

Dalam rangka menyambut ulang tahun kota Jakarta pada tanggal 22 Juni nanti, kami segenap crew Mangga Golek Impian (MGI) Club Jakarta mengundang rekan-rekan untuk meramaikan antologi perdana kami. Berikut beberapa ketentuannya..

A. Ada 2 kategori penulisan yg di angkat :

1.Mengenal lebih dekat tokoh betawi (seniman), mis: Benyamin, Mpok Nori, dsb.

2. Menceritakan tradisi budaya betawi, kebiasaan masyarakat betawi, seperti lenong, tanjidor, roti buaya pada pernikahan betawi, ondel – ondel, tari topeng, dsb.

B. Bentuk tulisan : Kisah Inspiratif dan Cerpen.

Terdiri dari 15 kisah inspiratif dan 15 cerpen

C. Ketentuan wajib penulisan:

1. Peserta WAJIB menjadi teman Facebook Mgi Clubs Jakarta (http://www.facebook.com/mgiclubs.jakarta) dan fan page Mangga Golek Impian(http://www.facebook.com/pages/Mangga-Golek-Impian/195587383802600).

2. Tulisan bertema ”Siapa Bilang Betawi Ketinggalan Zaman"

3. Format penulisan : Font Times New Roman, size 12, spasi 1,5,panjang tulisan 4-6 halaman, kertas A4.

4. Peserta wajib men-tag materi ini (bukan naskah) serta minimal 2 dari 3 logo yang ada dalam materi ini ke Facebook Fiyan Arjun (http://www.facebook.com/zubeir.elawwabi), Eka Putri Hapsari (http://www.facebook.com/profile.php?id=1488887780), Lina Astuti(http://www.facebook.com/na.as2tiE), dan Mgi Clubs Jakarta. Sisanya tag bebas dan tak terbatas.

5. Naskah lomba dikirim ke email : cc ke: antologimgicjkt@ymail.com; bcc ke: putrimahmudah05@gmail.com (dalam bentuk attachment, jangan di badan email)

6. Sertakan biodata diri dalam bentuk narasi singkat (bagi yang sudah punya buku baik antologi maupun solo, sertakan juga daftar buku yang sudah terbit).

7. Naskah diterima paling lambat tanggal 15 April 2011 pukul 24.00 WIB.

8. Pengumuman naskah terpilih insya Allah tanggal 25 April 2011. Setiap kategori akan dipilih 3 naskah terbaik untuk mendapatkan bingkisan dari Anju Online Bookshop.

D. Buku antologi Mangga Golek Impian (MGI) Clubs Jakarta ini di persembahkan oleh UNSA (Untuk Sahabat) dan Mangga Golek Impian (MGI) Clubs Jakarta.

Acara ini terselenggara berkat dukungan dari groups UNSA (Untuk Sahabat), Mangga Golek Impian dan Anju Online Bookshop.

Nb: Buku ini akan diramaikan oleh tokoh/seniman berasal dari Betawi (dalam konfirmasi)

Acara ini terselenggara berkat dukungan dari groups UNSA (Untuk Sahabat), Mangga Golek Impian dan Anju Online Bookshop.



Mgi Clubs Jakarta

Penawaran Penulisan Buku Seri Agrihome

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 13 Maret 2011 jam 17:41
Agrihome adalah budidaya tanaman pertanian yang bisa dilakukan di area pekarangan terbatas (rumah).Kami dari Redaksi Penerbit Buku Nuansa Cendekia Bandung merencanakan program penerbitan buku berkaitan dengan budidaya tanaman yang cocok dibudidayakan di pekarangan. Tujuan penerbitan ini bukan sekedar menerbitkan sebab pokok-pokok bahasan yang kami tawarkan memang sudah banyak diterbitkan. Tetapi kami melihat banyak buku bertebaran itu bersifat praktis, tetapi hanya praktis pada judulnya. Fakta membuktikan, banyak pembaca yang berniat menggali ilmu dari buku-buku agribisnis itu kurang merasa puas untuk sebuah implementasi. Oleh karena itu kami bermaksud melakukan perubahan mendasar pada beberapa hal berikut:
  1. model penulisan harus mengombinasikan antara riset bacaan yang valid dari literatur disertai riset lapangan. Sample-sample dari pendapat praktisi bisa didapat melalui wawancara. Karena metode penulisan ini sifatnya kombinasi, maka tidak menjadi masalah manakala naskah Anda sebagian berisi liputan atau feature.
  2. Gaya bahasa harus dengan pola tutur (cerita mengalir) agar setiap pembaca bisa menyerapnya secara praktis. Agar setiap golongan pendidikan mampu menyerap ilmu dari buku Anda, maka sangat ditekankan agar saatmenulis, Anda berpikir bahwa lawan bicara Anda harus memahami secara detailsetiap kata, istilah, terlebih istilah asing sampai menghasilkan paragrafyang bisa dipahami secara mudah. Hindari penggunaan istilah-istilah akademikyang sulit. Sekiranya istilah tersebut sulit, setiap penulis harusmemberikan penjelasan secara khusus sampai pembaca lulusan Sekolah Dasar punbisa memahami.
  3. Skema penulisan tidak perlu lagi mengacu pada gaya akademik yangserba simple tetapi membosankan sebagaimana kita baca dari kebanyakan bukuyang sudah terbit selama ini. Jenis penulisan Feature Ilmiah lebih menarikuntuk masyarakat ketimbang jenis penulisan ilmiah.
Pada desain yang kami tawarkan, (yakni dengan skema tiga jenis tanaman di bawah ini), kami ingin membuat pembaca mendapatkan satu buku dengan tiga ilmu pengetahuan sekaligus. Agar satu tema (tanaman) yang diulas nyambung dengan jenis tanaman lain, maka kami petakan jenis tanaman satu rumpun. Misalnya, Pepaya, Pisang dan Labu Siyam.

Apa saja yang harus dibahas dalam setiap tanaman itu?
Pada prinsipnya akan mengacu dari poin-poin berikut ini:
  1. Penjelasan tentang tanaman: asal muasal, rumpun tanaman, kecocokan tanah, iklim, umur dan musim. Bisa juga Anda jelaskan lebih luas.
  2. Cara Menanam: Proses ini dimulai dari mencari bibit pilihan,penempatan di pekarangan, pemupukan, pengobatan, penyakit dan penanggulangandari umur awal tanam sampai perawatan masa panen. Inti pada bagian iniadalah mewujudkan keberhasilan tanaman dari mulai menanam sampai berhasil.
  3. Masa panen. Setelah panen mau diapakan? Dijual atau dimanfaatkan untukkeluarga? Karena acuan dasar penulisan buku ini adalah menghasilkan panenterbatas, maka untuk urusan penjualan tidak perlu dibahas secara mendetail.Cukup diberikan ilustasi secukupnya untuk kemudian masuk pada pembahasanpemanfaatan. Manfaat utama sebagai tanaman pekarangan ialah untuk konsumsirumah tangga. Bagaimana memasaknya? Ini harus dijawab secara detail.
  4. Bagian empat adalah bagian terpenting di mana Anda harus menjelaskanmasing-masing manfaat gizi dari setiap tanaman atau buahnya. Misalnya padapapaya terdapat manfaat pada buahnya. Selain bisa dikonsumsi langsungsetelah masak di pohon, papaya juga bisa untuk sayuran dapur. Daun papayamemiliki banyak manfaat. Bahkan getahnya pun bermanfaat. Penjelasan detailsangat dibutuhkan karena di sinilah konstribusi besar setiap penulis kepadapembaca akan diuji.
  5. Bagian kelima akan masuk pada pembahasan lain-lain yang sekiranya padabagian sebelumnya tidak dijelaskan. Sekiranya setiap bercocok tanam bisadiberikan tips-tips organic, maka itu akan menjadi nilai lebih yang luarbiasa.
Berapa panjang setiap tanaman harus dijelaskan? Panjang-pendek penulis bagi kami tidak penting. Panjang tetapi kalau tidak memiliki bobot nilai keilmuan dan praktis juga percuma. Karena itu sebaiknya Anda tidak berpikir panjang pendek, melainkan mengacu pada asas kebutuhan (Kebutuhan untuk menjelaskan secara detail dan praktis hingga pembaca merasakan benar manfaat dari buku yang Anda tulis). Kami membebaskan kreativitas Anda untuk benar-benar memberikan manfaat yang baik bagi pembaca yang telah berkenan membeli buku yang Anda tulis.

Berikut ini adalah contoh inspiratif yang menjadi harapan kami:

Cara Tanam, Perawatan dan Pengolahan Pasca Panen; Pisang, Pepaya dan Labu Siyam: Tiga tanaman bermanfaat untuk gizi keluarga
Pisang, Pepaya, dan Labu Siyam adalah tiga tanaman yang akrab dengan kehidupan kita. Saking akrabnya, ketiganya bisa hidup berdampingan dengan kita tanpa membutuhkan syarat luasnya tanah. Pisang, papaya dan labu siyam memiliki manfaat komersil untuk penghasilan tambahan. Lebih dari itu ketiganya juga sangat praktis untuk dimanfaatkan sebagai makanan bergizi guna menunjang kesehatan keluarga. Bagaimana ketiganya harus ditanam secara baik? Bagaimana memanfaatkan hasil panen?

Tema-tema yang akan kami terbitkan

1. Pepaya, Pisang dan Labu Siyam (Jipang)
2. Singkong, Talas, dan Ubi Jalar
3. Tomat, Cabe dan  Terong
4. Seledri, Daun Bawang, Seledri
5. Sukun, Mangga dan Sirsak
6. Belimbing, Delima dan Jambu Air
7. Pare, Kacang Panjang dan Kecipir
8. Kangkung Akar, Bayam dan Caisim
9. Jahe, Kunyit dan Serai
10.  Tema lain boleh diusulkan, termasuk perikanan dan peternakan.
===================================================================

Aturan Dasar Penerbitan Nuansa Cendekia berhubungan dengan Calon Penulis

BAGAIMANA MENERBITKAN BUKU DI PENERBIT NUANSA CENDEKIA dan PENERBIT MARJA’
(Lini penerbitan khusus agama dibawah penerbit NUANSA CENDEKIA?.
Sebenarnya syarat dan ketentuannya sama dengan tataterbit penerbit lain. Ketentuan umumnya kurang lebih sebagai berikut:
Nuansa Cendekia mengutamakan naskah Ilmiah Populer. Bidang buku meliputi Agama, Politik, Sosial, ekonomi, budaya, peternakan, pertanian (agribisnis), how to, motivasi, wirausaha, kerajinan, masakan, fiksi/novel dan lain-lain. Untuk naskah puisi dan kumpulan cerpen mohon maaf belum bisa kami terbitkan.

NILAI LEBIH:
Naskah yang paling diminati tentu saja yang memiliki nilai lebih dari buku-buku yang sudah beredar. Oleh karena itu sebagai penulis Anda mestinya menjelaskan beberapa sisi nilai lebih dari buku yang Anda tulis tersebut.
Nilai lebih itu di antaranya hal baru tentang penemuan, nilai lebih dalam hal penuturan bahasa, nilai lebih karena memiliki kelengkapan dari buku lain, dan seterusnya. Setiap penulis yang jeli melihat peluang pembaca sudah pasti memiliki alasan khusus mengapa buku tersebut layak diterbitkan untuk masyarakat.


BENTUK NASKAH:
Naskah minimal 150 halaman (1,5 spasi), maksimal 300 halaman. Diketik rapi. Jenis huruf font Times New Roman ukuran 12. batas margin kanan sepantasnya.
Setiap pengiriman naskah diwajibkan mengirim surat kata pengantar, sinopsis dan keterangan lengkap biodata penulis serta alamat dan tlp/hp yang bisa dihubungi. Dalam kata pengantar perlu juga dijelaskan apakah naskah tersebut akan dijual putus atau sistem royalti. Untuk harga naskah jual putus akan selalu diberikan pertimbangan melalui rapat. Sedangkan royalty sebagaimana umumnya penerbit lain kami menetapkan standar 10 persen.

PENGIRIMAN NASKAH:
Pengiriman naskah dalam bentuk print out, dikirim ke PENERBIT BUKU NUANSA CENDEKIA dengan alamat: REDAKSI NUANSA CENDEKIA: Komp. Sukup Baru 23 Ujungberung Bandung 40619 Tlp. 022-76883000-Fax: 022-7801410. email: nuansa.cendekia@gmail.com.

SELEKSI dan KEPUTUSAN:
Setiap naskah yang masuk akan diseleksi oleh tiga orang awak redaksi. Setiap naskah yang akan diterbitkan dipastikan akan menghubungi penulis terlebih dahulu. Selain untuk menyepakati kontrak juga untuk pembicaraan lain yang sekiranya perlu, seperti melengkapi bagian-bagian yang kurang lengkap. Redaksi membutuhkan waktu antara 30-50 hari untuk proses seleksi naskah. Jika Anda merasa terlalu lama menunggu, Anda bisa menghubungi melalui telpon setelah 3 minggu pengiriman untuk memastikan apakah naskah tersebut akan diterbitkan atau tidak.

JUMLAH CETAK DAN ROYALTY:
Berapa jumlah buku yang dicetak nuansa cendekia pada cetakan pertama? Ini sangat tergantung pada prediksi marketing. Bisa jadi langsung dicetak 5.000copy, 10.000copy, atau dalam batas minimal dicetak 1.700-2.000 copy.
Honorarium royalti bukan mengacu pada jumlah cetak, melainkan pada jumlah buku yang terjual, mengikuti arus keuangan distributor. (Ini lazim diterapkan oleh hampir semua penerbit) . Untuk memudahkan analisa para redaksi, Anda sebaiknya melengkapi beberapa data berikut ini:
Judul Buku:
Penulis:
Kategori: Pemula/Penulis Profesional/Spesialis-Pakar/Figur Populer.
Konten: Tek Sekolah-Akademik/Fiksi/Ilmiah Popular/ Popular/……………………
Bidang ilmu: agama/sains umum/teknologi/biografi/olahraga/matematika/lain-lain:…
Jenis: Wacana/Panduan praktis/motivasi/hiburan/pemenuhan hasrat.
Segmen Pembaca secara umum:
a)      Jenis kelamin:*Laki-laki……%. Perempuan …%
b)    Pendidikan: *TK/SD/SMP-MTS/SMA-MA/S1/S2/S3.
(lingkari segmen yang dimaksud)
Segmen Pembaca spesifik:
a)      Agama: Islam/Kristen/Katholik/Buddha/Hindu/Konghucu
b)      Etnis:
c)     Golongan ekonomi: *Rendah/Menengah/atas
Fungsi; Fungsi buku untuk segmen tersebut akan bermanfaat bagi pembaca untuk?
A). Secara Primer bermanfaat untuk:
B). Secara Sekunder bermanfaat untuk:

Pesan Kebajikan Buku:
Pastikan Anda menulis untuk tujuan pencerahan para pembaca. Mereka akan mengeluarkan uang untuk menghargai karya Anda. Penulis yang baik adalah mereka yang tidak menjiplak dan berlaku jujur dalam mengambil ilmu pengetahuan orang lain. Selalu menggunakan etika penulisan sebagai prinsip kerja.

===================================================================

Demikian kami sampaikan. Semoga Anda berkenan mengambil tantangan baru ini.
Salam Hormat
Mathori A Elwa
Pemimpin Redaksi Penerbitan Nuansa Cendekia Bandung
email: nuansa.cendekia@gmail.com.

lomba ‘comment en foto narsis bareng antology 99% CASSH Cantik Sehat Shalihah

oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 12 Maret 2011 jam 5:51
Ikutan Yuk!
Assalamu’alaikum wr.wb.

Hai teman-teman, kami dari LRS (Leutika Reading Sociaty) Chapter Bekasi, mau ngajakin kamu-kamu ikutan dalam lomba ‘comment en foto narsis bareng antology 99% CASSH Cantik Sehat Shalihah’, Syaratnya? Gampang banget koq, cekidot yah :

1. Lomba terbuka buat siapa aja, kecuali para kontributor antology
2. Abadikan fotomu bersama antology CASSH (dalam gaya dan ekspresi semenarik mungkin), foto boleh sendiri, boleh berdua ato rame-rame
3. Sertakan testimoni singkat kamu tentang antology CASSH (max. 100 kata), tulis di note FB bersama upload foto bareng CASSH (foto boleh satu ato lebih), lalu tag minimal 20 orang temanmu termasuk FB LRS Bekasi
( http://www.facebook.com/note.php?note_id=496432128182#!/profile.php?id=100002021384425&sk=wall)
4. Beri judul notemu : lomba comment en foto narsis bareng antology 99% CASSH Cantik Sehat Shalihah
5. Penilaian akan dilakukan terhadap foto dan testimoni yang paling unik dan menarik
6. Lomba dimulai tanggal.....14 Februari....... s/d........01 April.........2011

Penghargaan
Akan dipilih.....3... orang pemenang, kepada masing-masing pemenang akan diberikan hadiah berupa ....

1. pulsa senilai 50rb + paket buku antology Cinta Monyet + Crazy Moment + novel Tarapuccino
2. pulsa senilai 25 rb + antology Cinta monyet + tarapuccino
3. pulsa senilai 20 rb  + antology Cinta monyet + tarapuccino

Ayo, tunggu apa lagi?
CASSH bukunya, CASSH infonya, CASSH juga hadiahnya!

buku antologi 99% CASSH Cantik Sehat Shalihah bisa di dapatkan di toko buku atau pesan via inbox Tia Marty Al - Khairoh

Salam,
Koordinator LRS Bekasi


  •  

26 March 2011

Share And Win!: Share buku Leutika Publisher & LeutikaPrio, 30 buku GRATIS menantimu!!!

oleh Leutika Publisher Dua pada 18 Maret 2011 jam 16:08
Yuk mengenal buku-buku Leutika lebih jauh.
Masih dalam rangka Dreams2Reality: 2 Tahun Membangun Impian Bersama Leutika, kami mengundangmu dalam event “Share And Win!”
Event ini terbagi menjadi dua kategori. Lebih jelasnya, simak yuk materi sebagai berikut:

Kategori I: “Share And Win @Leutika Publisher”
Caranya: 

1. Klik www.leutika.com, lalu pilih buku Leutika Publisher favoritmu.
2. Share buku tersebut di FB masing-masing. Masukkan teks berikut sebagai keterangan sharemu:
“Dreams2Reality. 2 tahun Leutika hadir sebagai penerbit penuh kemudahan. Kami lahirkan eLBe (langgan buku). Di sini, nggak cuma koran dan majalah yang bisa dibuat langganan tapi buku pun BISA!”
3. Daftarkan keikutsertaanmu di inbok FB  (pilih salah satu) Leutika Publisher/Leutika Publisher Dua, dengan format:

a. Nama lengkap:
b. Alamat kirim buku:
c. Alamat FB:
d. No telp yg bisa dihubungi:
(Tulis Share And Win sebagai subjek inbokmu.)


Kami mengundi 15 Leutikans beruntung yang berhak mendapatkan 15 buku terbitan Leutika Publisher (@1eks.) judul tidak bisa memilih, alamat kirim Indonesia.


Kategori II: “Share And Win @LeutikaPrio”
Caranya:
1. Klik www.leutikaprio.com, lalu pilih buku LeutikaPrio favoritmu.
2. Share buku tersebut di FB masing-masing. Masukkan teks berikut sebagai keterangan sharemu:
“Dengan hadirnya LeutikaPrio, menjadi penulis tidak sekadar impian, tapi mudah untuk diwujudkan. Gabung yuk di www.leutikaprio.com. Buku hasil karyamu akan kami olah dengan ragam inovasi menarik.”
3. Daftarkan keikutsertaanmu di inbok FB  LeutikaPrio, dengan format:

a. Nama lengkap:
b. Alamat kirim buku:
c. Alamat FB:
d. No telp yg bisa dihubungi:
(Tulis Share And Win sebagai subjek inbokmu.)


Kami mengundi 15 Leutikans beruntung yang berhak mendapatkan 15 buku terbitkan Leutika Publisher (@1eks.) judul tidak bisa memilih, alamat kirim Indonesia.

Penting:
1. Peserta boleh mengikuti dua event di atas sekaligus.
2. Bagi kamu yang nggak cuma memfavoritkan satu judul saja, boleh kok ngeshare banyak judul.
3. Satu share-mu kami hitung satu point. Berarti, supaya pointmu bertambah, setiap kali share kamu harus daftarin lagi namamu di inbok FB.

Event ini dibuka dari 18 Maret 2011—31 Maret 2011 (jam 12 siang WIB.)
Pengumuman pemenang pada 02 April 2011 (jam 12 siang WIB) di semua FB Leutika, di hotnewswww.leutika.com & di berita www.leutikaprio.com.

Nggak ada ruginya berkunjung ke www.leutika.com & www.leutikaprio.com. Cuma ngeshare, dapat kesempatan raih buku GRATIS.

Lomba Menulis Puisi dengan tema "Pendidikan"

TERBATAS!!!
oleh Syaque Hikaritokusaikizoku Elsheeraknightvanrijkdom pada 25 Maret 2011 jam 13:56

Temanz.. ada proyek menulis puisi, barangkali ada yang berminat. akan disertakan bersama karya Syaque mewakili Group "Syaque Ya Syaque"

kirimkan 5 Puisi terbaikmu dengan tema "Pendidikan" ditunggu paling lambat besok, hari sabtu 26 Maret jam 22.00

dengan ketentuan:

1. ketik MS Word 97-2003 (file Doc)

2. Sertakan Biodata penulis tipe narasi disertai alamat lengkap, email dan Nomor yg bisa dihubungi.

3. Subject Email: PUISI_SYAQUE_PENGIRIM

4. kirim naskah pada file Lampiran, bukan di badan email.

5. pengiriman naskah dimulai sejak note ini beredar hingga besok (malam minggu pukul 22.00)

6. Setiap peserta wajib mengirimkan 5 Puisi terbaiknya ( tidak boleh lebih atau kurang)

7. Diutamakan yang telah menjadi Anggota Group

8. kirimkan email ke: syaquehikaritokusaikizoku@gmail.com



Naskah yang layak muat, akan diajukan ke penerbit bersama penulis puisi senior lainnya dan direncanakan launching bulan MEI 2010.

Fiksifoto edisi III: Dreams2Reality


oleh Leutika Publisher Dua pada 26 Maret 2011 jam 15:11
Termasuk dari mimpi-mimpi yang mengarah kepada perbaikan masa depan adalah, bisa menerbitkan buku dan menginspirasi banyak orang.

Fiksifoto edisi III kali ini, mengajak kalian untuk membangun imajinasi dan mimpi bisa menerbitkan buku dalam bentuk cerita menarik.

Caranya:
1. Perhatikan 3 foto yang ada di dalam banner (ada di bawah notes), kemudian buatlah cerita fiksi yang berhubungan dengan mimpi bisa menerbitkan buku dan beredar di pasaran.
a. Tokoh cerita harus bernama: “Leu” (untuk yang menghendaki tokoh laki2) atau “Tika” (untuk yang menghendaki tokoh perempuan)
b. Teknis penulisan bebas: boleh menyisipkan dialog dan bahasa jawa/inggris, dsb.
c. Panjang cerita 250-350 kata (1-11/2 halaman A4 spasi 1 1/2 Times New Roman 12).

2. Posting cerita kamu di catatan (note) FB masing-masing, tag minimal 25 orang (dengan berbagai pertimbangan, peserta tidak perlu mentag FB Leutika Publisher/Leutika Publisher Dua/Leutika Prio Pendataan kami lakukan via inbok.). Sertakan foto yang diceritakan dalam catatan (note) tersebut.

3. Kirim biodatamu dengan cara inbok (pilih salah satu) FB Leutika Publisher, Leutika Publisher Dua, Leutika Prio.
Format biodata sebagai berikut:
a. Nama lengkap
b. Alamat kirim buku
c. Alamat e-mail
d. Alamat FB
e. No telp yg bisa dihubungi:
f. Motivasi dalam menulis:

 Leutika akan memilih 2 (dua) pemenang terbaik. Masing-masing akan mendapatkan 2 judul buku dari Leutika (1 judul pilihan pemenang + 1 judul dari redaksi).

Deadline: 06 April 2011
Publikasi pemenang: 09 April 2011

RIHLAH CERIA

Ni aku yg lagi monyong2, sambil nggandeng pundak Umi Mila...hehe...^_^ Ekspresif kan? Nah, yang di sebelah kiriku itu namanya Siti khodijah, yang biasa dipanggil Umi Dijah... Sorry ya, gue ga bisa pamer gigi lagi, berhubung lagi pengin diumpetin dulu....hihihi.... Waktu itu kita2 lagi piknik di Baturraden, Kamis tanggal 16 Maret 2011
Nah, kalau ini aku baru berani pamer gigi...qiqiqi.... Cakep kan kalau gue lagi ketawa? (Halah! Narziz!)
Yaa...kan boleh dong sekali-kali gue ketawa! Biar keliatan hepi geto! Kan namanya juga puput Happy....hehehe...^_^

Kalau yang ini my friends in my school... Aku urutkan ya? Umi kulsum, Umi Fidhoh, truz Umi Fresty yang lagi merem2, cz kurang tidur...hihi... (Masa sih, tidur sambil jalan?)









Sorry ya temans, yang lain kasih note-nya nanti... Soale capek nulisnya! hehehe...^_^

LOMBA MENULIS CATATAN HEROIK PEREMPUAN “GIRL’S POWER”


oleh Info Lomba dan Peluang Menulis pada 26 Maret 2011 jam 7:22
LOMBA MENULIS CATATAN HEROIK PEREMPUAN
GIRL’S POWER

Oleh : EL Kinanti

 Bismillahirrahmanirrahim...


LATAR BELAKANG
  Temans, sepanjang bulan April hingga Mei ternyata adalah bulan-bulan penuh catatan heroik, baik dari kategori pahlawan wanita, pahlawan pendidikan hingga pahlawan revolusi yang terabadikan dalam Hari Besar Nasional : Hari Kartini (21 April), Hari Pendidikan Nasional (2 Mei) hingga Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei).

Hingga tergelitik rasanya ingin mengabadikan momen terindah ini dalam sebuah catatan heroik perempuan, dalam sebuah lomba menulis bertemakan GIRL’S POWER. Tulisan tidak selalu harus bertemakan tentang pejuang nasional, namun siapapun di sekitar kita bisa saja bersikap dan bermental pejuang. Terbuka untuk lelaki atau perempuan, cowok atau cewek, asalkan tokoh dalam tulisan notabene ‘Perempuan’, dan orang yang memang kamu kenal baik.


Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati kebangkitan semangat EL Kinanti untuk tetap konsisten menulis, meski hobinya ini putus sambung dan dalam kondisi apapun. Serta memperingati Milad ke 40 EL Kinanti di tanggal yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei.
 Sedikit hal tentang EL Kinanti adalah dari beberapa buku baik yang ditulis sendiri maupun antologi bersama yang telah diterbitkan, antara lain:  Antologi Puisi Mengenang Ibu Tien Suharto (1994), Antologi Lovely Lebaran - La Tahzan (Indie Publishing - Februari 2011), Buku Kumpulan Cerpen UNFORGIVEN (Indie Publishing - Maret 2011),  Buku Kumpulan Cerpen NIGHTMARE (dalam proses terbit, 2011), Antologi Scary Moment (dalam proses terbit, Indie Publishing, 2011), dan Antologi 55 Surat Cinta Untuk Rasulullah  serta Antologi Baby Traveler (dalam proses terbit, 2011).


PERSYARATAN LOMBA DAN KETENTUAN-KETENTUAN LAINNYA. 

Persyaratan Umum :

  1. Lomba ini terbuka untuk umum tanpa batasan usia, gender, maupun profesi.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, dalam bentuk narasi, diketik di kertas A4, spasi 1,5, font TNR ukuran 12, margin normal, dengan panjang naskah berkisar antara 3-6 halaman. Boleh diselipkan dialog di dalam tulisan.
  3. Naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran atau hasil plagiat.
  4. Tema : GIRL’S POWER. Catatan heroik perempuan, berdasarkan Kisah atau Pengalaman Nyata.
  5. Naskah belum pernah dipublikasikan di media manapun dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.

Persyaratan Khusus :

  1. Tidak boleh menuliskan nama dan identitas lainnya pada naskah.
  2. Tuliskan Biografi Naratif maximal 100 karakter, dan info lain berupa Nama Asli, Nama FB, Judul Tulisan, No HP, No Rekening yang masih aktif, Email dan alamat rumah; yang ditulis pada lembaran terpisah.
  3. Artikel dikirimkan via email ke naskah_elkinanti@yahoo.com, dengan format subject : LMCHP_EL Kinanti_Judul_Penulis. Contoh : LMCHP_EL Kinanti_Wanita Kuli Panggul_Ahmad.
  4. Peserta diharap memposting materi lomba di account FB dengan mentag El Kinanti, serta minimal 30 teman peserta lainnya.
  5.  Yang diposting pada notes di account FB peserta hanya materi lomba saja dengan subject : LMCHP – Lomba Menulis Catatan Heroik Perempuan: GIRL’S POWER.
  6. Lebih disukai naskah yang dilengkapi dengan gambar pendukung (misal foto si tokoh serta aktifitasnya).

Ketentuan Umum :
  1. Diharapkan kepada peserta agar meng-add El Kinanti di facebook, sebagai penyelenggara lomba.
  2. Naskah artikel pemenang akan dibukukan dan diusahakan bisa diterbitkan oleh penerbit umum. Namun jika tidak ada penerbit yang melirik, maka kumpulan empatpuluh catatan terbaik bersama catatan EL Kinanti akan diterbitkan secara indie.
  3. Ke-empatpuluh peserta dengan catatan terbaik akan mendapatkan Piagam Elektronik. Dan, tiga pemenang akan mendapatkan hadiah berupa :
Juara I       : Total uang tunai Rp 125.000,- + Piagam, paket buku karya EL Kinanti dan buku Antologi GIRL’S POWER.   Juara II      : Total uang tunai Rp 75.000,- + Piagam, salah satu buku karya EL Kinanti, buku Antologi GIRL’S POWER. Juara III    : Total uang tunai Rp 50.000,- + Piagam, dan salah satu buku karya EL Kinanti.

4. Tidak ada pembagian royalty bagi naskah peserta yang ikut dibukukan.
5. Total Hadiah yang diterima pemenang : Hadiah bisa berubah (bertambah) jika ada donatur yang menyumbang. (Mohon di-inbox ke FB El Kinanti)
6. Naskah ‘Catatan Heroik Perempuan’ Peserta akan dinilai langsung oleh EL Kinanti yang akan dibantu oleh penulis senior lain.
7. Hanya naskah yang memenuhi persyaratan umum dan khusus, yang akan dinilai.
8. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
9. Untuk segala pertanyaan seputar lomba bisa langsung ke inbox El Kinanti

Ketentuan Khusus :
  1. Waktu lomba terhitung  tanggal 25 Maret -  19 April 2011 pukul 23.59 WIB
  2. Pengumuman Update Peserta tanggal 21 April 2011, bertepatan dengan Hari Kartini.
  3. Pengumuman Empat Puluh Naskah terbaik pada tanggal 20 Mei 2011 bertepatan dengan Milad EL Kinanti yang ke-40 dan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional.
  4. Pemenang diumumkan pada tanggal 31 Mei 2011 pada Notes di akun FB EL Kinanti (pemenang akan dihubungi langsung via sms).
  5. Pengumuman Penerbitan Naskah Catatan Heroik Perempuan : GIRL’S POWER, pada bulan Juni 2011
  6. Pengiriman Hadiah dan Penghargaan kepada Tiga Pemenang antara tanggal 1-7 Juni 2011

Yuuk ah, gerakin tangan temans untuk menuliskan catatan heroik perempuan yang bertebaran di sekitar kita. Tolong sebarkan notes ini. ^_^ ...

Salam Kreatif,

EL Kinanti
(Eniya Linda Kinanti)