28 June 2010

Hati-hati efek buruk Facebook

Hati-hati efek buruk Facebook

Posted by: ardisonic in Umum on Apr 28, 2010
Tagged in: facebook , efek negatif , dampak buruk
ardisonic

Sejak diciptakan pada 2004 oleh Mark Zuckerberg, situs jejaring sosial Facebook berulang kali “disalahkan” atas berbagai masalah. Mulai dari hancurnya pernikahan, obesitas pada anak, hingga oleh Professor Peter Kelly, kepala kesehatan publik di Teesside, Inggris, mengungkap kalau Facebook berperan dalam penyebaran penyakit sipilis.

Selain tiga hal tersebut, banyak efek lain dari Facebook yang berakibat buruk. Berikut sepuluh dampak buruk Facebook:
1. Memicu perceraian
Pengacara menyalahkan Facebook untuk satu dari lima petisi perceraian online. Situs yang bisa mempertemukan teman lama dan membuat penggunanya bisa saling bicara melalui aplikasi chatting ini, disebut sebagai latar belakang meningkatnya kehancuran pernikahan dan godaan untuk berselingkuh.

2. Memicu anak bunuh diri
Kepala gereja katolik di Inggris dan Wales, Archbishop Vincent Nichols, memeringatkan bahwa that Facebook bisa mendorong remaja memiliki pandangan bahwa pertemanan adalah sebuah komoditas. Hal itu bisa memicu keinginan untuk bunuh diri, ketika hubungan tidak berjalan lagi.

3. Lenyapkan ungkapan tradisional
Survei yang dilakukan sebuah perusahaan peneliti pasar pada 4.000 orang yang usianya dibawah 30 tahun, mengungkap bahwa banyak ungkapan tradisonal yang tidak lagi diungkapkan karena Facebook.

4. Memicu gangguan tulang
Facebook juga sering disalahkan karena gangguan tulang yang terjadi pada anak-anak. Penelitian dalam British Medical Journal menemukan bahwa situs jejaring sosial dan permainan komputer, merupakan pemicu penyakit seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh.

5. Membuat orang menjadi tertutup
Penelitian dari Mintel, sebuah perusahaan penelitian pasar, menemukan lebih dari setengah orang dewasa yang menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook, lebih menghabiskan waktu di internet dibandingkan berbicara dengan teman atau anggota keluarga lainnya.

TULISAN SELENGKAPNYA,10 efek buruk facebook ada di http://ardisonic.com

http://menara-fm.com/blog/hati-hati-efek-buruk-facebook.html


Dampak Ber_Facebookan

Dampak Ber_Facebookan bagi kita para pengguna internet sangatlah banyak, beragam, variatif, bisa untuk berpromosi dan masih banyak lainnya yang bisa sangat berguna. Situs jejaring social yang nomor 1 tersebut sangat juga memiliki keuntungan yang besar bagi para blogger sebagai tempat ajang berpromosi blog, situs ataupun mempromosikan bisnis online. Bagi pengguna facebook yang umum, jejaring social network sosial ini digunakan sebagai tempat saling share, berkomunikasi dengan chatting, main game, update status, gabung di group2 dan penggemar dan masih banyak lainnya.

Begitu banyaknya keuntungan yang bisa didapat dari Dunia Facebook, tidak menutup kemungkinan juga pasti banyak sisi negatif / sisi buruk dalam menyalahgunakan facebook. Begitu mudahnya dalam berkoneksi internet dan dalam mudahnya proses pembuatan akun pesbuk ini membuat jejaring sosial facebook sudah menjalar ke berbagai macam usia, dari anak – anak setingkat SD hingga orang dewasa semuanya hampir telah menggeluti dunia online facebook saat ini.

Dampak Ber_Facebookan | Tips Facebook Agar Berguna

Sehingga peranan facebook dalam dunia maya sangat penting terutama dalam menjalin tali silaturahmi dan hubungan keluarga. Mengapa kok sangat penting? Karena dengan facebook, bisa saling berkomunikasi tanpa perlu bertatap muka dan tak memandang jarak dan waktu sedangkan koneksi internet pun sangat mudahnya didapat, apalagi hape – hape dan para penyedia fasilitas komunikasi pun saling bersaing untuk memanjakan pemakainya. Pokoknya facebook bisa bikin ketagihan deh

NAMUN, dari beberapa keuntungan, kelebihan serta sisi positif di atas ternyata ada juga dampak buruk dari penyalahgunaan facebook sebagai network social. Facebook digunakan sebagai ajang prostitusi, penjualan anak, ajang menghina satu sama lainnya, dsb. Bahkan di sini, sudah ada juga dampak pemakaian facebook hingga di penjara dll. Jika sudah seperti ini, siapa yang patut di salahkan? situs facebook kah? Hmm, kalau sudah begini sepertinya sulit juga untuk saling menyalahkan satu dengan yang lainnya.

Situs facebook hanya menyediakan tempat untuk saling berbagi atau saling berkomunikasi, pengguna hanya memakai fasilitas yang di berikan oleh facebook itu sendiri, lalu siapa yang salah??? Yang SALAH yaitu maksud dan tujuan dalam menggunakan facebook. Kalau maksud dan tujuannya baik dan bersifat positif / membangun maka hasil yang di peroleh pun juga baik dan membangun namun jika sebaliknya, facebook akan memberikan hasil yang kurang bermanfaat bagi kita. . . .

Nah,, sekarang gunakanlah facebook secara bijak dan membawa manfaat bagi kita selaku penjelajah dunia internet, blogger, marketing atau yang lainnya . . . :) lebih lengkap mengenai facebook cari di multiple search engine nowgoogle ya ?

http://www.yousaytoo.com/dampak-ber_facebookan-tips-facebook-agar-berguna/192956


10 Efek Buruk Facebook



Selain memicu perselingkuhan, Facebook dipercaya memiliki sederet efek buruk.



VIVAnews - Sejak diciptakan pada 2004 oleh Mark Zuckerberg, situs jejaring sosial Facebook berulang kali "disalahkan" atas berbagai masalah. Mulai dari hancurnya pernikahan, obesitas pada anak, hingga oleh Professor Peter Kelly, kepala kesehatan publik di Teesside, Inggris, mengungkap kalau Facebook berperan dalam penyebaran penyakit sipilis.

Selain tiga hal tersebut, banyak efek lain dari Facebook yang berakibat buruk. Berikut sepuluh dampak buruk Facebook, yang VIVAnews kutip dari Telegraph, dan jangan sampai Anda mengalaminya.

6. Membuat pasangan cemburu
Tim peneliti dari University of Guelph, Kanada, menemukan bahwa penggunaan Facebook meningkatkan rasa cemburu pasangan. Mereka menemukan bahwa makin sering seseorang menghabiskan waktu untuk online pada situs jejaring sosial dan melihat pasangannya, maka tingkat kecurigaannya sangat tinggi.

7. Dijadikan ajang menantang hukum
Pada beberapa kasus hukum di Inggris, Facebook, dijadikan ajang untuk menantang hukum. Pihak yang tersangkut kasus hukum membuat grup, yang namanya sangat provokatif dan melawan hukum.

8. Membuat banyak orang tua jatuh cinta
Ofcom, sebuah badan pembuat regulator komunikasi, menemukan lebih banyak orang setengah baya yang menjadi anggota situs jejaring sosial seperti Facebook. Hal itu menunjukkan fenomena situs jejaring sosial telah "tumbuh", dengan pengguna yang berusia 35 hingga 54 tahun melonjak sebesar 25 persen sepanjang tahun 2009.

9. Membuat penggunanya merasa tidak menarik
Jutaan pengguna Facebook mengatakan menghindari menggunggah foto dan menghapus nama dari berbagai foto, karena merasa terlalu gemuk, tua, atau terlihat jelek. Hal itu menurut survei yang dilakukan perusahaan yang memproduksi produk penurunan berat badan, LighterLife, pada 2000 orang.

10. Mengungkap kehidupan pribadi
Banyak orang yang memajang foto-foto pribadinya di Facebook tanpa menyadari bahaya yang sedang mengintainya. Seperti kasus istri seorang kepala agen rahasia Inggris, Sir John Sawers, yang memajang foto-foto keluarganya secara detail di Facebook saat berlibur bersama keluarganya.

http://kosmo.vivanews.com/news/read/139519-10_efek_buruk_facebook


Facebook Membuat Anda Bodoh? Masa Sih?


Sedikit ekstrim memang judul yang saya berikan untuk artikel yang satu ini, padahal tidak seratus persen benar. Toh facebook masih banyak dampak positifnya seperti membuat silaturhmi yang lebih mudah dan lebih sering. Tapi sayangnya artikel ini membuktikan bahwa dampak negatif facebook membuat nilai para pelajar menjadi lebih buruk dibanding pelajar yang tidak mempunyai facebook. Beberapa mediapun kemarin memuat artikel tentang dampak buruk facebook terhadap pelajar. Berikut cuplikan berita-beritanya:

Facebook Jadikan Mahasiswa Jeblok ( inilah.com )INILAH.COM, Jakarta –

Menggunakan Facebook memang bermanfaat, tapi setidaknya harus tahu waktu. Sebuah penelitian terbaru mendapati, Facebook memberikan dampak buruk pada mahasiswa. Penelitian di AS menunjukkan, mahasiswa yang kecanduan terus menambah jumlah teman di Facebook sebanyak-banyaknya, menyebabkan prestasi akademiknya turun.

"Penelitian kami menunjukkan, mahasiswa yang sering menggunakan Facebook, waktunya jadi berkurang untuk belajar," kata Aryn Karpinski, peneliti di jurusan pendidikan Ohio State University AS. "Setiap generasi memiliki masalahnya sendiri, tetapi Facebook menjadi fenomena sendiri pada saat sekarang,” tambahnya.

Karpinski melakukan penelitian pada 219 mahasiswa di Ohio State University tingkat sarjana dan pasca sarjana. Ia memberikan kuisoner seputar tingkat belajar dan aktivitas internet terutama kebiasan menggunakan Facebook. Mereka mendapati 68% mahasiswa yang menggunakan Facebook secara signifikan memiliki IPK lebih rendah dibandingkan yang tidak mau terlibat menggunakan situs itu. Bukannya mematikan komputer untuk belajar, tapi mahasiswa melakukan hal yang lebih aneh. Mereka malah membuka kelompok di Facebook mendiskusikan mengapa situs itu menyebabkan prestasi akademiknya jelek.

Sebuah kelompok mahasiswa di Australia membentuk kelompok bernama "Aku akan menggugat Facebook jika aku gagal kuliah". Grup ini hampir memiliki 1000 anggota.[ito]Facebook Bikin Rapor Jeblok ( tempointeraktif.com )TEMPO Interaktif, Jakarta:Facebook ternyata juga membawa pengaruh baik dan buruk.

Sejumlah studi mengatakan Facebook membawa pengaruh baik pada orang usia lanjut, 50tahun keatas, melalui Facebook yang mudah dioperasikan itu, para orangtua membuka kembali komunikasinya dengan banyak teman lamanya dan itumembawa pengaruh yang baik bagi perkembangan sosialnya.Namun Facebook ternyata tak selamanya membawa pengaruh baik pada para pelajardan mahasiswa.

Sebuah penelitian terbaru dari Aryn Karpinski, penelitidari Ohio State University, menunjukkan bahwa para mahasiswa penggunaFacebook ternyata mempunyai nilai yang lebih rendah daripada paramahasiswa non pengguna Facebook.Dari 219 mahasiswa yang dirisetoleh Karpinski, 148 mahasiswa pengguna Facebook ternyata memiliki nilai yang lebih rendah daripada mahasiswa non pengguna Facebook.

MenurutKarpinski, memang tidak ada korelasi langsung Facebook akan menyebabkannilai para mahasiswa atau pelajar menjadi jeblok. Namun diduga Facebooktelah menyebabkan waktu belajar para siswa tersita oleh keasyikanberselancar di situs jaring sosial yang tengah populer ini.

Para pengguna Facebook mengakui waktu belajar mereka memang telah tersita.Rata-rata para siswa pengguna Facebook ini kehilangan waktu antara 1 -5 jam sampai 11 - 15 jam waktu belajarnya per minggu untuk bermain Facebook.

Karpinsky juga menemukan bahwa Facebook ternyata lebih digemari oleh para siswa sekolah daripada para mahasiswa perguruantinggi.FOXNEWS l WAHYUWStudi: Facebook Turunkan Nilai Akademik ( detikinet.com )Ohio -

Keasyikan mengakses Facebook diklaim dapat berdampak buruk bagi prestasi akademik para mahasiswa. Setidaknya itu yang disimpulkan dalam riset oleh peneliti Aryn Karpinski dari OhioState University, Amerika Serikat.Hasil penelitian itumengungkap bahwa para mahasiswa di Amerika Serikat yang rutin mengutak-atik Facebook punya nilai lebih rendah ketimbang mereka yangtidak melakukannya.

"Studi kami menunjukkan bahwa mereka yangmenghabiskan lebih banyak waktu di Facebook lebih sedikit belajar,"papar Karpinski seperti dilansir United Press International dan dikutip detikINET, Senin (13/4/2009).

Karpinski menambahkan, setiap generasi punya jenis gangguan sendiri-sendiri yangsaat ini diwakili antara lain oleh Facebook. Menurutnya, tingkat kecanduan Facebook berpengaruh signifikan terhadap apakah seorangmahasiswa mendapat nilai A atau B.

Meski demikian, paramahasiswa penikmat Facebook tampaknya tak menyadari hal itu. Sebabdalam studi tersebut, 79 persen responden menganggap ber-Facebook riatidak bakal berpengaruh terhadap prestasi akademik mereka. ( fyk / ash ) Sebenarnya masalah ini bisa diatasi jika sang pengguna (user) facebook dapat mengatur jadwalnya dengan baik, kapan waktunya membuka facebook dan kapan waktunya belajar.

Dengan manajemen waktu yang baik kita sebagai pengguna facebook malah akan memperoleh banyak dampak postifnya bukan dampak negatifnya. Facebook seperti alcohol yang bisa dipakai untuk obat tetapi juga sebagai minuman yang memabukan dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Jangan mau menjadi orang bodoh, apalagi seperti Homer Simpson (nggak ketulungan)

Dan inilah saatnya kita menyadari bahwa kita tidak boleh terlalu menuruti keinginan kita terus-menerus membuka facebook walaupun mengurangi aktivitas kita berhubungan dengan teman-teman kita.

Atur waktu sebaiknya untuk segala sesuatu jangan terpaku pada facebook saja, karena dari pengalaman saya sendiri benar-benar sudah merasakan salah satu dampak buruk facebook seperti artikel-artikel diatas yaitu berkurangnya kemauan untuk belajar serta sulit berkonsentrasi dalam mengikuti perkuliahan.

Seperti bucks bunny yang berkata "that's all folk", saya sudahi artikel ini dengan kembali mengingatkan kita untuk tetap selalu mengatur waktu dan jangan hanya terpaku pada facebook. Ok?

http://www.tips-fb.com/2009/04/facebook-membuat-anda-bodoh-masa-sih.html

2 comments:

  1. hati-hati dan sllu gunakan fb untuk kebaikan dan manfaat duna dan akhirat

    ReplyDelete
  2. Thanx ya nasehatnya... Thanx juga sudah berkunjung...^_^

    ReplyDelete

Komentar Anda