09 June 2010

Mengetahui cara berpikir orang jahat

Isa Alamsyah 09 Juni jam 9:48


Jangan lewatkan :
Workshop menulis di Bandung Minggu 27 Juni
Workshop menulis untuk peserta anak anak Jakarta - Depok Minggu 20 Juni (Detail ada di bawah)

*******

Mengetahui cara berpikir orang jahat
Isa Alamsyah

Suatu saat seorang datang pada Umar bin Khattab, dan menceritakan tantang orang mulia.
"Wahai Umar, di sana ada orang sangat mulia, ia tidak kenal kejahiliahan sedikitpun"
Mendengar itu, Umar bukan ikut memuji malah mengatakan,
"Orang yang tidak tahu kejahiliyahan, justru akan mudah terperosok dalam kejahiliyahan"
Sederhana, tapi itu adalah kalimat kunci yang sangat penting dalam kehidupan.
Kita akan mudah terporosok dalam keburukan, kalau kita tidak tahu apa itu keburukan, kita akan mudah tertipu kalau kita tidak tahu sedang ditipu dan tidak tahu modus penipuan terbaru, kita tidak tahu sedang excuse kalau tidak ada ada virus excuse, kita akan jadi korban kejahatan modern kalau tidak tahu jenis kejahatan modern.

Saat ini banyak bentuk kejahatan modern yang terselubung.
Seorang pembuat kue yang biasa saya pesan, tiba tiba pindah rumah ke rumah yang sangat kecil. Saya bertanya kenapa pindah. Ternyata ia terjerat kartu kredit dan ketakutan setiap kali didatangi debt collector. Kenapa sampai separah itu? Karena ia tidak tahu cara kerja debt collector dan kartu kredit.
Padahal kalau ia tahu, ia bisa datang ke Bank pemilik kartu kredit dan bisa minta keringanan 30 s.d. 50% (diskon) dan meminta pembayaran cicilan selama 1 tahun atau lebih. Sedangkan bagi debt collector makin banyak dia bayar makin banyak dia dapat komisi karenanya mereka tidak akan memberi tahu trik ini.
Karena tidak tahu cara kerjanya, maka ibu penjual kue itu kehilangan rumah yang di beli dari hasil tahunan kerja.

Saya juga mengenal seorang yang didatangi dect colletor yang diutus oleh perusahaan pembiayaan berinisial ADR. Mereka mau menyita motor padahal tinggal sebulan lagi lunas. Memang ada keterlambatan, tetapi bukan diperingati tapi seperti sengaja ditunggu agar terlambat lagi sehingga mereka bereaksi. Dan ini banyak kejadiannya, kelalaian di akhir masa kredit diambil langkah keras. Dari situ saya bisa simpulkan bahwa kalau kredit mobil atau motor, hati hati di bulan-bulan terakhir. Karena di situ posisi yang paling menguntungkan untuk lembaga pembiayaan untuk menyita dan memberi makan debt collector dan sebaliknya itu posisi yang pemilik kendaraan tidak mau kehilangan kendaraaan karena sudah bayar lama. Debt collector adalah unsur penting dalam pengkreditan dan tidak digaji, jadi sesekali lembaga pembiayaan memberi mereka kesempatan untuk dapat peluang dari pelanggan yang lalai.

Kejahatan di bidang developer juga. Saya juga pernah ketipu ketika membeli rumah. Developer sebenarnya tidak punya uang, kita yang membayar uangnya. Caranya mereka memberi rancangan, lalu Bank meminjamkan uang ke kita tapi uangnya dikirim ke developer. Lalu dari uang pinjaman kita ditransfer ke developer, dan dari uang itu rumah kita dibangun. Biasanya developer miskin memutar uang itu untuk membayar hutang untuk urusan lama dan rumah kita terbengkalai. Rumah saya sampai setahun tidak selesai-selesai karena uangnya dipakai untuk urusan lain oleh developer. Kenapa saya jadi korban, karena sebelumnya saya tidak tahu ada developer brengsek. Saya pernah beli rumah dan baik-baik saja. Artinya saya jadi korban kejahatan developer karena tidak tahu ada penjahat bernama developer dan ini juga banyak. kejadiannya Karena itu kalau beli rumah pastikan developernya terpercaya. Tanya pada yang sudah punya rumah di sana, lihat situasinya, dan jangan tanya ke marketingnya karena mereka pasrti bilang baik-baik saja.

Ingat, sebenarnya banyak developer yang bagus, banyak lembaga pembiayaan yang bagus, banyak penyedia kartu kredit yang bagus, tapi sedikit di antara mereka ada juga yang tidak bermoral atau melakukan penyelesaian masalah tidak secara elegan. Dan kita harus berhati hati agar tidak jadi korban yang seduikit tapi berbahaya ini.

Ya ini sekedar tips agar Anda tidak jadi korban kejahatan modern.
Semoga bermanfaat.

Pernahkah Anda jadi korban?

Sudah baca buku No Excuse?
Tersedia di Gramedia, Togamas dan Gunung

Ditunggu komentarnya: http: http://bit.ly/9AqtHM

******
WORKSHOP MENULIS UNTUK ANAK
Workshop menulis untuk anak detail: http://bit.ly/cX4euJ
Diberikan dengan metode khusus anak-anak
Hari Minggu 20 Juni, di Jakarta atau Depok, jam 09.00 - 17.00
Biaya Rp 400.000
Rp 300.000 untuk 20 pentransfer pertama,
Rp 350.000 untuk early bird sebelum 13 juni
Cara mendaftar SMS ke Aeron 081282210742: tulis ANK Nama lengkap (spasi) nama di account facebook dan email no: hp (spasi) address
Transfer ke Rek BCA an Asmarani Rosalba 7650334064 (jika rekening transfer atas nama orang lain sebutkan namanya)


WORKSHOP MENULIS UMUM DI BANDUNG
Workshop menulis Bandung detail: http://bit.ly/d9DRYI
Hari Minggu 27 Juni, di Bandung, jam 09.00 - 17.00
Biaya Rp 400.000
Rp 300.000 untuk 20 pentransfer pertama,
Rp 350.000 untuk early bird sebelum 13 juni
Cara mendaftar SMS ke Aeron 081282210742: tulis BDG Nama lengkap (spasi) nama di account facebook dan email no: hp (spasi) address
Transfer ke Rek BCA an Asmarani Rosalba 7650334064 (jika rekening transfer atas nama orang lain sebutkan namanya) Agung.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda