29 September 2010

Lomba Cipta Puisi Nasional Batu Bedil


http://semuaguru.blogspot.com/2010/09/lomba-cipta-puisi-nasional-batu-bedil.html




Share 
Paling lambat 10 November 2010 (cap pos)

JAKARTA, KOMPAS.com--Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, menggelar lomba penulisan puisi tingkat nasional. Lomba memperebutkan Batu Bedil Award tersebut untuk memeriahkan Festival Teluk Semaka (FTS) 2010, 22-26 November 2010 di Kota Agung, Tanggamus.

Kepala Dinas Budpar Tanggamus Alfian A.Husin, mengatakan melalui event ini diharapkan mampu menyegarkan kembali identitas kultural masyarakat Kabupaten Tanggamus, sehingga dikenal di tingkat nasional dan internasional. Selain lomba cipta puisi, kegiatan lain FTS adalah musyawarah adat, pemberian adok atau gelar adat, ruwat laut, festival musik, lintas alam, lomba tari tradisional, lomba lagu pop daerah, gitar klasik, lomba mewarnai, dan pawai budaya, kata Alfian A Husein, Selasa (28/9).

Lomba cipta puisi diakui Alfian A Husein, sebagai upaya mengeksplorasi seni budaya, pariwisata, tradisi, dan unsur-unsur kearifan lokal di Kabupaten Tanggamus secara kreatif melalui ide-ide dan gagasan yang segar. Bukan sekadar data geografis dan angka statistik tentang kunjungan wisatawan, tandasnya.

Dia menjelaskan, Batu Bedil merupakan situs megalitikum di Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus. Ini membuktikan di Tanggamus sudah ada sistem kehidupan sejak zaman batu muda, kurang lebih akhir abad ke-8. Namun peninggalan bersejarah ini sepi dari segala sisi, baik eksplorasi secara metodologi penelitian maupun kepariwisataan.

Batu Bedil Award diharapkan dapat menjadi pemantik bagi masyarakat luar untuk menelusuri potensi budaya-wisata di Tanggamus. Lomba cipta puisi ini diharapkan menjadi sumbangsih Tanggamus untuk penel usuran sejarah budaya sekaligus perkembangan kesusasteraan Indonesia, karena akan diselenggarakan berkesinambungan setiap tahunnya. jelas Alfian, yang didampingi budayawan dan sastrawan Isbedy Stiawan ZS.

Syarat-syarat lomba cipta puisi, yaitu tema eksplorasi kreatif seni budaya, tradisi, dan pariwisata khusus di Kabupaten Tanggamus. Peserta terbuka untuk umum, naskah murni karya sendiri (bukan tiruan/plagiarisme ataupun hasil saduran dari naskah manapun), belum pernah dimuat atau dipublikasikan di media massa atau sedang diikutsertakan dalam lomba penulisan di tempat lain.

Kemudian, peserta dapat mengirim maksimal 3 (tiga) naskah puisi, naskah diketik 1,5 spasi di kertas kuarto rangkap 4 (empat). Nama dan biodata peserta tidak diperkenankan dicantumkan di lembar naskah (melainkan dilampirkan dalam lembar terpisah) melampirkan fotokopi identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar/ Kartu Mahasiswa).

Naskah dikirimkan ke Panitia Batu Bedil Award (Festival Teluk Semaka 2010) d/a Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus, Komplek Perkantoran Pemda Tanggamus, Jl Jendral Ahmad Yani, Kota Agung Timur. Kabupaten Tanggamus, 35384 paling lambat 10 November 2010 (cap pos).

Pada sudut kiri atas amplop diberi tanda Lomba Cipta Puisi Batu Bedil Award 2010 . Naskah pemenang menjadi milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten T anggamus, namun hak cipta tetap pada penulis.

Dewan juri akan memilih 1 orang peraih Batu Bedil Award yang akan menerima hadiah Rp2 juta. Sementara, juara II dan III akan mendapatkan hadiah Rp1 juta dan Rp750.000 serta piagam. Peraih Batu Bedil Award akan diumumkan pada puncak penutupan Festival Teluk Semaka 2010 di Kota Agung. Dewan juri juga akan memilih 7 puisi yang akan dibukukan.

sumber KOmpas, Rabu, 29 September 2010

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda