04 November 2010

Cara menembus YouTube, MySpace, Multiply

http://blogberita.net/2008/04/08/cara-menembus-situs-diblokir-youtube-myspace-multiply/

Posted by Jarar Siahaan on Apr 8th, 2008 and filed under Internet & Komputer, tips. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.
Jarar Siahaan; Balige; Blog Berita
Sejak tadi pagi situs-situs populer seperti YouTube, MySpace, Multiply, RapidShare, telah diblokir oleh penyedia jasa Internet di Indonesia, termasuk Telkom Speedy. Tapi masih ada cara mudah untuk mengakses situs tersebut.
Selasa pagi tadi aku main-main ke kantor seorang kawan di Balige, sekalian untuk menginstall program yang dia butuhkan ke komputernya. Temanku itu memakai Speedy untuk berinternet. Ketika kami coba mengakses YouTube dan sejumlah situs populer, ternyata tidak bisa. Sempat terpikir ada error di koneksinya, tapi ternyata memang Telkom telah memblokir situs-situs tersebut.
Telkom mengumumkan bahwa mereka memblokir sesuai permintaan Menteri Kominfo, karena situs tersebut memuat video Fitna — film pendek yang diproduksi seorang anggota parlemen Belanda yang secara terang-terangan menyerang agama Islam. Di situs Telkom disebutkan daftar situs dunia yang diblokir, sehingga tidak bisa diakses lewat jaringan Internet Telkom, yaitu:
  • Youtube.com
  • Myspace.com
  • Metacafe.com
  • Rapidshare.com
  • Multiply.com
  • Liveleak.com
  • Themoviefitna.com
Memang situs-situs itu tidak bisa lagi diakses via jaringan Telkom. Tapi setelah kucoba via layanan swasta, VSat, ternyata bisa. Untuk pengguna Internet dari Telkom, situs Liveleak masih bisa diakses dengan menambahkan www di depannya, menjadi www.liveleak.com. Selain Telkom Speedy, penyedia jasa Internet [ISP] lain di Indonesia kabarnya telah juga memblokir situs-situs tersebut, seperti XL.
Menurutku, kalau warga Indonesia tidak bisa menonton film Fitna gara-gara situs tersebut diblokir, tidak ada yang rugi. Toh Fitna adalah film murahan bikinan pejabat Belanda yang maniak agama — yang tujuannya hanya untuk menciptakan permusuhan antar-umat, dan telah dikecam oleh PBB dan pemimpin-pemimpin dunia. Tapi secara nyata banyak warga Indonesia yang dirugikan oleh pemblokiran itu, yaitu pemilik situs-situs pribadi yang terdaftar seperti di Multiply dan Myspace. Di sana terdapat ribuan blog milik warga Indonesia, yang sebagian dipakai untuk urusan pekerjaan maupun bisnis mereka.
Cara mudah mengakses Youtube, Multiply, Myspace, dll
Kalau engkau memakai Speedy atau XL atau ISP lain yang memblokir situs-situs itu untuk online, dan memang sangat butuh untuk mengaksesnya, ada cara mudah sebagai jalan keluar. Engkau tetap bisa mengunjungi situs favoritmu itu. Kopi-paste saja baris di bawah ini ke kolom address di browser Internetmu, lalu di akhirnya tambahkan alamat situs yang hendak kaubuka:
http://anonymouse.org/cgi-bin/anon-www.cgi/http://
Contohnya untuk mengakses youtube.com, ketikkanlah http://anonymouse.org/cgi-bin/anon-www.cgi/http://youtube.com
Untuk mengakses myspace.com, ketikkanlah http://anonymouse.org/cgi-bin/anon-www.cgi/http://myspace.com
Contoh lain, untuk mengakses lagu-lagu MP3 dari rapidshare.com yang tautannya ada di Blog Berita, kopikan tautan file MP3 tersebut dan tambahkan ke belakang alamat anonymouse di atas. Bila misalnya nanti pemerintah memblokir Google atau blogmu di WordPress.com, ketikkan saja alamat blogmu di belakang URL di atas. Misalnya: http://anonymouse.org/cgi-bin/anon-www.cgi/http://blogmu.wordpress.com
Selain lewat anonymouse.org, masih banyak situs lain yang bisa dipakai sebagai “pintu belakang” untuk menembus situs-situs yang diblokir pemerintah, seperti YouHide dan HideMyAss. Cara memakainya sama: Setelah engkau masuk ke situs “anti-blokir” itu, ketikkan alamat situs yang hendak kau kunjungi pada kotak yang disediakan di sana.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda