08 January 2011

Lomba Cerpen (kecil-kecilan) "Memperbaiki Indonesia" (DL: 14 febi)


oleh Laskar Pemimpi Menulis pada 09 Januari 2011 jam 5:32
 
Sebagai orang kecil, sebagai seorang TKI (karena saya perempuan, jadi istilah tepatnya TKW kali ya?) apalah yang bisa saya perbuat untuk "memperbaiki Indonesia" yang kita ketahui sendiri bagaimana carut-marut kondisinya sekarang ini.

Sumber Daya Manusia, sistem pemerintahan, birokrasi, KKN, bencana, semua gambaran baik yang kita tahu lewat pemberitaan di media cetak maupun elektronik dan atau justru pengalaman pribadi semua sungguh sangat memprihatinkan.




Hanya bisa berbuat lewat berbagi semangat (mumpung semangat masih gratis, hehe!) dan ajakan khususnya kepada teman-teman penulis berbakat untuk ikut berperan serta "memperbaiki Indonesia" bangsa dan tanah air kita.

Bagaimana caranya? Yuk, ikut Lomba Cerpen (kecil-kecilan) "Memperbaiki Indonesia"

Ekspresikan ide, gagasan, dan apapun kata hati mu wahai penulis berbakat, untuk berbagi semangat dan atau ajakan dalam bentuk karya tulis cerpen.

Mengingat masa depan bangsa terletak pada (tanggung jawab) generasi mudanya, maka Lomba Cerpen (kecil-kecilan) "Memperbaiki Indonesia" ini temanya ditentukan sbb:

1. Generasi muda (Muslim) say NO to valentine!
2. Menanam gemar membaca kepada generasi muda
3. Andai anakku jadi TKI, jadilah TKI yang benar, mandiri dan berani.

Wuih, temanya cukup menantang bukan? Tapi percaya, tak ada yang sulit untuk para penulis berbakat yang berimajinasi tinggi. Dalam cerpen fiksi, hal ini justru akan jadi pembelajaran bagi penulis-penulis muda dalam menerapkan idealisme serta menanamkan semangat yang akan dibagikan. Yah, anggap saja sebagai ajang latihan menulis, kesempatan untuk penulis bisa sebebas-bebasnya berekspresi menuangkan apapun dalam karya tulisnya.

Berhubung lomba cerpen ini kecil-kecilan (hadiahnya juga kecil) maka persyaratannya juga kecil. Cukup kirimkan cerpen sesuai tema yang telah ditentukan ke alamat email: cerpenkecilmemperbaikiindonesia@live.com

untuk mempermudah dan keserasian, cerpen dibuat dalam bentuk file words, dibatasi maksimal 1000 kata. Menyertakan nama akun fb peserta dan nomor hp peserta yang bisa dihubungi pada akhir naskah cerpen. Masing-masing peserta boleh mengirimkan naskah cerpen maksimal 3 berdasarkan 3 tema berbeda yang sudah ditentukan. Naskah paling lambat diterima tanggal 14 Februari 2011.

Peserta wajib menuliskan tema (HANYA MENYEBUTKAN TEMA) apa yang diambil dalam karya cerpennya (boleh ambil satu tema, dua tema, atau ketiganya) serta mempublikasikan informasi Lomba Cerpen (kecil-kecilan) "Memperbaiki Indonesia" ini di akun fb atau blog peserta dan mentag teman-temannya/setting for everyone.

Lomba (kecil-kecilan) ini tidak berhadiah besar, hanya berupa kenang-kenangan dari penyelenggara untuk tiga peserta terbaik (dari semua tema) berupa:
1. Cerpen terbaik pertama mendapat kenangan uang senilai Rp. 300.000 + pulsa.
2. Cerpen terbaik kedua mendapat kenangan uang senilai Rp. 200.000 + pulsa.
3. Cerpen terbaik ketiga mendapat kenangan uang senilai Rp. 100.000 + pulsa.

Saya berusaha mencari donatur untuk memeriahkan lomba kecil-kecilan ini (siapa tahu bisa jadi lomba yang besar-besaran) dan karena itu tidak menutup kesempatan kepada pihak yang ingin menjadi sponsor, berbagi --sekecil apapun-- dalam upaya "memperbaiki Indonesia" saya menerimanya dengan tangan terbuka. ^_^ Doakan banyak yang tergugah hatinya mau berbagi ya, dengan begitu siapa tahu hadiahnya nanti juga bertambah. Amin!

Pada akhir lomba nanti, selain tiga hadiah kenangan dari penyelenggara akan ada hadiah kejutan juga yang akan diberikan kepada peserta. Khusus hadiah kejutan ini benar-benar kejutan dan cara penentuannya murni berdasarkan keberuntungan (caranya diundi kali ya? Atau ada ide cara lainnya? Boleh diinfokan, mungkin bisa dicoba. Yang pasti cara menentukannya rahasia. Namanya juga kejutan, jadi gak boleh protes ya, hehe!) So, semua peserta berkesempatan mendapat keberuntungan ini. 

Sudah berbagi semangat, berbagi upaya memperbaiki bangsa lewat tulisan, siapa tahu juga ketiban hal tak terduga, Andalah yang mendapat keberuntungan! Gak rugi kan?

Naskah cerpen yang dikirim menjadi milik penyelenggara dan tidak menutup kemungkinan jika memenuhi persyaratan kedepannya akan dibukukan (hak cipta tetap ada pada penulis tetapi tidak disediakan imbalan)

Saya sudah menghubungi beberapa orang yang berkompeten dalam dunia kepenulisan khususnya cerpen untuk bersedia menjadi juri penilai. Oleh karena itu penilaian ada di tangan mereka, dan keputusan juri tidak bisa diganggu gugat. Juri masih dirahasiakan demi penilaian yang objektif.

Demikian informasi Lomba Cerpen (kecil-kecilan) "Memperbaiki Indonesia" ini saya sampaikan. Ada pertanyaan? Silahkan. Kalau tidak, segera kirimkan cerpennya ya :-D

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda