18 April 2011

99 % CASSH : CAntik, Sehat, SHalihah


oleh Murti Yuliastuti pada 08 Februari 2011 jam 9:09

Judul : 99% CASSH Cantik Sehat Shalihah

Cetakan Pertama : Januari 2011

Tebal : xiv + 232 hal, 13 x 19 cm

Penerbit : Leutika Publisher

Penulis : Riawani Elyta, Risa Mutia, dr. Maya Suryanti, dkk
Cantik…Kuremuk segenap jiwa
Kupangkas segenap rasa
Kusingsing segala upaya
Kuberlari mencarimu, mengejarmu….(by Risa Mutia)

Yupz..setiap wanita ingin cantik, begitu juga saya ^_^
Cantik telah berkembang menjadi goal, priority, bahkan obsession yang dialami sebagian besar wanita, tapi apakah makna cantik itu sebenarnya?
Definisi cantik yang dikemukakan oleh Eric Newton (The Meaning of Beauty) adalah sesuatu yang menimbulkan rasa senang pada manusia. Jadi maknanya begitu luas, sehingga wajarlah kalau cantik itu bersifat relative pada setiap orang.

Sedangkan makna cantik dalam Islam adalah cantik luar dalam, cantik rupa dan budi, cantik hati dan jiwa (rohani), dan Islam lebih mengutamakan kecantikan dari dalam, kecantikan batiniyah (inner beauty) daripada kecantikan fisik (outer beauty), karena hati adalah komandan yang akan menentukan baik buruknya perilaku seseorang. Kecantikan jiwa ini dapat diubah dan terus ditingkatkan dengan memperbaiki kualitas iman dan takwa. Meski lebih menitikberatkan pada kecantikan hati, namun Islam adalah agama yang indah dan mencintai kebersihan. Sungguh, Islam memuliakan penampilan yang indah. Betapa konyolnya pendapat yang mengatakan bahwa Islam itu identik dengan penampilan yang seba ‘prihatin’ dan kumal. Kaidah utama dalam mengeksplorasi penampilan fisik yang telah diatur dalam Islam adalah cantik di rumah, rapi di luar.

Inilah prolog dari buku ini yang semakin membuat saya ingin menelusuri lebih jauh tentang CASSH

Kembali..memaknai sepotong kata ‘cantik’, nyatanya cantik bisa menjelma dalam beragam wujud yang positif

Cantik itu cerdas,
Cantik adalah bakat. (Hm..maksudnya ?..silakan simak uraiannya di buku ini ya)
Cantik itu sehat dan bugar
Cantik itu Inspiratif
Cantik itu Menebar Energi Positif

Oke, deal..dan tiba-tiba saya sudah merasa semakin cantik membaca Prolog yang ditulis oleh Anita Ba’daturohman & Riawani Elyta ini. Sudah selesai ? Belum…di lembar2 berikutnya saya menemukan mutiara-mutiara berharga yang bisa mempercantik saya lahir dan batin.

Ada jalan tol yang ditunjukkan oleh dr Maya Suryanti tentang Tips perawatan holistic kecantikan per tahapan usia : 20 th, 30 th, 40 th dan tips praktis hidup sehat oleh Puput Happy.
Bab berikutnya: A-Z Panduan Kecantikan/Kesehatan Muslimah yang komplit. Terus terang bab ini nggak semua saya baca. Ini mirip ensiklopedia, hanya saya baca bagian2 yang saya ingin tahu misalnya Bekam, Calsium, Pijat..dan lain-lain, dan pastinya bisa jadi referensi kalau sewaktu-waktu saya perlukan.

Sesudah panduan ini barulah saya menelusuri bab Inner Beauty yang mutlak harus dimiliki oleh para muslimah. Ya..hanya wanita shalihah yang mampu menggapai kecantikan jasmaniah dan batiniah dalam satu kesatuan yang utuh.

Nah..bab terakhirnya adalah Kisah Ringan kecantikan/kesehatan : 10 Pemenang Kisah Ringan, yang mengingatkan saya untuk tidak benrtindak picik untuk menjadi cantik.

Cantik…
Dan, kuterpana pada ruang hatiku sendiri yang berbisik
Tampak kau di sana
Dengan senyum membuka sayapmu
Lalu memelukku ( penggalan puisi Risa Mutia..yang kusuka..)

Saya menutup buku ini dengan tersenyum dan bertekad untuk bisa menjadi CASSH, Cantik, Sehat, Shalihah..Oh indahnya...buku antologi  kecantikan/ kesehatan yang praktis, komplit, dan syar’i. Saya pun jadi berpikir buku ini bisa jadi ‘long life lasting inspiration’  & bisa di’lungsur’kan ke Anggita, si krucil saya yang ‘cantik’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda