19 April 2011

APA ITU CERITA MISTERI?

Putu Felisia 19 April jam 13:17

Silahkan disimak:
MENGUAK CERITA MISTERI



APA ITU CERITA MISTERI?



Dalam sebuah cerita yang hendak dibangun—mau dari genre apapun, cerita misteri dapat dikembangkan menjadi sebuah cerita yang unik dan mengasyikkan hingga tuntas. Yang terpenting bahwa cerita tersebut memiliki sebuah alur yang meminta jawaban atas kejadian yang aneh dan tak terpecahkan di awal dan di tengah cerita. Sebuah pembatasan atau keterbatasan informasi tentang suatu masalah, penyembunyian dan ketersembunyian informasi tentang kejadian tertentu, atau serpihan fakta yang masih menyimpan fakta lainnya. Dengan kata lain, teka-teki jawaban tersebut belum terbuka rahasianya.



Jadi, CERITA MISTERI tidak terpaku pada CERITA HOROR. Karena cerita horor masuk dalam cerita misteri. Namun tidak semua cerita misteri masuk dalam cerita horror!!



BAGAIMANA MEMBANGUN CERITA MISTERI?



Meski misteri tidak selalu memuat kengerian-kengerian. Tapi, biasanya, misteri mengundang suspens dalam perjalanan ceritanya. Kenapa? Karena informasi yang terbatas, sehingga orang menduga-duga, mereka-reka, dan mencari-cari kesimpulan tersendiri yang belum tentu segaris dengan fakta jawaban sesungguhnya.



Unsur psikologi yang 'pekat' mampu membangun cerita misteri yang sedang penulis buat. Bangun ruh ketegangan dalam kadar yang dibutuhkan genre cerita yang tengah kita pilih, sebagai cerita misteri. Sehingga nantinya akan timbul rasa suspens atau ketegangan karena pikiran-pikiran yang tak selayaknya timbul di dalam kepala ketika kita berpikiran normal.



Membangun ruh ketegangan tersebut hanya tinggal memikirkan bagaimana perasaan tokoh ketika suasana di sekelilingnya mencekam dirinya. Pikiran tokoh tersebut menegang, akibatnya apa yang dia lakukan pun akan menegang. Sehingga pembaca nantinya bisa merasakan ketegangan tokoh dalam sebuah setting yang unsur misteri ceritanya tengah kita buat. Sebab tokoh yang sedang kita tulis menghadapi situasi atau masalah yang mengganggu rencana-rencana atau ketenangan hidupnya.



CERITA APA SAJA YANG TERMASUK CERITA MISTERI?



Dalam dunia tulis-menulis, cerita misteri bisa disebut juga dengan cerita thriller. Yang kemudian thriller itu sendiri memiliki beberapa sub.



CRIME THRILLER: Menampilkan cerita tegang dari sebuah atau beberapa tindakan kriminal yang sukses atau gagal.
PSYCHOLOGICAL THRILLER: Berkaitan dengan sisi kejiwaan seseorang atau beberapa tokoh sekaligus. Kekuatan elemen thriller yang menitikberatkan pada tekanan psikologis atau kondisi psikologis serta akibat2 yang dihadapi masing-masing karakter.
EROTIC THRILLER: Ditandai dengan banyaknya adegan-adegan syuur sebagai bumbu. Karya ini menggabungkan unsur erotis (yang dominan) dalam thriller berbagai jenis.
LEGAL THRILLER: Kisah-kisah tegang yang berkaitan dengan urusan hukum dan keadilan, baik di dalam maupun di luar ruang persidangan. Kasus hukum yang membahayakan yang mereka perjuangkan maupun nyawa mereka sendiri.
DISASTER THRILLER: Menceritakan konflik yang terjadi karena bencana yang disebabkan oleh alam maupun oleh manusia, seperti banjir, gempa bumi, badai, letusan gunung berapi, dan bencana alam lainnya, atau bencana yang disebabkan oleh ulah manusia.
COMEDY THRILLER: Menceritakan konflik yang penuh teka-teki dan ketegangan. Namun, mengandung humor-humor di dalamnya.
HORROR THRILLER: Kisah berisi konflik antara tokoh-tokoh di dalamnya terjadi secara mental, emosional dan fisik. Tokoh-tokoh utamanya tidak hanya berhadapan dengan musuh yang lebih kuat, aneh, gaib dan supranatural, dan pada akhirnya mereka menjadi korban setelah merasakan ketakutan yang luar biasa akibat keterkaitannya dengan ‘musuh’ dari ‘dunia lain’.
ACTION THRILLER: Kisah yang dibumbui dengan aksi fisik dan adegan yang memicu adrenalin, situasi berpacu dengan waktu, menampilkan banyak adegan kekerasan dan dominannya satu/beberapa tokoh antagonis yang jelas.
ECO THRILLER: Dalam karya ini sang tokoh protagonis (sang jagoan) harus menghindarkan atau memperbaiki sebuah bencana alam atau bencana biologis, disamping harus berhadapan dengan musuh-musuh atau tantangan-tantangan yang ada di cerita thriller lainnya. Komponen lingkungan hidup seringkali menjadi pesan utama atau tema dari cerita.



CENDOL TO CENDOL #1 (Donatus A.Nugroho & Divin Nahb)

Penambah Diskusi (Erry Sofid)

Buat yang suka nulis dan pengen ikutan ke grup, silahkan diklik link diatas ya :D pelajarannya luar biasa berguna, dan tidak akan didapatkan di kelas lain. Bener!

Suksma,
Putu Felisia

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda