12 August 2011

Kopdar LRS Tegal






Kemarin, tepatnya pada hari Kamis, tanggal 11 Agustus 2011 pukul 17.00 WIB anggota LRS Tegal kopdar sekaligus berbuka puasa bersama di warnet Pandu Net, desa Mindaka-Tarub. Di sana kami membahas rencana acara buka puasa bersama di Pondok Pesantren “Ahmad Dahlan” di Jl. Mayaduta Km. 0,5 Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Sebuah pondok pesantren yang baru berdiri dengan jumlah santri 80 orang. Ponpes tersebut menjadi pilihan kami karena masih terbilang baru yang tentunya butuh penyemangat. Dan tujuan kami mendekati mereka adalah untuk membangkitkan semangat kebersamaan di antara mereka dan memiliki semangat belajar yang tinggi demi menggapai cita-cita.

Kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh anjuran Rasulullah SAW untuk senantiasa berbagi yang salah satunya adalah memberi makan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Dianjurkan kepada orang-orang yang sedang berpuasa untuk memberikan ifthor kepada saudara-saudaranya yang juga sedang berpuasa. Ibadah puasa menjadi salah satu sarana untuk merekatkan jalinan persaudaraan di antara umat. Karena di antara hikmahnya adalah untuk berempati terhadap kondisi yang sedang dihadapi oleh umat Islam, baik satu daerah ataupun berbeda wilayah. Pada realitanya tidak semua umat Islam berada dalam keadaan yang senang dengan fasilitas hidup. Masih banyak umat Islam yang berada dalam kesusahan dan terdzalimi. Pada bulan Ramadan inilah saatnya kita menunjukkan solidaritas terhadap mereka, saudara kita.

Rasulullah Bersabda :

“Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”. (HR Bukhari dan Muslim)

Rencana buka puasa bersama tersebut insya Allah akan diadakan besok sore, Sabtu, tanggal 13 Agustus 2011 pukul 17.00 WIB. Sebelum berbuka, akan diisi acara kultum atau tausiyah, juga mengenalkan LRS Tegal kepada mereka. Selain itu, kami akan menggelar salah satu program bulanan semacam perpustakaan keliling yang akan direalisasikan pelaksanaannya mulai bulan ini. Jadi sebulan sekali kami akan silaturrahim ke ponpes tersebut dan memberi kesempatan kepada mereka yang ingin membaca buku-buku Leutika maupun non Leutika dengan cara meminjamkannya kepada yang berminat, dengan perjanjian bulan depannya harus dikembalikan. Mudah-mudahan program ini berjalan lancar dan mereka menyukainya. Harapan kami, dengan adanya program tersebut, mereka jadi gemar membacadan pada akhirnya termotivasi untuk bisa menulis. Kami juga sedang memprakarsai adanya pelatihan menulis dan akting di sekolah-sekolah, terutama SMA. Pelatihan tersebut baru berjalan sekali berkat kerjasama FLP (Forum Lingkar Pena) Tegal, SJK (Sidik Jari Kawan) Tegal dan grup teater sebagai pecinta seni. Semoga semua acara dan rencana program akan terwujud dengan baik dan lancar tanpa hambatan apapun. Amin.

Semangat adalah kondisi pikiran dimana pikiran kita lebih banyak menyenangkan dan damai. Ketika kita bersemangat, kita akan berpikir lebih baik, berprestasi lebih baik, merasa lebih baik dan lebih sehat, demikian juga hasil karya kita akan lebih baik. Yup! Tetap semangat! ^_^

-Puput Happy (Futicha Turisqoh)-

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda