10 December 2011

Menulis Bareng Pipiet Senja: Ketika Kita Membincang Guru


Oleh: Winwin Faizah

Salam Semangaat!
Kata orang bijak, guru itu adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Ada juga yang bilang guru itu kependekan dari digugu lan ditiru alias dipatuhi dan ditiru. Tapi apakah selalu begitu? Hmm, pasti jawabannya beda-beda ya.
Mungkin ada yang menganggap guru bukannya pahlawan tanpa tanda jasa tapi Pahlawan Bertopeng, Superman, Batman, Sailormoon, Ultraman  atau Jaka Sembung lagi naik ojek alias  nggak nyambung, Jeeek!. Nah looh, apa-apaan nih?

Oke-oke, sebelum dunia keguruan jadi gonjang-ganjing gara-gara istilah nggak jelas itu, langsung saja ya. Jadi nih kami berdua (bunda Pipiet Senja dan saya Winwin Faizah) lagi menggagas buku Ketika Kita Membicang Guru, demikianlah temanya.

Bakal jadi buku terkeren di dunia untuk semua guru, murid, mantan guru, mantan murid  dan semua orang di mana pun berada. Guru seperti apa yang dimaksud? Tentu saja guru yang spesial, nggak ada di toko, limited edition  dan selalu diingat oleh murid-muridnya entah karena kebaikan atau sebaliknya ‘kejahatan’nya sampai-sampai  nggak bisa tidur 4 hari 7 malam!

Nah, biar guru spesial kalian juga ikut tenar bareng buku ini.  Kami mengajak kalian semua untuk menulis tentang guru-guru yang berkesan, terserah mau guru TK, SD, SMP, SMA atau dosen. Adapun persyaratannya adalah sbb:

1.    Lomba dibuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia di mana pun berada.

2.    Tema lomba ini adalah ‘Unforgetable teacher’ alias guru-guru yang tidak terlupakan. Jadi ceritanya harus tentang guru yang memang luar biasa, entah itu cara mengajarnya, tingkah lakunya, kebiasaan-kebiasaannya dan semua hal yang melekat pada sosok guru tersebut, sehingga kalian tidak bisa melupakannya. Sekali lagi, harus luar biasa!

3.    Tulisan harus bersumber dari pengalaman pribadi penulis/nonfiksi dengan sudut pandang penceritaan orang pertama (Aku).

4.    Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 naskah.

5.    Panjang naskah antara 6-12 halaman kertas ukuran A4 spasi 1,5.

6.    Naskah belum pernah dipublikasikan/diikutsertakan dalam  lomba sejenis.

7.    Naskah dikirim via e-mail ke winwin.faizah@gmail.com di dalam attachment (bukan di badan email) dengan format Ms. Word. Di subject email tuliskan Nama_Judul Naskah (contoh: Winwin Faizah_Guruku Bawel)

8.    Peserta wajib menyebarluaskan info lomba ini kepada minimal 20 teman di FB dan naskah yang diikutkan lomba  dipublikasikan di FB dengan men-tag akun FB Winwin Faizah.

9.    Setiap peserta wajib menyertakan biodata ringkas sebanyak 5 baris di akhir naskah, nomor rekening dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Pastikan nomor rekeningnya bener ya, jangan sampe honorariumnya nyasar.
Audisi  ini dilaksanakan tanggal 1 s.d 30 Desember 2011 (deadline pukul 24.00 WIB). Akan diambil 20 naskah terbaik yang nantinya akan masuk dalam buku Ketika Kita Membincang Guru, dan bagi yang naskahnya terpilih akan mendapatkan honorariumi. Jadi tunggu apa lagi,  it’s time to talk about your teachers!

Selamat menulis!

~ Pipiet Senja & Winwin Faizah ~

NB: Jika ada pertanyaan silakan menghubungi Winwin Faizah via FB/E-mail.

Fly to The Sky with Writing Revolution (Khusus Anggota WR)

oleh Futicha Turisqoh II pada 30 November 2011 pukul 0:00
Setiap Malam Minggu acara EDOS Selangkah mengantar kita ke International. Namun pembuktiannya kita harus mewujudkannya nyata. Dengan segenap SEMANGAT WR yang ''MENGINSPIRASI DUNIA'' Tim Edos akan menggelar AJANG yang Pertama kali. Simak Infonya yah...?

1.Terbuka untuk anggota WR
2. Tema : Fly to The Sky with Writing Revolution
3. Judul bebas
... 4.Naskah berupa cerpen atau kisah asli, bukan jiplakan atau saduran serta belum pernah dipublikasikan di media offline maupun online
5.Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya
6.Naskah di tulis dengan Bahasa Inggris
7.Ditulis di kertas A4, spasi 1,5, font Times New Roman. size 12, margin kiri-kanan-atas-bawah 3 diberi nomer halaman.
8. Panjang Naskah 4-5 Halaman
9.Sertakan dalam lampiran terpisah biodata singkat berbentuk narasi maksimal 1 halaman dengan Bahasa Inggris.
10. Berteman dengan TIM EDOS yang belum tahu siapa TIM EDOS silakan berkenalan.
11. KHUSUS bagi TIM EDOS Naskah akan dimasukan bersama naskah yang terpilih.
12. Naskah dikirim ke email: edostim@yahoo.com paling lambat tanggal 30 Januari 2011 pukul 00.00
13. Akan dibukukan untuk naskah yang lolos.

So, what are you waiting for...? C'Mon let's go...go...go... take your times and start writing guys!

UNDANGAN MENULIS SERIAL "A CUP OF TEA – MENGGAPAI MIMPI"

oleh Futicha Turisqoh II pada 2 Desember 2011 pukul 18:47

Oleh Stiletto Book di a cup of tea · Sunting Dokumen
  

Apakah sekarang kamu sedang berusaha menggapai mimpi? Atau malah sedang menikmati hasil jerih payahmu selama ini setelah perjuangan panjang meraih semua impian? Entah itu mimpi menjadi seorang dokter, model, pengacara, pramugari, penulis, entrepreneur, guru, atau apapun profesi yang kamu impikan sejak dulu. Pasti butuh usaha keras untuk menggapainya. Butuh perjuangan yang tidak gampang untuk meraihnya. Semua adalah proses menuju bahagia, ketika semua impian itu telah berhasil kaugapai.

Mari, kita sharing bersama tentang mimpi-mimpi yang sedang berusaha kita gapai. Baik itu yang sudah berhasil diraih, ataupun ketika masih proses perjuangan. Yang terpenting, kita bisa berbagi semangat dan harapan kepada para pembaca, terutama perempuan hebat di luar sana.

Kami mengundang sahabat-sahabat untuk ikut bergabung dalam buku serial A Cup Of Tea - Menggapai Mimpi.  Buku A Cup Of Tea - Menggapai Mimpi berisi kumpulan kisah inspiratif tentang sebuah cita-cita yang sudah berhasil kita raih, atau sedang proses perjuangan meraihnya. Banyak yang berhasil menggapainya, tapi tak jarang pula yang harus menelan pil kegetiran karena semua mimpi tinggal kenangan setelah kita berusaha mati-matian untuk meraihnya. Di luar semua itu, pasti ada hikmah yang bisa diambil, sebuah manfaat yang bisa dijadikan pelajaran bagi diri sendiri dan pembaca lainnya untuk terus bangkit dan bergerak.

SYARAT UMUM:
  1. Usia bebas.
  2. Tulisan harus berisikan kisah nyata pribadi, maupun orang-orang terdekat dan harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jika nanti naskah lolos seleksi, maka kamu harus menyertakan surat pernyataan keaslian naskah.
  3. Diutamakan penulisnya perempuan, tapi tidak tertutup kemungkinan jika ada laki-laki yang ingin berpartisipasi menjadi kontributor.
  4. Jika kamu menuliskan kisah hidup orang lain, maka di akhir cerita, tuliskan nama lengkap si tokoh nyata tersebut. 
  5. Tulisan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun (termasuk di dunia maya).
  6. Kontributor yang ingin mengirimkan naskah, harus menjadi teman dari FB Stiletto Book (http://www.facebook.com/profile.php?id=100001989874813).  Yang belum menjadi teman, silakan add terlebih dulu.

SYARAT KHUSUS:
  1. Naskah bisa menceritakan apa saja, asalkan sesuai dengan tema menggapai mimpi, seperti: suka duka meraih mimpi, kebahagiaan terbesar ketika impian tercapai, hikmah dari kegagalan dalam meraih mimpi, dll.
  2. Ingat, buku ini nanti tidak akan menjadi buku yang berisi tips atau saran, melainkan kumpulan kisah sejati yang mengandung hikmah dari bagi para pembaca.
  3. Naskah berupa tulisan non fiksi populer (bukan makalah ilmiah), dengan gaya bercerita yang mengalir, ringan, dan mudah dicerna, tapi tetap sesuai dengan EYD. Hindari pemakaian kata-kata yang menyinggung SARA, mengandung pornografi, bahasa kasar, dan bahasa alay.
  4. Panjang naskah 5-6 halaman kertas A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. Ketik dan simpan hanya dalam file Microsoft Word berformat (.doc).
  5. Naskah dikirim dalam bentuk attachment ke alamat e-mail: stiletto_acot@yahoo.com dan bukan ditulis di badan e-mail. Pada subyek, tuliskan: (ACOT-MM) – Judul Naskah.
  6. Sertakan nama asli, nama FB, dan biodata deskriptif sepanjang satu paragraf di akhir naskah.
  7. Jangan lupa cantumkan judul tulisan dan nama penulis di awal tulisan (halaman pertama)

CATATAN:
  • Akan dipilih 18 naskah (total 20 naskah dengan naskah milik penyusun) yang dinilai paling unik, memotivasi, dan menginspirasi orang lain.
  • Semua pertanyaan berkaitan dengan audisi ini, silakan ditanyakan dan didiskusikan di Group “a cup of tea” (http://www.facebook.com/home.php?sk=group_191188287597370&ap=1)
  • Naskah ditunggu hingga tanggal 28 Desember 2011 pukul  24.00 WIB.
  • Pengumuman kontributor yang masuk dalam serial ini akan di-posting di Notes FB Stiletto Book dan Document Group “a cup of tea” pada tanggal 9 Januari 2012.
  • Naskah yang terpilih akan diterbitkan oleh Penerbit Stiletto Book.
  • Kontributor tidak menerima royalti melainkan honor dalam bentuk 6 (enam) eksemplar buku A Cup of Tea – Menggapai Mimpi seharga kurang lebih Rp240.000,-
So, tunggu apa lagi? Tulis kisahmu yang paling menarik, tak terlupakan, dan memotivasi orang lain, lalu kirimkan sekarang juga.

Oia,  A Cup of Tea – Menggapai Mimpi ini adalah Seri #3 setelah Buku A Cup of Tea for Single Mom dan A Cup Of Tea for Complicated Relationship sukses di pasaran. Mau tahu referensi untuk tulisan yang lolos audisi kemarin? Grab its on Gramedia, Gunung Agung & Togamas.


Cover "A Cup of Tea For Single Mom"



Cover "A Cup of Tea For Complicated Relationship"

(Penyusunan dan editing naskah dilakukan oleh Herlina P. Dewi, Reni Erina, serta dibantu oleh Tim Stiletto Book)

With Love,
Penerbit                       : Stiletto Book

When I Broke Up (WriTrue Stories #1)

oleh Futicha Turisqoh II pada 29 November 2011 pukul 13:09
(Copas dari Leutikaprio)

Pernah jatuh cinta?? Pernah patah hati juga donk!! Pernah pacaran? Pernah putus?? Ada yang bilang putus sambil senyum-senyum dan seolah nggak ada beban. Ada yang diputusin langsung masuk kamar, matiin lampu, pasang headphone setel lagu mellow abis sambil nangis bombay. Ada yang bilang putus terus nangis-nangis sendiri (lho? Mutusin orang kok sedih?). Ada yang habis diputusin langsung tarik duit di ATM, sms-in semua sahabat ngajakin karaokean. Ada yang habis bilang putus langsung minta ketemu Mama trus curhat habis-habisan. Kalau kamu??

Ikutan audisi penulis yuk! Tema kali ini: When I Broke Up

Caranya?
1. Tulis pengalaman Putusmu (patah hati juga boleh) yang paling berkesan. Mulai dari alasan kalian putus dan tindakan konyol yang kalian lakukan sebagai reaksi patah hati. Trus, critain juga gimana kamu bisa bangkit untuk move on dan menjalani hidup baru tanpa sang mantan.
2. Sertakan biodata lengkap dan nama penamu (jika tidak ingin mencantumkan nama asli) plus foto
3. Karya harus orisinil dan true story. Belum pernah dipublikan di media cetak manapun.
4. Ketik dengan font Times New Roman 12, spasi 1,5 minimal 1 halaman A4, margin standar 3-3-3-3
5. Kirim ke redaksi@leutikaprio.com sebelum 31 desember 2011 pukul 00.00 WIB dengan subjek: When I Broke up
6. Konfirmasikan keikutsertaanmu di Lomba ini dengan cara: Bikin Status di Fb-mu ‘Ikutan WriTrue Stories #1: When I Broke Up di @leutikaprio.com yuk’. WAJIB tag fanspage Fb Leutikaprio.com. Update status ini CUKUP SATU KALI

HADIAHNYA?

30 karya terpilih akan dibukukan oleh LeutikaPrio.

Masing-masing peserta yang karyanya dibukukan mendapat:
- Voucher penerbitan senilai Rp 200.000,- (Bisa dipindah tangankan)
- Paket buku LeutikaPrio senilai Rp 100.000,-
- SMILE magz
- piagam
- 1 exp buku terbit


Ps: Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal 2 karya

When I Broke Up (WriTrue Stories #1)

oleh Futicha Turisqoh II pada 29 November 2011 pukul 13:09
(Copas dari Leutikaprio)

Pernah jatuh cinta?? Pernah patah hati juga donk!! Pernah pacaran? Pernah putus?? Ada yang bilang putus sambil senyum-senyum dan seolah nggak ada beban. Ada yang diputusin langsung masuk kamar, matiin lampu, pasang headphone setel lagu mellow abis sambil nangis bombay. Ada yang bilang putus terus nangis-nangis sendiri (lho? Mutusin orang kok sedih?). Ada yang habis diputusin langsung tarik duit di ATM, sms-in semua sahabat ngajakin karaokean. Ada yang habis bilang putus langsung minta ketemu Mama trus curhat habis-habisan. Kalau kamu??

Ikutan audisi penulis yuk! Tema kali ini: When I Broke Up

Caranya?
1. Tulis pengalaman Putusmu (patah hati juga boleh) yang paling berkesan. Mulai dari alasan kalian putus dan tindakan konyol yang kalian lakukan sebagai reaksi patah hati. Trus, critain juga gimana kamu bisa bangkit untuk move on dan menjalani hidup baru tanpa sang mantan.
2. Sertakan biodata lengkap dan nama penamu (jika tidak ingin mencantumkan nama asli) plus foto
3. Karya harus orisinil dan true story. Belum pernah dipublikan di media cetak manapun.
4. Ketik dengan font Times New Roman 12, spasi 1,5 minimal 1 halaman A4, margin standar 3-3-3-3
5. Kirim ke redaksi@leutikaprio.com sebelum 31 desember 2011 pukul 00.00 WIB dengan subjek: When I Broke up
6. Konfirmasikan keikutsertaanmu di Lomba ini dengan cara: Bikin Status di Fb-mu ‘Ikutan WriTrue Stories #1: When I Broke Up di @leutikaprio.com yuk’. WAJIB tag fanspage Fb Leutikaprio.com. Update status ini CUKUP SATU KALI

HADIAHNYA?

30 karya terpilih akan dibukukan oleh LeutikaPrio.

Masing-masing peserta yang karyanya dibukukan mendapat:
- Voucher penerbitan senilai Rp 200.000,- (Bisa dipindah tangankan)
- Paket buku LeutikaPrio senilai Rp 100.000,-
- SMILE magz
- piagam
- 1 exp buku terbit


Ps: Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal 2 karya

LOMBA MENULIS CERPEN BERTEMA K-POP

oleh Futicha Turisqoh II pada 11 Desember 2011 pukul 2:29
Anyeonghaseo…

Dalam rangka memperingati ulang tahun saya di bulan Februari nanti.  Ada even lomba  Menulis cerpen dimana tema yang diangkat adalah tentang K-POP.  Kenapa K-POP? Saya yakin temen-temen sudah tahu, gila KPOP sudah merajarela di Indonesia.  Nah, di kesempatan yang baik ini ada bagusnya kita berkreativitas  dengan mengangkat  tema K-POP pada sebuah cerpen.   Lalu tema K-POP itu seperti apa sih?  Ada banyak hal yang bisa diangkat disini.  Entah tentang kecintaan temen-temen pada Boysband-Boysgirl Korea, atau Lagu Korea yang bisa dijadikan inspirasi bahkan tentang selebritis idola temen-temen.  Saya yakin kalian ada satu atau dua Korean idol yang disuka. Atau mengadaptasi dari  sebuah drama korea kesukaan temen-temen (tapi bukan niru ya? heheh ).  Selain itu mengangkat budaya Korea itu sendiri gak masalah kok.

Tapi tetap harus digaris bawahi walaupun ini tema K-POP ciri khas Budaya kita jangan dihilangkan ya? Misalnya nama.  Itu sebabnya saya mensyaratkan satu tokoh utamanya bernama Petra, Shandi, Ezar atau Satria.  Cukup pilih satu nama saja.

Berikut Ketentuan lengkapnya :
  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik & benar
  3. Naskah harus karya asli, bukan terjemahan.
  4. Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik & online dan tidak   sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
  5. Memiliki akun FB dan berteman dengan saya, Petra Shandi  serta mengajak (membagikan) ke wall teman fb minimal 20 teman.
  6. Peserta hanya boleh mengirim 1 naskah terbaiknya. Keputusan juri mengikat. Tidak dapat diganggu-gugat dan tidak ada surat menyurat.
  7.  Naskah di kirim ke email: ezarsatria@ymail.com dengan subjek email: KPOP_Judul Cerpen_Nama Penulis dengan nama file Judul Cerpen_nama penulis.
  8. Naskah dikirim paling lambat 31 Januari 2012 pukul 00.00 WIB
  9. Diketik dengan komputer di atas kertas HVS kuarto dengan jarak 1,5 spasi. Font TNR, 12
10.  Panjang naskah sekitar 6-10 halaman

Akan diambil tiga orang pemenang:
  1. Juara I : Satu buku Novelet Cattelya, satu buku Kumcer Pirouette Love dan satu buku dari Leutika  (Judul pilih sendiri)
  2. Juara II : Satu buku Novelet Cattelya dan satu buku Kumcer Pirouette Love.
  3. Juara III : Satu buku Novelet Cattelya.
20 Naskah terpilih akan dibukukan di penerbit Indie.  So, tunggu apalagi segera tulis cerpen teman-teman.

Selamat Berkarya, Gamsahamnida… Anyeong!!

Petra Shandi

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda