12 February 2012

Lomba menulis buku antologi Cerpen: "100% Selingkuh"




Salam Inspirasi,
Menulis antologi cerpen rame-rame yuk!
Keren loh... selain dibukukan, penulis akan mendapatkan banyak keuntungan. 

Gambaran tema lomba:
Tahun 2012 ini adalah tahun perselingkuhan, itu menurut beberapa orang. Ets, bukan karena itu lomba ini dilaksanakan. Di sini, kita menulis kisah "selingkuh" komplit! berdasarkan pengalaman pribadi atau pun orang lain. Kisah orang yang sudah berkeluarga atau pacaran, yang kakek-kakek juga masih ada yang selingkuh loh!

Tujuan dari hadirnya buku ini bukan sekedar mengnyajikan kisah perselingkuhan. Tapi dimaksudkan agar pembaca tahu, selingkuh itu seperti apa adanya. Kenapa sih kasus selingkuh itu terjadi? Dampaknya baik atau buruk? Benar ga selingkuh itu indah seperti yang ada di lirik lagu? Atau selalu berakhir bahagia? Apakah sama resiko selingkuh dalam keluarga dengan selingkuh yang baru pacaran? Nanti akan muncul interpretasi masing-masing. Intinya, cerpen ini akan menjadi inspirasi bagi banyak orang, tentang dilema selingkuh! Dan bukan kisah selingkuh biasa... ^_^

Syarat dan Ketentuan Lomba:
  1. Lomba terbuka untuk umum.
  2. Isi naskah cerpen, diutamakan yang diangkat dari kisah nyata pribadi atau orang lain.
  3. Naskah ditulis dalam file MW 2003/2007, jenis kertas A4, spasi 2, batas margin 3 cm (1,18 inci)  untuk setiap sisi. Panjang Naskah: Minimal 3 halaman, maksimal 4 halaman.
  4. Naskah adalah karya sendiri (bukan saduran) dan belum pernah dipublikasikan lewat media mana pun.
  5. Setiap peserta, melampirkan biodata berupa narasi maksimal 60 kata, lengkap dengan nama/akun fb, alamat lengkap. Yang ditulis di lembar bawah naskah (terpisah).
  6. Naskah Cerpen dikirim ke email: kwrcerpen@ymail.com berupa attachman, bukan di badan email.
  7. Tulis judul email: 100% Selingkuh-Nama fb Penulis. Tulis nama file word: Judul Cerpen-Nama Penulis.
  8. Setiap peserta hanya bisa mengirimkan satu naskah terbaiknya.
  9. Lomba ini dibuka pada tanggal 17 Februari 2012 s.d 27 Maret 2012 (Jam 22:00 WIB)
  10. Hasil lomba (penentuan 50 Nominator) akan diumumkan pada tanggal 4 April 2012, jam 20:12 WIB.
  11. Naskah yang dikirim menjadi hak pelaksana lomba untuk dipublikasikan dalam bentuk buku.
  12. Keputusan Dewan Juri mengikat.
  13. Tag info lomba ini ke minimal 10 orang sahabat fb.
  14. Peserta harus bersedia mengikuti ketentuan mengikat (terlampir), jika berhasil lolos menjadi nominator (dipilih 50 orang Nominator Lomba).

Unsur-Unsur Penting yang dinilai dalam naskah:
  1. Kesesuaian isi tulisan dengan tema lomba.
  2. Kaidah penulisan cerpen (terutama EYD).
  3. Kekuatan pesan yang disampaikan.


Apresiasi lomba:
Naskah Cerpen dari 50 orang nominator, akan dibukukan (royalti dibagi rata)
Hadiah uang tunai:
Juara I = Rp.100.000
Juara II = Rp. 75.000
Juara III = Rp. 50.000
Masing-masing Nominator akan mendapat e-sertifikat dari penyelenggara lomba

Ketentuan mengikat:
Sebagai upaya, untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan Insya Allah akan "membumi". Peserta lomba, yang berhasil lolos sebagai NOMINATOR antologi Cerpen 100% Selingkuh,diwajibkan untuk membayar dana “investasi” Rp.100.000 ke penyelenggara lomba. Info tentang proses pengiriman/transfer dana ke rekening bank,  akan dibahas setelah diketahui nama-nama nominator lomba.

Berikut fasilitas untuk 50 orang nominator lomba, di antaranya:
  1. Setiap Nominator lomba akan mendapatkan 4 buku sebagai bukti terbit, dan dikirim bebas ongkir ke alamat masing-masing!
  2. Nominator secara langsung melakukan amal kebaikan (sedekah). Karena 2,5 % dari dana investasi yang terkumpul, akan disumbangkan ke Panti Asuhan.
  3. Penulis (kontributor) dapat keuntungan lansung; dari penjualan 3 buku yang diterima (puluhan ribu rupiah) plus  tabungan awal dalam KAS ROYALTI Para Penulis. Selain itu, ada Royalti juga dari Penerbit, yang 100% akan dibagikan untuk  Penulis.
  4. Dan banyak lagi keuntungan/kemudahan lainnya.

Penjelasan rencana pemasukan dan pengeluaran dana pelaksanaan lomba plus dana pendistribusian buku, akan disampaiakan secara transparan kepada 50 nominator lomba. Setelah hasil lomba diumumkan.

Kitalah yang memulai, untuk mengapresiasi hasil pemikiran dan kerja keras kita sendiri.
Mari ber-Ibadah dan memetik kemudahan dengan mengumpulkan RP.100.000, Insya Allah, karya dijamin “membumi” dan modal awal segera kembali!!

Semua proses lomba ditangani secara Profesional. Insya Allah antologi kita juga bermutu, karena lahir dari sebuah kompetisi.

Demikian Info lomba ini kami sampaikan. Sebelumnya, kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepada semua penulis yang berkenan ikut berpartisipasi.

Wassalam.
Istana Ilmu Cerpen-Kelurahan WR, 14 Februari 2012

Penanggung Jawab Lomba untuk Cerpen:
Rurin Kurniati, Tina Yanesh, Om Dompet

Ketua Penyelenggara Lomba
Lurah Kampung WR-Rumah Menulis
Erpin Leader

Mengetahui:
Kepala Kampung SMO WR: Hylla Shane Gerhana
Direktur SMO WR: Joni Lis Effendi 


Sponsor Lomba: SMCO WR: http://menulisdahsyat.blogspot.com/2011/03/sekolah-menulis-cerpen-online-smco.html

2 comments:

  1. sis, aku dah ngirim. tapi untuk ngecek apa terkirim atau gagal aku ngirimnya ke alamat kwcerpen sama emailku yang satunya. ternyata aku buka di emailku yg satunya tercantum kalo dikirim ke 2 email. yaitu ke emailku sendiri sama email kwcerpen. kira-kira karyaku diterima gak ya?nanti aku di diskualifikasi tanpa naskahku dibaca dulu... duh gimana ni sis? :(

    ReplyDelete
  2. hehe....tanya aja ke PJ lomba ya say? cz ini bukan evenku. Aku cuma posting infonya aja kok....^_^

    ReplyDelete

Komentar Anda