24 April 2012

ANTOLOGI PUISI BERTEMAKAN SOSIAL/ KEMANUSIAAN



oleh Addien Sjafar Qurnia pada 23 April 2012 pukul 20:26 ·
UNDANGAN  
# Penerbit TUAS MEDIA & Komunitas Sastra Borneo
Salam Sastra
Penyair atau penulis puisi juga peka dengan permasalahan social dan kemanusiaan di sekitarnya. Penyair juga memiliki hati nurani dan peduli dengan permasalahan-permasalahan yahng terjadi di masyarakat. Tidak hanya puisi-puisi cinta, patah hati atau puisi-puisi cengeng saja yang bisa dibuat, tapi juga puisi-puisi yang berani mengrkitik penguasa dan pihak-pihak lain, yang harusnya bertanggung jawab terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Banyak penyair terutama di Borneo, yang bisa dan mampu menuliskan puisi-puisi kritik social/kemanusiaan.
Penerbit Tuas Media bekerjasama dengan Komunitas Sastra Borneo mengajak dan mengundang para penyair-penulis puisi  Borneo (yang terdiri dari tiga negara;  Brunai DarussalamIndonesia(Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah) Malaysia (Sabah, Labuan dan Sarawak) pria wanita semua golongan/ kalangan dan segala usia untuk ikut bergabung dalam sebuah antologi puisi bertemakan kritik sosial/ kemanusiaan.
Mari kita tunjukkan, penyair Borneo juga bisa kritis dan peduli dengan berbagai permasalahan social/kemanusiaan di sekitar.
Ketentuan Umum:
  • Penyair/penulis puisi  adalah mereka yang peduli terhadap masalah-masalah social/kemanusiaan
  • tidak ada batasan usia dan jenjang pendidikan
  • terbuka untuk umum khususnya penyair-penulis dari Borneo (yang terdiri dari tiga negara;  Brunai DarussalamIndonesia (Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah) Malaysia (Sabah, Labuan dan Sarawak).
Ketentuan Khusus:
  1. Puisi  belum pernah dipublikasikan di media cetak dan sesuai dengan tema tentang kritik social/kemanusiaan.
  2. Puisi tidak sedang diikutkan dalam sayembara atau sudah diterbitkan dalam antologi lainya.
  3. Puisi adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan atau plagiat.
  4. Puisi  diketik dengan komputer di atas kertas A4 dengan jarak spasi 1,5. Times New Roman, panjang naskah tidak dibatasi.
  5. Peserta menyertakan biodata narasi yang ditempatkan pada bagian akhir puisinya
  6. Memiliki akun FB dan memposting info undangan ini di catatan FB masing-masing dengan mengetag teman minimal 25 teman facebook. Sebelum mengirim puisi pastikan anda sudah tergabung di group Dialog Rumah sastra Borneo.
  7. Peserta hanya boleh mengirim maksimal 2 pusi terbaiknya.
  8. Naskah di kirim ke email: rumahsastraborneo@yahoo.co.id, dengan subjek: antologi puisi bersama tiga negaraNaskah dikirim paling lambat 25 April 2012 pukul 23.59 WIB.
  9. Pengumuman puisi terpilih pada tanggal 30 April  2012.
  10. Panitia hanya memilih 2 puisi terbaik dari masing-masing penyair.
Puisi-puisi yang masuk akan diseleksi oleh tim kurator yang ditunjuk. Tidak ada pungutan apa pun dalam pengiriman karya . Antologi ini direncakanan terbit secara POD.  Para penulis yang karyanya dimuat tidak mendapatkan royalti atau honorarium. Tetapi mendapatkan potongan harga jika membelinya. Yakni, pembelian pertama mendapatkan potongan 30% dari harga jual. dan 15% pada pembelian berikutnya.
Rencana Judul Buku:
  1. 1.      PENYAIR BORNEO MENGGUGAT
Antologi Puisi Bersama Tiga Negara 
  1. 2.      Atau judul lainnya, yang didiskusikan kemudian
Rencana Prolog :
-          Tajuddin Noor Ganie
-          Atau penyair dari Sabah, Labuan & Sarawak
Rencana Epilog :
-          Korrie Layun Rampan
-          Atau penyair dari Sabah, Labuan & Sarawak
Selamat Berkarya
Salam Sastra

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda