Q.1)
|
Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk
mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya
mengenalinya :
|
|
|
|
A.
|
jawaban pendek
|
|
B.
|
menjodohkan
|
|
C.
|
benar salah (Your Answer)
|
|
D.
|
pilihan ganda
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.2)
|
Berikut yang pemahaman PALING mendekati konsep perkembangan sosial
adalah
|
|
|
|
A.
|
kesediaan seseorang
untuk memberi sesuatu kepada orang
atau bergotong-royong (Your Answer)
|
|
B.
|
kemampuan anak untuk
menghafal nama-nama tokoh
|
|
C.
|
kemampuan anak berperilaku
sesuai dengan tuntutan
masyarakat
|
|
D.
|
kemampuan anak untuk
memberikan saran kepada temannya
yang minder
|
Q.3)
|
Hasil penelitian lainnya menunjukan bahwa informasi atau pengetahuan
yang paling banyak mengendap dalam ingatan seseorang, yaitu melalui
|
|
|
|
A.
|
Auditori
|
|
B.
|
Visualisasi
|
|
C.
|
Audiovisual (Your Answer)
|
|
D.
|
Audio
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.4)
|
Manakah kegiatan yang paling mungkin dilakukan oleh guru pada saat ia
ingin mengenalkan binatang kepada anak-anak
|
|
|
|
A.
|
Mendatangkan pawing
ular ke kelas
|
|
B.
|
Mengundang petugas
bonbin ke kelas
|
|
C.
|
Menampilkan berbagai
macam binatang melalui gambar (Your Answer)
|
|
D.
|
Menampilkan berbagai
macam binatang melalui gambar
|
Q.5)
|
Media pembelajaran dapat membantu terjadinya perluasan area of
experience guru dan anak, maksudnya ialah
|
|
|
|
A.
|
Guru memiliki daerah
pengalaman yang lebih luas dari pada
anak
|
|
B.
|
Daerah pengalaman
guru dan anak mendekati kesamaan’
|
|
C.
|
Pengalaman anak
menjadi lebih baik disbanding gurunya
|
|
D.
|
Anak menjadi lebih
banyak memperoleh pengalaman belajar (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.6)
|
Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa,
beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin,
tanggung jawab, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi
dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :
|
|
|
|
A.
|
Kompetensi
Paedagogik
|
|
B.
|
Kompetensi
Paedagogik
|
|
C.
|
Komppetensi
Kepribadian (Your Answer)
|
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.7)
|
Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu
|
|
|
|
A.
|
Membuat abstrak
konsep-konsep yang nyata
|
|
B.
|
Membangkitkan
motivasi belajar anak (Your Answer)
|
|
C.
|
Menumbuhkan
individualism anak dalam belajar
|
|
D.
|
Mengontrol ketepatan
mengajar guru
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.8)
|
Berikut ini adalah contoh implementasi dari tugas perkembangan
KECUALI
|
|
|
|
A.
|
anak mencapai berat
tubuh ideal (Your Answer)
|
|
B.
|
mengucap salam
dengan baik
|
|
C.
|
anak belajar
mengunyah makanan
|
|
D.
|
anak memegang pensil
dengan baik
|
Q.9)
|
Pentingnya media pemberlajaran di TK terutama dilandasi oleh
|
|
|
|
A.
|
Kecenderunagan anak
menyukai sesuatu yang dapat dilihat
|
|
B.
|
Lebih mudahnya guru
TK dalam melaksanakan proses
pembelajaran
|
|
C.
|
Kebutuhan anak TK
akan pendidikan yang berkualitas dan
menyenangkan
|
|
D.
|
Perkembangan anak
yang berada pada masa konkret (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.10)
|
Berikut ini BUKAN termasuk contoh perkembangan
|
|
|
|
A.
|
anak mampu berguling
kemudian tengkurap
|
|
B.
|
anak tumbuh gigi (Your Answer)
|
|
C.
|
anak mampu berlari
|
|
D.
|
anak memainkan lidah
dan meraban
|
Q.11)
|
Emosi menurut Goleman adalah
|
|
|
|
A.
|
Perasaan yang ada
dalam diri seseorang, berupa senang atau
tidak senang, benci atau cinta
|
|
B.
|
Berbagai perasaan
yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang
dan sedih
|
|
C.
|
Sebagai perasaan
atau afeksi yang melibatkan suatu campuran
antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak
tampak
|
|
D.
|
Merujuk pada suatu
perasaan atau pikiran-pikiran khasnya
suatu keadaan biologis dan psikologis, serta
serangkaian
kecenderungan untuk bertindak (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.12)
|
Bagaimanakah gambaran orang yang sosial?
|
|
|
|
A.
|
Orang yang
menginginkan kehadiran orang lain
|
|
B.
|
Orang yang kesepian jika
berada seorang diri di suatu tempat
|
|
C.
|
Orang yang merasa
puas semata-mata karena berada
bersama orang lain
|
|
D.
|
Orang yang
perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam
proses sosialisasi (Your Answer)
|
Q.13)
|
Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan
tentang
|
|
|
|
A.
|
rangkuman dan tindak
lanjut
|
|
B.
|
simpulan umum
|
|
C.
|
rekomendasi penulis
|
|
D.
|
simpulan dan saran (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.14)
|
APE dapat meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini adalah
ciri APE yang
|
|
|
|
A.
|
Multiguna (Your Answer)
|
|
B.
|
Konstruktif
|
|
C.
|
Kreatif
|
|
D.
|
Aman
|
Q.15)
|
Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk
tugas perkembangan emosi anak berusia
|
|
|
|
A.
|
5 tahun
|
|
B.
|
5 tahun 6 bulan (Your Answer)
|
|
C.
|
4 tahun
|
|
D.
|
4 tahun 6 bulan
|
Incorrect
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.16)
|
Perkembangan sosial adalah
|
|
|
|
A.
|
Penerimaan sosial
yang sesuai dengan tuntutan kelompok
|
|
B.
|
Perolehan kemajuan
berperilaku yang sesuai dengan tuntutan
sosial (Correct Answer)
|
|
C.
|
Belajar bergaul
dengan orang lain atau anak
|
|
D.
|
Penyesuaian sosial
sebagai anggota kelompok sosial (Your Answer)
|
Q.17)
|
Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya
yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan
tubuh, adalah
|
|
|
|
A.
|
Cerebral cortex
|
|
B.
|
Batang otak
|
|
C.
|
Cerebellum (Your Answer)
|
|
D.
|
Basal ganglia
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.18)
|
Berikut adalah implementasi metode pembiasaan dalam pembelajaran
kemampuan sosial
|
|
|
|
A.
|
mengucap salam saat
bertemu atau berpisah dengan sesama
teman dan guru (Your Answer)
|
|
B.
|
berhitung sebelum
memasuki ruang kelas untuk belajar
|
|
C.
|
berdoa sebelum
memulai aktivitas
|
|
D.
|
mencuci tangan
sebelum makan bersama
|
Q.19)
|
Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia
5-6 tahun adalah
|
|
|
|
A.
|
Mengajar membaca,
menulis dan berhitung
|
|
B.
|
Memberi kesempatan
pada anak untuk memperoleh
pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran (Your Answer)
|
|
C.
|
Memberikan pekerjaan
rumah agar anak dapat belajar di rumah
|
|
D.
|
Memberi pelajaran
sebagai persiapan masuk sekolah dasar
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.20)
|
Alat Permainan Edukatif untuk anak TK dapat didefinisakan sebagai
|
|
|
|
A.
|
Semua alat yang
digunakan anak TK untuk memenuhi
kebutuhan naluri bermainnya
|
|
B.
|
Alat permainan yang
sengaja dirancang untuk kebutuhan
pendidikan
|
|
C.
|
Alat permainan yang
dirancang secara khusus untuk
meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK (Your Answer)
|
|
D.
|
Alat permainan yang
popular di kalangan anak TK
|
Q.21)
|
Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
|
|
|
|
A.
|
kerja tim, melihat
peluang, peran dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga
|
|
B.
|
kepemimpinan,
relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
|
|
C.
|
berempati,
kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan,
kerja sama
|
|
D.
|
IQ yang tinggi,
relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.22)
|
Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :
|
|
|
|
A.
|
sudah diuji lapangan
|
|
B.
|
absah
|
|
C.
|
mahal
|
|
D.
|
merupakan ukuran
bakat (Your Answer)
|
Q.23)
|
Memanfaatkan sumber daya dapat meningkatkan motivasi belajar anak.
Hal tersebut disebabkan anak
|
|
|
|
A.
|
Senang karena
gurunya lebih banyak beristirahat
|
|
B.
|
Gembira karena
gurunya tidak terlalu banyak mengatur
|
|
C.
|
Merasa senang karena
banyak pilihan sumber untuk belajar (Your Answer)
|
|
D.
|
Bingung karena sumber
belajarnya terlalu banyak
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.24)
|
Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan
perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk
membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan
bahan dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem evaluasi yang tepat
dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini
termasuk dalam jenis kompetensi :
|
|
|
|
A.
|
Kompetensi
Paedagogik (Your Answer)
|
|
B.
|
Kompetensi Profesional
|
|
C.
|
Komppetensi
Kepribadian
|
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.25)
|
Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
|
|
|
|
A.
|
Faktor keturunan dan
lingkungan
|
|
B.
|
Faktor bawaan dan
pendidikan
|
|
C.
|
Faktor kematangan
dan belajar (Your Answer)
|
|
D.
|
Faktor intelektual
dan sosial
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.26)
|
Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada
orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada
setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal
tersebut termasuk jenis kompetensi :
|
|
|
|
A.
|
Kompetensi
Paedagogik
|
|
B.
|
Kompetensi
Profesional
|
|
C.
|
Kompetensi
Profesional
|
|
D.
|
Kompetensi Sosial (Your Answer)
|
Q.27)
|
Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
|
|
|
|
A.
|
Faktor keturunan dan
lingkungan
|
|
B.
|
Faktor bawaan dan
pendidikan
|
|
C.
|
Faktor kematangan
dan belajar (Your Answer)
|
|
D.
|
Faktor intelektual
dan sosial
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.28)
|
Guru tidak perlu mendatangkan obyek tertentu keruangan kelas karena
tidak memungkinkan dari segi pengadaannya. Pernyataan tersebut sesuai
dengan manfaat sumber belajar, yaitu sumber belajar dapat
|
|
|
|
A.
|
Memberikan informasi
yang akurat dan terbaru
|
|
B.
|
Memperluas wawasan
anak
|
|
C.
|
Meningkatkan
motivasi belajar anak
|
|
D.
|
Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indra (Your Answer)
|
Q.29)
|
Media pembelajaran merupakan bagian integral dari keseluruhan proses
pembelajaran
|
|
|
|
A.
|
Media pembelajaran
meletakkan dasar-dasar yang konkret
untuk melatih proses berfikir anak
|
|
B.
|
Posisi media
pembelajaran saling terkait dengan komponen
pembelajaran lainnya (Your Answer)
|
|
C.
|
Media pembelajaran
harus memungkinkan dapat mempercepat
proses belajar
|
|
D.
|
Media pembelajaran
memiliki fungsi ganda yaitu sebagai alat
bantu pendidikan dan fungsi hiburan
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.30)
|
Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret
1993, guru profesional dituntut memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut
dibawah ini, kecuali :
|
|
|
|
A.
|
Guru mempunyai
relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain (Your Answer)
|
|
B.
|
Guru mempunyai
komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
|
|
C.
|
Guru menguasai
secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara
mengajarkannya kepada para siswa.
|
|
D.
|
Guru bertanggung
jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai
cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar.
Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa
melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku
siswa sampaites hasil belajar.
|
Q.31)
|
Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
|
|
|
|
A.
|
Menggambar dengan
gerakan naik turun bersambung (seperti
gunung atau bukit) (Your Answer)
|
|
B.
|
Menggambar garis
lingkaran dan garis silang (garis tegak dan
datar)
|
|
C.
|
Menggambar garis
lurus
|
|
D.
|
Menggambar
coret-coretan
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.32)
|
Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih
menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
|
|
|
|
A.
|
Pengasuhan
permissive-indulgent
|
|
B.
|
Pengasuhan
otoritatif (Your Answer)
|
|
C.
|
Pengasuhan
permissive-indefferent
|
|
D.
|
Pengasuhan otoriter
|
Q.33)
|
Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di
dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
|
|
|
|
A.
|
Ekuilibrium
|
|
B.
|
Akomodasi
|
|
C.
|
Adaptasi
|
|
D.
|
Asimilasi (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.34)
|
Pernyataan yang salah di bawah ini adalah :
|
|
|
|
A.
|
antara PAP dan PAN,
masing-masing memiliki kelebihan
|
|
B.
|
antara PAP dan PAN,
masing-masing memiliki kelemahan
|
|
C.
|
pernyataan keduanya
benar
|
|
D.
|
pernyataan keduanya
salah (Your Answer)
|
Q.35)
|
Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi
anak?
|
|
|
|
A.
|
Keluarga sebagai
lingkungan sosial pertama kali dan anak
menerima pendidikan pertama dan utama (Your Answer)
|
|
B.
|
Keluarga mempunyai
kewajiban mendidik anak-anaknya
|
|
C.
|
Keluarga mempunyai
kewajiban memberikan kasih sayang kepada
anak-anaknya
|
|
D.
|
Keluarga merupakan
kelompok kecil yang anggota-anggotanya
berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.36)
|
Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para
anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang
yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan
pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :
|
|
|
|
A.
|
Kompetensi
Paedagogik
|
|
B.
|
Kompetensi
Profesional (Your Answer)
|
|
C.
|
Komppetensi
Kepribadian
|
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.37)
|
Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
|
|
|
|
A.
|
Kematangan dan
pengendalian gerakan tubuh
|
|
B.
|
Melibatkan fungsi-fungsi
atau modalitas otak lainnya
|
|
C.
|
Keterampilan dan
kemampuan mengingat gerak yang sesuai
dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
|
|
D.
|
Sifat dasar genetik
termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.38)
|
Proses sosialisasi adalah
|
|
|
|
A.
|
Menyesuaikan
perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
|
|
B.
|
Memainkan peran
sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial
|
|
C.
|
Belajar berperilaku
yang dapat diterima setiap kelompok sosial (Your Answer)
|
|
D.
|
Belajar berperilaku
yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima
|
Q.39)
|
Pernyataan yang benar adalah :
|
|
|
|
A.
|
kedua pernyataan di
bawah salah
|
|
B.
|
kedua pernyataan di
bawah salah
|
|
C.
|
kekurangannya yakni
pada patokan yang digunakan dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru
yang bersangkutan
|
|
D.
|
pernyataan di atas
semuanya benar (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.40)
|
Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis
karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya
tulis ilmiah mempunayi komponen
|
|
|
|
A.
|
daftar pustaka (Your Answer)
|
|
B.
|
abstrak
|
|
C.
|
daftar tabel
|
|
D.
|
lampiran
|
Q.41)
|
Emosi menurut Goleman adalah
|
|
|
|
A.
|
Perasaan yang ada
dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
|
|
B.
|
Berbagai perasaan
yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
|
|
C.
|
Sebagai perasaan
atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan
perilaku yang tidak tampak
|
|
D.
|
Merujuk pada suatu
perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan
psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.42)
|
Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang
perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
|
|
|
|
A.
|
Pengaturan
(regulation)
|
|
B.
|
Komunikasi
(communication) (Your Answer)
|
|
C.
|
Kelangsungan hidup
(survival)
|
|
D.
|
Penyesuaian diri
(adaptation)
|
Q.43)
|
Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
|
|
|
|
A.
|
mutu evaluasi
bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan
pengukuran
|
|
B.
|
mutu evaluasi
bergantung pada mutu asesmen
|
|
C.
|
mutu evaluasi
bergantung pada tes dan pengukuran
|
|
D.
|
pernyataan a, b dan
c salah (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.44)
|
Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang
perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
|
|
|
|
A.
|
Pengaturan
(regulation)
|
|
B.
|
Komunikasi
(communication) (Your Answer)
|
|
C.
|
Kelangsungan hidup
(survival)
|
|
D.
|
Penyesuaian diri
(adaptation)
|
Q.45)
|
Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi
atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan
.................................
|
|
|
|
A.
|
Tahap pengetahuan
(kowledge)
|
|
B.
|
Tahap bujukan
(persuasion) (Your Answer)
|
|
C.
|
Tahap pengembalian
keputusan (decision making)
|
|
D.
|
Tahap implementasi
(implementation)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.46)
|
Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa
dalam konteks komunikatif adalah
|
|
|
|
A.
|
Morfologi
|
|
B.
|
Fonologi
|
|
C.
|
Semantik
|
|
D.
|
Pragmatik (Your Answer)
|
Q.47)
|
Permainan peran yang di dalamnya guru mempersiapkan skenario disebut
|
|
|
|
A.
|
role-play
|
|
B.
|
sosiodrama
|
|
C.
|
drama bebas
|
|
D.
|
drama terpimpin (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.48)
|
Secara harafiah media berarti
|
|
|
|
A.
|
Perantara
Perantara (Your Answer)
|
|
B.
|
Sumber pesan
|
|
C.
|
Penerima pesan
|
|
D.
|
Metode pembelajaran
|
Q.49)
|
Ciri-ciri evaluasi yang baik adalah :
|
|
|
|
A.
|
keefektifan dan
efisiensi
|
|
B.
|
objektifitas dan
integritas
|
|
C.
|
keshahihan dan
keandalan
|
|
D.
|
komprehensif dan
kooperatif (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.50)
|
Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan
|
|
|
|
A.
|
Praoperasional (Your Answer)
|
|
B.
|
Formal operasional
|
|
C.
|
Konkrit operasional
|
|
D.
|
Sensorimotor
|
Q.51)
|
Perkembangan motorik adalah....................
|
|
|
|
A.
|
Gerakan yang
dilakukan oleh seluruh tubuh
|
|
B.
|
Perkembangan dari
unsur kematangan dan pengendalian
gerakan tubuh (Your Answer)
|
|
C.
|
Berkembang sejalan
dengan kematangan saraf dan otot
|
|
D.
|
Hasil pola interaksi
yang kompleks dari berbagai bagian dan
sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.52)
|
Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau
pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi
memiliki persyaratan tertentu seperti dibawah ini, kecuali :
|
|
|
|
A.
|
menuntut adanya
keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang
mendasar
|
|
B.
|
menekankan pada
suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
|
|
C.
|
memiliki tingkat
pendidikan setingkat Doktor (Your Answer)
|
|
D.
|
menuntut tingkat
pendidikan yang memadai
|
Q.53)
|
Yang tidak termasuk kreativitas adalah
|
|
|
|
A.
|
Kemampuan seseorang
untuk menghasilkan komposisi, produk
atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan
sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
|
|
B.
|
Dapat berupa
kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang
hasilnya bukan hanya perangkuman
|
|
C.
|
Cara berpikir yang
bersifat logis/rasional, analitis, konvergen,
teratur, dan linier (Your Answer)
|
|
D.
|
Cara berpikir yang
bersifat divergen, intuitif, holistik,
multidimensional, dan human
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.54)
|
Pengembangan kreativitas akan berhasil jika
|
|
|
|
A.
|
Pelaksanaan
pembelajaran pada anak usia dini berorientasi
pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung,
maka fungsi
imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan
|
|
B.
|
Membebani belahan
otak kiri pada anak dengan tugas-tugas
hafalan dan bersifat akademis
|
|
C.
|
Pembelajaran pada
anak usia dini dilaksankan secara seimbang
dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak (Your Answer)
|
|
D.
|
Pembelajaran anak
usia dini kurang memberikan kebebasan
|
Q.55)
|
Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur
perilaku kreatif :
|
|
|
|
A.
|
penilaian produk
|
|
B.
|
benar salah
|
|
C.
|
pilihan ganda
|
|
D.
|
menjodohkan (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.56)
|
Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari
yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini
adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
|
|
|
|
A.
|
pendidikan
|
|
B.
|
kebudayaan
|
|
C.
|
pemulung (Your Answer)
|
|
D.
|
informatika
|
Q.57)
|
Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
|
|
|
|
A.
|
pendahuluan, inti
(pokok pembahasan), dan penutup (Your Answer)
|
|
B.
|
pendahuluan,
abstrak, bagian inti, simpulan
|
|
C.
|
abstrak,
pendahuluan, bagian inti, simpulan
|
|
D.
|
abstrak, bagian
inti, penutup
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.58)
|
Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki
kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah
|
|
|
|
A.
|
Sosiokultural
|
|
B.
|
Genetik (Your Answer)
|
|
C.
|
Behavioristik
|
|
D.
|
Konstruktivistik
|
Q.59)
|
Berikut ini pernyataan mana yang paling benar
|
|
|
|
A.
|
Peran media dalam
proses pembelajaran di TK, adalah sebagai
alat bantu guru mengajar
|
|
B.
|
Tujuan utama
penggunaan media pembelajaran di TK, adalah
terjadinya proses belajar pada diri anak (Your Answer)
|
|
C.
|
Media pembelajaran
di TK identik dengan segala peralatan yang
dugunakan dalam proses pembelajaran
|
|
D.
|
Guru merupakan pihak
yang paling berkepentingan dalam
pemanfaatan media pembelajaran di TK
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.60)
|
Salah satu unsur kreativitas adalah
|
|
|
|
A.
|
Merupakan suatu cara
berpikir, tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain
berpikir (Your Answer)
|
|
B.
|
Mempunyai maksud dan
tujuan yang ditentukan, bukan fantasi
semata
|
|
C.
|
Ditandai oleh banyak
(lebih dari satu) kemungkinan jawaban
dalam menghadapi persoalan
|
|
D.
|
Dapat berbentuk
produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau
bersifat prosedural/metodologis
|
Q.61)
|
Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih
menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
|
|
|
|
A.
|
Pengasuhan
permissive-indulgent
|
|
B.
|
Pengasuhan
otoritatif (Your Answer)
|
|
C.
|
Pengasuhan
permissive-indefferent
|
|
D.
|
Pengasuhan otoriter
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.62)
|
Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
|
|
|
|
A.
|
sikap penulis
|
|
B.
|
panjang tulisan (Your Answer)
|
|
C.
|
struktur sajian
|
|
D.
|
penggunaan bahasa
|
Q.63)
|
Salah satu bentuk permainan anak adalah bermain sejajar, maksudnya
adalah
|
|
|
|
A.
|
guru meminta anak
bermain berpasang-pasangan
|
|
B.
|
guru meminta anak
bermain berhadapan
|
|
C.
|
anak bermain bersama
dan bekerjasama membuat satu objek
|
|
D.
|
anak bermain bersama
namun tidak saling kerjasama (Your Answer)
|
Incorrect
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.64)
|
Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain
termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia
|
|
|
|
A.
|
5 tahun (Correct Answer)
|
|
B.
|
5 tahun 6 bulan (Your Answer)
|
|
C.
|
4 tahun
|
|
D.
|
4 tahun 6 bulan
|
Q.65)
|
Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui
interaksi dengan dunia sekitar disebut
|
|
|
|
A.
|
Strukturalisme
|
|
B.
|
Konstruktivisme (Your Answer)
|
|
C.
|
Behaviorisme
|
|
D.
|
Progressivisme
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.66)
|
Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally
Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak
usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah
|
|
|
|
A.
|
Membuat lingkungan
yang saling asuh
|
|
B.
|
Pembelajaran untuk
membantu perkembangan dan belajar anak
|
|
C.
|
Menyusun kurikulum
yang sesuai
|
|
D.
|
Memacu perkembangan
anak dengan memberikan pelajaran
baca dan menulis (Your Answer)
|
Q.67)
|
Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali :
|
|
|
|
A.
|
objektivitas
|
|
B.
|
kontinuitas (Your Answer)
|
|
C.
|
integritas
|
|
D.
|
keefektifan
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.68)
|
Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling
mengait seperti di bawah ini, kecuali :
|
|
|
|
A.
|
Pengelolaan
pembelajaran
|
|
B.
|
tingkat Kecerdasan
yang tinggi (Your Answer)
|
|
C.
|
pengembangan profesi
|
|
D.
|
penguasaan akademik.
|
Q.69)
|
Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui
interaksi dengan dunia sekitar disebut
|
|
|
|
A.
|
Strukturalisme
|
|
B.
|
Konstruktivisme (Your Answer)
|
|
C.
|
Behaviorisme
|
|
D.
|
Progressivisme
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.70)
|
Proses sosialisasi adalah.................
|
|
|
|
A.
|
Menyesuaikan
perilaku dengan patokan yang dapat diterima
setiap kelompok sosial
|
|
B.
|
Memainkan peran
sosial yang dapat diterima setiap kelompok
sosial
|
|
C.
|
Belajar berperilaku
yang dapat diterima setiap kelompok sosial (Your Answer)
|
|
D.
|
Belajar berperilaku
yang dapat diterima setiap kelompok sosial
|
Q.71)
|
Berikut adalah salah satu contoh tugas perkembangan sosial di taman
kanak-kanak
|
|
|
|
A.
|
anak tidak malu
bercerita di depan kelas
|
|
B.
|
anak saling bertukar
alat main dengan temannya (Your
Answer)
|
|
C.
|
anak mampu mengitung
jumlah temannya yang hadir dan yang
absen
|
|
D.
|
anak mampu
menyebutkan anggota keluarganya
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.72)
|
Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau
jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :
|
|
|
|
A.
|
Memiliki keahlian
khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi
|
|
B.
|
Memiliki tujuan yang
jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk
masa depannya. (Your Answer)
|
|
C.
|
Kemampuan untuk
memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
|
|
D.
|
Penghasilan yang
memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.
|
Q.73)
|
Pemanfaatan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran anak TK
memiliki berbagai manfaat, antara lain
|
|
|
|
A.
|
Kegiatan belajar
anak menjadi kurang menarik
|
|
B.
|
Kegiatan belajar
anak tidak menyenangkan
|
|
C.
|
Pengetahuan anak
tidak bertambah
|
|
D.
|
Motivasi belajar
anak semakin meninggkat (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.74)
|
Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan
kreativitas adalah
|
|
|
|
A.
|
Pribadi
|
|
B.
|
Pendorong
|
|
C.
|
Proses
|
|
D.
|
Prosedur (Your Answer)
|
Q.75)
|
Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan
tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang
merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
|
|
|
|
A.
|
fakta atau kenyataan
|
|
B.
|
argumentasi (Your Answer)
|
|
C.
|
teori yang diakui
kebenarannya
|
|
D.
|
data empirik/hasil
penelitian
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.76)
|
Hal yang harus diperhatikan dari sisi guru pada saat akan menggunakan
metode bercerita adalah
|
|
|
|
A.
|
jenis cerita (Your Answer)
|
|
B.
|
tema cerita
|
|
C.
|
penguasaan karakter
tokoh cerita
|
|
D.
|
pengaturan tempat
duduk
|
Q.77)
|
Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah
|
|
|
|
A.
|
Susunan kata,
organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat
|
|
B.
|
Suatu pengertian
yang mengacu pada susunan internal yang
terdapat dalam sebuah kata
|
|
C.
|
Suatu sistem aturan
yang mengatur suatu pengertian atau visi
dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata (Your Answer)
|
|
D.
|
Berkaitan dengan
kaidah yang membentuk struktur, distribusi
dan urutan ujaran, dan susunan suku kata
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.78)
|
Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal
:
|
|
|
|
A.
|
penilaian produk
|
|
B.
|
benar salah (Your Answer)
|
|
C.
|
pilihan ganda
|
|
D.
|
menjodohkan
|
Q.79)
|
Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari
satu tahun?
|
|
|
|
A.
|
Mendengarkan orang
dewasa berbicara
|
|
B.
|
Meniru ucapan orang
dewasa
|
|
C.
|
Memperhatikan muka orang
dewasa dan menanggapi dengan
bahasa mereka (Your Answer)
|
|
D.
|
Bermain-main dengan
bunyi (mengoceh)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.80)
|
Bahan ajar yang cocok untuk anak TK pada prinsipnya harus memenuhi
beberapa hal, antara lain
|
|
|
|
A.
|
Kompleks
|
|
B.
|
Abstrak
|
|
C.
|
Konkret (Your Answer)
|
|
D.
|
Tidak berwarna
|
Q.81)
|
Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun
|
|
|
|
A.
|
Melompat-lompat
dengan kaki bergantian (Your Answer)
|
|
B.
|
Melompat dengan dua
kaki sekaligus di atas bak/ hamparan
pasir
|
|
C.
|
Melompati parit
|
|
D.
|
Melompat dengan satu
kaki
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.82)
|
Fungsi utama media dalam proses pembelajaran di TK, yaitu
|
|
|
|
A.
|
Membantu mempermudah
guru dalam melaksanakan
pembelajaran
|
|
B.
|
Memancing perhatian
anak dalam proses pembelajaran (Your Answer)
|
|
C.
|
Mengurangi
terjadinya verbalisme dalam diri siswa
|
|
D.
|
Sebagai alat bantu
guru dalam mengarahkan anak belajar
|
Q.83)
|
Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
|
|
|
|
A.
|
tes adalah awal dari
evaluasi
|
|
B.
|
tes adalah bagian
dari pengukuran
|
|
C.
|
tes adalah sebuah
instrumen
|
|
D.
|
ketiga pernyataan
benar (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.84)
|
Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang
akan mengalami emosi
|
|
|
|
A.
|
Marah (Your Answer)
|
|
B.
|
Gembira atau senang
|
|
C.
|
Sedih
|
|
D.
|
Takut
|
Q.85)
|
Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda
dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam
mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
|
|
|
|
A.
|
Santosa S. Hamidjaja (Your Answer)
|
|
B.
|
Mattew B. Milers
|
|
C.
|
Sumantri Mulyani
|
|
D.
|
Rabbin
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.86)
|
Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah
|
|
|
|
A.
|
Mempunyai kekuatan
energi fisik yang memungkinkan mereka
bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi
juga bisa
tenang dan rileks, bergantung pada situasinya
|
|
B.
|
Mempunyai kemampuan
untuk melihat bermacam-macam
kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah (Your Answer)
|
|
C.
|
Sangat bersemangat
(passionate) bila menyangkut karya
mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian
karyanya
|
|
D.
|
Sikap keterbukaan
dan sensitivitas sering membuatnya
menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan
terhadap
hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga
merasakan
kegembiraan yang luar biasa
|
Q.87)
|
Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
|
|
|
|
A.
|
Menggambar dengan
gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)(Your Answer)
|
|
B.
|
Menggambar garis
lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar) (Correct Answer)
|
|
C.
|
Menggambar garis
lurus
|
|
D.
|
Menggambar
coret-coretan
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.88)
|
Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa
yang bersifat
|
|
|
|
A.
|
resmi
|
|
B.
|
baku (Your Answer)
|
|
C.
|
impersonal
|
|
D.
|
personal
|
Q.89)
|
Perkembangan sosial adalah
|
|
|
|
A.
|
Penerimaan sosial
yang sesuai dengan tuntutan kelompok
|
|
B.
|
Perolehan kemajuan
berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
|
|
C.
|
Belajar bergaul
dengan orang lain atau anak
|
|
D.
|
Penyesuaian sosial
sebagai anggota kelompok sosial (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.90)
|
Anak memiliki keinginan dan semangat belajar yang tinggi, bergairah
dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Hal tersebut menunjukan bahwa
sumber belajar bermanfaat untuk
|
|
|
|
A.
|
Memberikan informasi
yang akurat dan terbaru
|
|
B.
|
Memperluas wawasan
anak
|
|
C.
|
Memperluas wawasan
anak (Your Answer)
|
|
D.
|
Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indra
|
Q.91)
|
Penerima pesan dalam proses komunikasi pembelajaran di TK disebut
|
|
|
|
A.
|
Communicator
|
|
B.
|
Communicant (Your Answer)
|
|
C.
|
Messages
|
|
D.
|
Sources
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.92)
|
Mengapa keluarga mempunyai
peran penting dalam proses sosialisasi
anak?
|
|
|
|
A.
|
Keluarga sebagai
lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan
utama (Your Answer)
|
|
B.
|
Keluarga mempunyai
kewajiban mendidik anak-anaknya
|
|
C.
|
Keluarga mempunyai
kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
|
|
D.
|
Keluarga merupakan
kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan
relatif tetap
|
Q.93)
|
Berikut ini adalah contoh perkembangan individu yang terkait dengan
budaya
|
|
|
|
A.
|
anak memegang pensil
dengan benar
|
|
B.
|
anak berjalan di
atas titian secara seimbang
|
|
C.
|
anak mampu berbicara
dengan bahasa yang halus (Your Answer)
|
|
D.
|
anak mampu
menggunakan egrang
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.94)
|
Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang
akan mengalami emosi
|
|
|
|
A.
|
Marah (Your Answer)
|
|
B.
|
Gembira atau senang
|
|
C.
|
Sedih
|
|
D.
|
Takut
|
Q.95)
|
Berikut ini dalah contoh sumber belajar yang dapat memberikan
informasi yang akurat dan terbaru, kecuali
|
|
|
|
A.
|
Buku bacaan
|
|
B.
|
Majalah untuk anak
|
|
C.
|
Nara sumber
|
|
D.
|
Cerita rakyat (Your Answer)
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.96)
|
Guru haruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung
jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis
kompetensi :
|
|
|
|
A.
|
Kompetensi
Paedagogik
|
|
B.
|
Kompetensi
Profesional
|
|
C.
|
Komppetensi
Kepribadian (Your Answer)
|
|
D.
|
Kompetensi Sosial
|
Q.97)
|
Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana
penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik
dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain
disebut . . . .
|
|
|
|
A.
|
Heterofil (Your Answer)
|
|
B.
|
Homofil
|
|
C.
|
Holomofil
|
|
D.
|
Homogen
|
Correct
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.98)
|
Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di
dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
|
|
|
|
A.
|
Ekuilibrium
|
|
B.
|
Akomodasi
|
|
C.
|
Adaptasi
|
|
D.
|
Asimilasi (Your Answer)
|
Q.99)
|
Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan
yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
|
|
|
|
A.
|
4-5 tahun (Your Answer)
|
|
B.
|
2-3 tahun
|
|
C.
|
3-4 tahun
|
|
D.
|
5-6 tahun
|
Incorrect
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.100)
|
Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan
yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
|
|
|
|
A.
|
4-5 tahun (Your Answer)
|
|
B.
|
2-3 tahun
|
|
C.
|
3-4 tahun
|
|
D.
|
5-6 tahun (Correct Answer)
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda