27 October 2013

Kunjungan ke Pabrik Teh Sosro



Videonya bisa dilihat dihttp://youtu.be/GLp2lUHD6ps dan http://youtu.be/P8Beh9tk8cs


Sabtu, 26 Oktober 2013 pk. 08.00 WIB siswa-siswi TK Islam Miftahul Ulum Gumayun Kab. Tegal berkumpul di halaman sekolah. Setelah berdoa bersama, mereka berangkat dengan menggunakan mobil angkot dan didampingi  oleh Dewan Guru. Sesampai di PT. Gunung Slamat, anak-anak berjalan menyusuri tempat-tempat pembuatan teh dengan dipandu oleh Bapak David dan Bapak Ari. Yang dikenalkan pertama kali adalah tempat pemilihan teh dan penjemuran teh. Setelah itu menuju ke tempat pengepakan teh, dari cara tradisional hingga cara modern, seperti teh celup dan teh botol. Setelah keliling pabrik, anak-anak dan dewan guru menikmati minuman teh  yang telah disajikan oleh karyawan pabrik. Dewan guru juga sempat memberikan kenang-kenangan kepada Bapak David selaku pimpinan perusahaan. Setelah itu anak-anak beserta dewan guru foto bersama di depan taman PT. Gunung Slamat, kemudian pulang menuju sekolah kembali.
Sejarah berdirinya Pabrik Teh Sosro:
SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni SOSRODJOJO.
Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.
Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.
Bisnis SOSRO sampai dengan saat ini sudah dijalankan oleh tiga Generasi SOSRODJOJO yakni :

* Generasi Pertama (Pendiri Grup Sosro) :

o Bapak Sosrodjojo (Alm.)

* Generasi Kedua

o Bapak Soemarsono Sosrodjojo (Alm.)

o Bapak Soegiharto Sosrodjojo

o Bapak Soetjipto Sosrodjojo

o Bapak Surjanto Sosrodjojo

* Sejak awal tahun 1990, bisnis ini telah mulai dikelola oleh cucu Bapak Sosrodjojo atau dapat juga disebut dengan Generasi Ketiga.

Pengembangan bisnis minuman teh selanjutnya dilakukan oleh dua perusahaan :
* PT. SINAR SOSRO, perusahan yang memproduksi Teh Siap Minum Dalam Kemasan. Produk-produknya adalah Tehbotol Sosro, Fruit Tea Sosro, Joy Tea Green Sosro, TEBS, Happy Jus, dan Air Minum Prim-A.

* PT. GUNUNG SLAMAT, perusahaan yang memproduksi Teh Kering Siap Saji. Produk-produknya adalah Teh Celup Sosro, Teh Cap Botol, Teh Poci, Teh Terompet, Teh Sadel, Teh Sepatu dan Teh Berko, PT. GUNUNG SLAMAT mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand Award 2008 untuk kategori Teh Celup. (Sumber:
http://www.apasih.com/2011/04/inilah-sejarah-singkat-teh-botol-sosro.html)

Baca juga di: http://www.sosro.com/sejarah-bisnis.php





























































































No comments:

Post a Comment

Komentar Anda