30 November 2013

Science Fiction

Materi FLP

Science Fiction
a.       Science Fiction atau Cerita Rekaan Ilmu yaitu suatu cerita dalam bentuk fantasi berdasarkan hipotesis yang masuk akal, dimana keilmun ilmiah, data-data mutakhir yang konsekwen dikemas secara hayal.
b.      Karakteristik Cerita Science Fiction:
a. Memiliki alur penceritaan yang normal, atraktif,  dan logis (mendekati realita).
b. Gaya bercerita mengalir dengan landasan pengetahuan dan bersifat membangun.
c. Gaya penyampaian selalu mengaitkan dengan data dan keilmuan ilmiah.
d.                        Karakter tokoh dibangun dalam tataran intelektual yang mapan. Kalaupun tidak, alur menuntut tokoh untuk terlibat dalam proses intelektual cerita.
c.       Proses menulis Cerita Science Fiction:
a. Menentukan tema cerita : Tema cerita sangat menentukan dalam membantu penulis untuk mencari referensi dalam menguatkan ceritanya
b.Menentukan Genre (aliran) cerita : Contohnya, Petualangan;kisah hidup;pertempuran.
Aliran cerita sangat berpengaruh terhadap gaya penyampaian penulis, baik dalam pemilihan diksi, konflik, dan karakter tokoh.
c. Menambah referensi pengetahuan yang dapat mendukung terhadap genre dan tema cerita yang diangkat. (Ensiklopedia, Buku pintar, dan buku pengetahuan lainnya; intinya banyak baca!)
d.                        Membangun karakter tokoh dalam alur intelektual cerita. Contoh : Jos adalah seorang hacker muda yang bekerja dalam sebuah lembaga pengembangan keamanan data sebuah negara.

e. Pengolahan gaya penyampaian cerita dengan data-data dan keilmuan dikemas konsisten hingga akhir cerita. 

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda