16 August 2010

(Dibutuhkan Kontributor Naskah) ONE DAY IN LIBRARY : Kisah Seru di Perpustakaan

(Dibutuhkan Kontributor Naskah) ONE DAY IN LIBRARY : Kisah Seru di Perpustakaan

oleh Naqiyyah Syam Full pada 11 Agustus 2010 jam 7:48

Dalam rangka memperingati HARI KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN di Indonesiayang jatuh pada tanggal 14 September (sumber:http://www.annida-online.com/aksara/perpustakaan-kita-dari-mana-dan-mau-ke-mana.html maka saya ingin menyusun sebuahbuku dengan judul ONE DAY IN LIBRARY yang berisi tentang berbagai Kisah Serudi Perpustakaan.

Proyek ini adalah kelanjutan dari Lomba Kisah Seru di Perpustakaan yang sayaadakan pada awal tahun 2009 yang lalu, namun setelah terkumpul sebanyak 164 naskah dan sudahdiumumkan pemenangnya (juga dikirimkan hadiahnya) ternyata saya "mandeg" karena mendapatamanah penting dari Allah SWT yaitu berupa kehamilan ke-4 yang menghasilkan buah hati ke-3 pada awal tahun 2010. Saat ini, anak saya yang paling kecil tersebut sudah berusia 6 bulan jalan, dan saya sangat berhasrat untuk menuntaskan kumpulan naskah ini disusun menjadi sebuah buku.

Setahun yang lalu, banyak yang mencantumkan pengumuman lomba Kisah Seru di Perpustakaan ini antara lain :http://flpdepok.multiply.com/calendar/item/10044/Lomba_Menulis_Kisah_Seru_Di_Perpustakaan_http://www.goodreads.com/topic/show/96886-lomba-menulis-kisah-seru-di-perpustakaanSaya juga surprise karena info lomba ini bisa masuk ke situs Goodread, siapa yang posting ya? :)Sumber aslinya, adalah blog saya sendiri di http://robida.multiply.com/

Oh ya, karena kumpulan naskah terdahulu yang sudah masuk mengalami trouble dalam penyimpanan file-nya ... saya mohon ma'af bagi peserta yang dulu sudah mengirim naskahkarena untuk saat ini saya akan memulai dari awal dalam mengumpulkan dan menyeleksinaskah.

Bagi yang merasa dulu sudah mengirim sebagai peserta lomba, dapat mengirim ulangnaskah yang lama plus naskah yang baru sesuai persyaratan yang berlaku saat ini. Berikut iniadalah persayaratan mengirim naskah :

1. Kontributor menjadi teman Ida Mulyani Robit di Facebook.

2. Kontributor bersedia mengirimkan naskah tanpa honor, hanya mendapatkan 1 eksemplarbuku yang diterbitkan & hadiah paket sabun herbal serai plus (sabun perawatan alami & murniplus aromatherapy). Perjanjian menyusul setelah lolos seleksi naskah.

3. Mengirim naskah yang lucu/kocak/gokil, mengharukan/ sedih, menyebalkan/ memuakkan, membahagiakan, mengagumkan, dsb. Pokoknya yang seru dech!!! Settingnya di : Perpustakaan (semua jenis Perpustakaan) . Sebenarnya, gaya penulisan bebas bertanggung jawab sih, asal menarik! Lebih disukai yang mengikuti EYD dan sudah diedit terdahulu oleh penulis. Jenis tulisan sebaiknya essai (bukan cerpen seperti yang dulu saya cantumkan di syarat lomba).

4. Kisah ini diharapkan kejadian nyata atau True Story (bukan imajinasi atau khayalan)yang bisa bikin ngakak atau bikin terbawa perasaan lainnya (kaget/suprprise, sedih, kesal, dsb.) Subjek atau objek dalam cerita tidak harus sebagai pustakawan, tetapi juga bisa sebagai pemakai (pengalaman waktu mengunjungi perpustakaan ketika duduk di bangku SD sampai kuliah dst. Kalau TK gak usah dulu dech ya ...)

5. Cantumkan alamat e-mail & no. HP yang aktif (untuk dihubungi).- Jumlah halaman : minimal 2 lembar, maksimal 4 lembar.- Font : Times New Roman, spasi 1,5, kertas Quarto/A4.- Dikirim dengan attachement (file : RTF)- Tambahkan lembar khusus Biodata Penulis yang singkat & padat tapi keren!- Boleh dilampirkan juga foto paling keren penulis (terbaru).- Kalau bisa nama asli dicantumkan, meskipun memakai nama samaran.

6. Agar buku ini menarik & tidak membosankan, diharapkan kisahnya yang unik dan tidakpasaran serta penulisannya runtun (terkonsep dari awal sampai akhir), tidak bertele-tele,ada konflik menarik dan klimaksnya seru! Jika ada uraian yang kira-kira umum dialami olehbanyak orang, disingkat saja tidak usah panjang-panjang. Perasaan khusus terhadap sebuahorganisasi kecil yang bernama Perpustakaan juga dibebaskan, boleh mencintai atau membenci.Bisa juga netral, yang penting punya kisah menarik & seru di Perpustakaan (pada suatu hari).

7. Buku ini akan diterbitkan secara indie di bawah "label" ==> Hosophos Script Publishing.Kirimkan naskah anda berupa attachement RTF ke alamat e-mail berikut ini :hosophos_script@yahoo.com paling lambat 2 minggu setelah undangan ini (4 Agustus 2010)yaitu tepatnya 18 Agustus 2010 (deadline). Pengumuman naskah yang lolos tgl 20 Agustus 2010 bertepatan dengan ulang tahun ke-71 Ibunda saya tercinta.

8. Tidak ada surat-menyurat melalui media apa pun dengan saya. Kirimkan 1 judul naskah yang terbaik dari tulisan Kontributor.

9. Keuntungan dari penjualan buku ini akan disalurkan untuk sumbangan sosial kepada pihakyang berhak mendapatkannya (diutamakan anak Yatim) dan Insya Allah amanah. Jadi jika ikut menjadi Kontributor buku ini juga sekaligus beramal, amiiin ...

10. Boleh menyebarkan info lomba ini, dan diharapkan mengikuti jadwal deadline yang singkatini, untuk mengejar target terbit yang semakin cepat! Ingat syarat : jadi teman saya dulu di FB.Demikian info dari saya, teman-teman ... kalau ada pertanyaan bisa ketik di komen supaya bisa dibaca oleh semuanya ya? Terima kasih.

AYO BURUAN, DITUNGGU NASKAHNYA !!!JANGAN SAMPAI GAK IKUT, APALAGI YANG "FAMILIAR" SAMA PERPUSTAKAAN !!!Salam Perpustakaan,Ida Mulyani, S.Hum(Mantan Pustakawati)

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda