28 September 2011

Cara Agar Menulis Tidak Membosankan


(Oleh: Citra Widayanti, Dari: Kelas Cendol)

Kita akan membahas tentang: Cara Agar Menulis Tidak Membosankan.

Terkadang, sebagai penulis, kita menemui berbagai macam kendala. Termasuk bosan dalam menulis. Asal kalian tahu, saya juga pernah mengalami yang namanya bosan menulis. Di antara 4.000+ cendolers, pasti ada yang pernah mengalami pengalaman seperti saya, kan?
Nah, bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Cara mengatasinya dari saya adalah :

PERTAMA, tekanlah rasa malas! Salah satu pemicu bosan akan menulis adalah rasa malas situ sendiri! Tanamkan semangat yang menggebu-gebu dan motivasilah diri sendiri!

KEDUA, begitu punya ide, segera tuliskan! Entah itu di kertas, komputer, buku diary, atau media apapun yang bisa ditulis. Tuliskan pokok-pokok ide, agar tidak lupa.

KETIGA, jangan pedulikan typo, diksi yang kurang indah, dan kekurangan lainnya! Teruskan menulis kalau masih mampu, jangan ada kata menyerah sebelum berhasil menyelesaikan karya kita!

KEEMPAT, atur jadwal menulis. Dan patuhilah jadwalmu sendiri. Misalnya, menulis setiap hari Kamis selama dua jam, dari jam 16.00 WIB sampai 18.00 WIB, peraturan dibuat itu harus dituruti! Dan, usahakan jangan sampai absen dalam menulis. Karena, menulis itu bisa di mana saja dan kapan saja.

KELIMA, buatlah situasi yang nyaman dan waktu yang longgar ketika menulis. Jangan sampai dalam keadaan tidak nyaman atau menggangu kegiatan penting lainnya!

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda