17 March 2013

TK MIFTAHUL ULUM ADAKAN KUNJUNGAN KE PABRIK TAHU




Senin, 11 Maret 2013 pk. 08.30 WIB siswa-siswi TK Islam Miftahul Ulum Gumayun bersama para dewan guru mengadakan kunjungan ke pabrik tahu “Rosilawati” di Jl. Mataram RT 02 RW 05 Dukuhwaru Tegal. Mereka berjalan beriringan menuju ke pabrik tahu, dimana tempat yang dituju tidaklah jauh dari sekolah. Melewati jalan setapak, anak-anak berjalan penuh semangat dan ceria sepanjang jalan. Tak ada satupun yang menangis, meski lelah terpancar dari wajah mereka.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekitar kepada siswa dan mengenalkan cara membuat tahu yang sehat, dimana kegiatan kunjungan adalah bagian dari program kegiatan belajar mengajar di TK Islam Miftahul Ulum Gumayun tiap bulannya.
Setiba di sana, sekitar pukul 09.00 WIB, anak-anak berkumpul dan dengan didampingi guru kelas masing-masing mereka masuk ke tempat proses pembuatan tahu yang telah berdiri sejak tahun 2000 tersebut. Proses pembuatannya sebagai berikut: kedelai direndam selama ± 4 jam. Setelah ditiriskan kemudian digiling dan dibentuk adonan lalu direbus, kemudian disaring dan menjadi aci yang akan dibungkus menjadi tahu.
Menurut Bapak Maskuri, suami Mbak Rosilawati, omzet perharinya bisa mencapai 1 kwintal 30 kg. Tahu dipasarkan ke Brebes, di pasar Sitanggal. Menurutnya, tahu bikinan pabrik tahu “Rosilawati” bersih dan sehat, karena tidak mengandung bahan pengawet. Di daerahnya ada 4 pabrik tahu, tapi pabrik milik Mbak Rosilawatilah yang paling besar omzetnya. Menurut pemilik pabrik tahu tersebut, pabriknya merupakan warisan turun-temurun.
Pukul 10.00 WIB anak-anak kembali ke sekolah dengan dibawakan oleh-oleh gorengan tahu aci, makanan khas Tegal oleh Mbak Rosilawati. Tahu aci yang masih hangat dan empuk sangat digemari oleh warga, terutama anak-anak. Merekapun pulang dengan gembira.

***

















No comments:

Post a Comment

Komentar Anda