30 November 2013

KREATIVITAS MENGEMAS IDE

Materi FLP

MODUL KEPENULISAN ANGGOTA MUDA
FLP JAWA TENGAH
Penyusun: Afifah Afra


MODUL MU-1

KREATIVITAS
MENGEMAS IDE

PENDAHULUAN
§  Ide bertebaran di jagad raya, jumlahnya tak terhitung banyaknya, sehingga kita tak perlu takut kehabisan. Yang perlu kita latih adalah, bagaimana cara agar kita bisa mengikat ide-ide yang bertebaran itu untuk kita kemas menjadi sebuah karya yang menarik. Lintasan-lintasan yang sering muncul di benak kita, belum bisa disebut sebagai ide, tetapi masih sebatas ilham. Namun jika ilham-ilham itu ‘dipelihara’ dengan baik, maka akan menjelma menjadi sebuah ide.

§  Ide-ide tersebut, jika dikemas dengan baik, akan menghasilkan sebuah tema yang akan kita kembangkan menjadi sebuah tulisan. Tema adalah sebuah produk kreativitas yang lebih mudah ‘disimpan’ dibandingkan dengan ide, apalagi ilham yang mudah sekali hilang. 

§  Ada banyak cara mendapatkan ide. Antara lain...
1.    Pengalaman, baik diri sendiri maupun orang lain
  1. Perenungan
  2. Mimpi
  3. Menikmati karya orang lain
  4. Membaca buku, studi literatur
  5. Ajaran agama
  6. Dan sebagainya

§  Anda juga bisa mendapatkan ide dengan metode pemetaan ide.
Contoh:

HASIL : Kisah seorang Pande Besi miskin yang terluka hatinya karena disakiti oleh orang kaya yang berpenampilan rapi. Rasa marah yang membakar membuat ia berusaha keras untuk membuat bom untuk meledakkan rumah orang kaya tersebut.

§  Bisosiasi adalah cara yang paling umum digunakan dalam olah kreativitas. Bisosiasi adalah memadukan dua hal yang berbeda menjadi satu dengan menghilangkan beberapa hal yang ‘kuno’ sehingga menghasilkan sesuatu yang baru.
Contoh:


LATIHAN:

A. MENDAPATKAN ILHAM
  1. Mendapatkan ilham dari pengalaman. Silahkan anda berpikir sejenak, pernahkah anda mengalami suatu kejadian yang menarik dalam hidup anda, baik itu kejadian sedih, lucu, menyenangkan, memalukan dan sebagainya? Tuliskan 10 jenis pengalaman tersebut pada kertas terpisah!
a.   ………………
b.   ………………
c.    ………………
d.   ………………
e.   ………………
f.     ………………
g.    ………………
h.   ………………
i.     ………………
j.    ………………
  1. Mendapatkan ilham dari perenungan. Pergilah anda ke sebuah tempat yang menarik, misalnya mall, pasar tradisional, sungai, dapur, masjid, pantai dan sebagainya. Duduklah anda seraya memandang obyek tersebut sekitar seperempat hingga setengah jam, renungkanlah segala sesuatu yang terjadi di sana. Carilah sesuatu yang menarik, dan tuliskan di kertas terpisah!
………………………..
  1. Mendapatkan ilham dari mimpi. Tuliskan mimpi-mimpi anda selama satu minggu. 
a.   ………………
b.   ………………
c.    ………………
d.   ………………
e.   ………………
f.     ………………
g.    ………………
  1. Menikmati karya orang lain. Ambillah beberapa buah tulisan orang lain, tontonlah sebuah film, dengarkan sebuah lagu, atau nikmatilah bentuk karya seni apapun. Dengan teknik bisosiasi, silahkan anda mencari ilham dari karya tersebut!
………………………………….
  1. Membaca buku, studi literatur. Datanglah ke perpustakaan. Carilah beberapa buku dengan tema yang tengah anda minati saat ini. Bacalah buku tersebut hingga tuntas, dan tulislah beberapa ilham yang anda dapatkan.
…………………………………
  1. Ajaran agama. Cobalah anda buka kitab-kitab agama, baik Al-Quran, hadist, sirah nabawiyah maupun kisah-kisah ulama salaf. Tuliskan ilham yang anda dapatkan dari ajaran agama tersebut!
…………………………………

B.  MENJADIKAN ILHAM SEBAGAI IDE, IDE SEBAGAI TEMA
Anda telah mendapatkan 60 buah ilham. Bacalah kembali berulang-ulang ilham tersebut. Kemudian, pilihlah 10 ilham yang menurut anda terbaik, dan kerucutkan menjadi ide dan selanjutnya, jadikanlah sebuah tema tulisan anda.
a.   Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
b.   Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
c.    Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
d.   Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
e.   Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
f.     Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
g.    Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
h.   Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
i.     Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..
j.    Ilham :……………… Ide : …………………… Tema : ……………………..


C.  MEMBUAT PEMETAAN IDE
Di bawah ini terdapat 10 buah kata. Pilihlah 5 kata yang anda sukai. Silahkan anda petakan kata-kata tersebut, dan tuliskan hasil yang anda peroleh dari perenungan tersebut.
1.  BURUNG
2.  MALAM
3.  PETANI
4.  BERUANG
5.  EMAS
6.  KECOA
7.  PORNO
8.  BBM
9.  KEMERDEKAAN
10.BARTENDER

D. BISOSIASI
     Buatlah 5 jenis bisosiasi!

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda