23 Mei 2017

Cara Mudah Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan



Ramadhan sebentar lagi. Bagi kaum muslimin tentu sudah mempersiapkan diri untuk bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik di bulan mulia tersebut, di samping ibadah-ibadah utama yang lainnya, salah satunya yaitu mengkhatamkan Al Quran. Mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan memang bukan suatu kewajiban, namun memperbanyak membacanya sangatlah dianjurkan, sebagaimana kutipan dari https://muslim.or.id/17588, Syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

 “Mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan bagi orang yang berpuasa bukanlah perkara yang wajib. Akan tetapi sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan” (Majmu’ Fatawa wa Rasail 20/516). 
                    
Namun, banyak di antara kaum muslimin yang tidak bisa mengkhatamkannya, disebabkan kesibukan atau kurang bisa membagi waktu dalam beraktivitas. Tidak usah khawatir, karena berikut ini cara mudah  untuk bisa khatam baca Al Quran di bulan Ramadhan:

UNTUK SEKALI KHATAM, jumlah halaman yang dibaca :
  1. Shalat Subuh 4 halaman
  2. Shalat Zhuhur 4 halaman
  3. Shalat 'Ashar 4 halaman
  4. Shalat Maghrib 4 halaman
  5. Shalat 'Isya 4 halaman
UNTUK DUA KALI KHATAM :
  1. Shalat Subuh 8 halaman
  2. Shalat Zhuhur 8 halaman
  3. Shalat 'Ashar 8 halaman
  4. Shalat Maghrib 8 halaman
  5. Shalat 'Isya 8 halaman
UNTUK TIGA KALI KHATAM :
  1. Shalat Subuh 12 halaman
  2. Shalat Zhuhur 12 halaman
  3. Shalat 'Ashar 12 halaman
  4. Shalat Maghrib 12 halaman
  5. Shalat 'Isya 12 halaman

Nah, mudah bukan? Jika rutin dan disiplin membacanya tiap hari, pasti target kita untuk bisa mengkhatamkan Al Qur’an tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda