RESUME KULWAP GRUP
SAHABAT PENDIDIK DEPOK
SAHABAT PENDIDIK DEPOK
Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus
Narsum : Oktina Burlianti, Psi. M.Psi
Materi -slide terlampir.
1⃣Assalamuallaikum...saya Nyai..guru tk islami daarunnadwah...ada yg mau saya tanyakan sama bunda uli..Bunda saya br baca separuh...tp ada yang mau saya tanyakan .... klasifukasi anak kbthn khusus point e no.2 anak dengan gangguan emosi..ada yang taraf ringan ,sedang,berat...bagaimana cara kita mengetahui tanda anak yg mengalami gangguan tersebut...
✅Waalaikumsalam wr wb.... itu tergantung frekuensi dan intensitas nya bu...seberapa sering? Seberapa merusak perilalunya...
2⃣Assalamualaikum saya sudah baca sebagian dan ada yang saya ingin tanyakan
Tentang KONSEP IDENTIFIKASI bagaimana caranya kita sebagai guru maupun orang tua untuk mengidentifikasi gejala abk sejak masih usia dini..?
Tentang KONSEP IDENTIFIKASI bagaimana caranya kita sebagai guru maupun orang tua untuk mengidentifikasi gejala abk sejak masih usia dini..?
✅Mohon dibuka slide 18 _ 22...disitu ada ciri2 menonjol mengenai bbrp gangguan/anak berkebutuhan khusus
3⃣Assalamualaikum bunda kmrn ada siswa datang k sekolah kami tapi anak tersebut mengalami gangguan anggota gerak /tidak bisa berjalan /kaki kecil dan lemah
Bagaimana sebaiknya kami terhadap anak hal tersebut dan terapi apa yg bisa di lakukan dan ada tempat terapi gak d wilayah Depok
Terima kasih bunda uli
Terima kasih bunda uli
✅Gangguan tersebut mohon di analisa terlebih dahulu:
1. Apakah kelainan fisik anak akan mengganggu kemampuan belajarnya? (Daya tangkap,daya serap terhadap materi ajar )
2. Apakah kelainan fisik tersebut membutuhkan fasilitas khusus di sekolah?
3. Secara umum, apakah anak tersebut akan bisa mengikuti mata pelajaran atau tidsk
1. Apakah kelainan fisik anak akan mengganggu kemampuan belajarnya? (Daya tangkap,daya serap terhadap materi ajar )
2. Apakah kelainan fisik tersebut membutuhkan fasilitas khusus di sekolah?
3. Secara umum, apakah anak tersebut akan bisa mengikuti mata pelajaran atau tidsk
Jika masih bisa diterima silahkan ditindak lanjuti...jika tidak bisa mencari sekolah2 inklusi
4⃣Assalamualaikum bunda ada yg saya tanyakan ,, menurut keterangan yg saya dpt bahwa prilaku anak tercipta akibat apa yg dirasakan dan dilihat terhdp prilaku orang tuanya,,, mengapa bisa begitu bunda,,,bukankah ada faktor lain,,spt pengaruh disekolH dan dilingkungan,,,,sejauh mana ke 3 item tsb mempengaruhi perkembangan prilaku anak didik kita.
✅Ini teori nature vs nurture pak....jadi perilaku ansk adalah interaksi dari:
1. Nature=genetik/turunan
2. Nurture=pola asuh/lingkungan nasyarakat sekitar.
Penelitian mengatakan pengaruh nature dan nurture sama besarnya.
1. Nature=genetik/turunan
2. Nurture=pola asuh/lingkungan nasyarakat sekitar.
Penelitian mengatakan pengaruh nature dan nurture sama besarnya.
Ada seorang anak yg ayahnya kriminal, tapi si anak tidak menjadi kriminal karena dibesarkan di lingkungan tang jauh dari sifat/perilaku kriminal
Ada juga tang datang dari keluarga baik2 tapi kemudian menjadi kriminal karena tinggal dan berteman di lingkungan tang penuh kriminal.
Yang terbaik tentunya nature nya positif ditambah nurture yang positif pula
4⃣Apakah anak yang terlalu sering berteriak bisa dikategorikan gangguan emosional...atau ada ciri yg lainnya bun
✅Belum tentu...busa jadi tanda anak sedang frustrasi atau mengalami kecemasan
5⃣Assalamualaikum wr wb, bunda sy bu lis dr kb albarkah, mau tanya bgmn menangani anak yg lambat bicara ,tks ats jwbanya
✅ Paling cepat adalah diikutkan terapi wicara
Jika kita mau lakukan sendiri:
1. Jauhkan anak dari tv dan gadget
2. Biasakan berbicara langsung tatap muka dengan anak
3. Jangan turutikemauan anak yg meminta sesuatu dengan menunjuk2...minta anak untuk menyebutkan nama barang yang diminta
4. Permainan: tiup balin, tiup lilin, menempel bibir di kaca (membuat embun )
1. Jauhkan anak dari tv dan gadget
2. Biasakan berbicara langsung tatap muka dengan anak
3. Jangan turutikemauan anak yg meminta sesuatu dengan menunjuk2...minta anak untuk menyebutkan nama barang yang diminta
4. Permainan: tiup balin, tiup lilin, menempel bibir di kaca (membuat embun )
6⃣Asalamuallaikum, bunda Saya lusy dari paud Al Hafiz. Mau bertanya Bagaimana cara menangani anak aktif agar bisa konsentrasi atau lebih fokus dalam berkegiatan. Atas penjelasannya terimaksih
✅Mengatasi anak yg sulit fokus/konsentrasi:
1. Buat suasana kelas yang tenang. Jika ingin mengajar calustung misalnta, tidak apa2 kita usahakan hanya sang anak dan guru
2. Beri penjelasan satu instruksi di satu waktu. Jangan berondong anak dengan banyak instruksi
3. "One step at a time" satu instruksi...selesaikan, lanjut instriksi berikutnya...selesaikan. demikian seterusnya
4. Rentang konsentrasi anak memang pendek.teegantung usianya, bisa antara 5 hingga 10 menit. Lebih dari itu anak akan mudah jenuh/bosan. Usahakan beri penjelasan singkat dan minta anak segera melakukannya.
1. Buat suasana kelas yang tenang. Jika ingin mengajar calustung misalnta, tidak apa2 kita usahakan hanya sang anak dan guru
2. Beri penjelasan satu instruksi di satu waktu. Jangan berondong anak dengan banyak instruksi
3. "One step at a time" satu instruksi...selesaikan, lanjut instriksi berikutnya...selesaikan. demikian seterusnya
4. Rentang konsentrasi anak memang pendek.teegantung usianya, bisa antara 5 hingga 10 menit. Lebih dari itu anak akan mudah jenuh/bosan. Usahakan beri penjelasan singkat dan minta anak segera melakukannya.
7⃣Assalamualaikum bunda uly ..Sy bunda Anna dr PAUD manggis , bunda saya jg mempunyai anak didik ABK awal nya sulit sekali menangani nya krn terkadang dia suka merampas permainan teman" nya , kalau tdk dia akan mengacak acak rak buku , sangat aktif skli , bagaimana cara menangani nya ? Krn sebagian guru dr kami adalah kader jadi tdk profesional, slm ini kami menghadapi ny dg sabar dan penuh perhatian dan cinta , kami tdk prnh membedakan dg anak" yg normal , apakah langkah kami sdh benar ? Terima kasih
✅Cinta dan kasih sayang tulus adalah modal utama dan terbesar. Saluut bunda...hebaaat
Menangani abk memang spesial...satu kelas pakai rasio, maksudnya kalau bisa 1 guru menangani 5 siswa saja...4 normal 1 abk. Jika satu kelas terlalu banyak akan sulit penanganannya
Jika memungkinkan hadirkan "shadow teacher" yaitu guru yg secara khusus hanya menangani anak abk sehingga penanganannya optimal. Peluk cium untuk ibu guru hebat dan penyayang
8⃣Aslkm bun.mau nanya nih.bisakah anak abk tidak harus masuk disekolah inklusi dan bgmn kita menjelaskan pd orang tuanya yg anaknya tdk ingin di masukan keseklh tersebut.trims
✅Sekolah inklusi adalah sekolah "normal" yang menerima anak berkebutuhan khusus. Sekolah inklusi bukan SLB bunda...jadi pastinya siswa abk yg ingin digabung di sekolah umum...pasti sekolahnya terkategorikan inklusi
9⃣Assalamualaikum
Setelah sy membaca materi yg disampaikan, ternyata ada beberapa murid kami dgn ciri diseleksia, pertanyaan saya apakah tepat jika anak dengan gangguan tersebut di masukan ke rumah2 baca untuk lebih mengasah kemampuannya, terimakasih
Setelah sy membaca materi yg disampaikan, ternyata ada beberapa murid kami dgn ciri diseleksia, pertanyaan saya apakah tepat jika anak dengan gangguan tersebut di masukan ke rumah2 baca untuk lebih mengasah kemampuannya, terimakasih
✅Tidak tepat dimasukkan je sekolah baca jika benar gangguannya adalah diseleksia. Diseleksia itu tidak bisa membedakan huruf...cara mereka membaca berbeda dengan cara kita membaca. Perlu ada metode khusus.
Sebelum kita melabel diseleksia dicek dulu:
1. Jangan2 mata nya rabun jauh/mata minus (ini seriiiiinggg banget saya temui )
2. Usia...usia nya memang belum matang untuk membaca. Anak baru bisa membaca di usia 9 tahun masih dikategorikan normal lohh ternyata.. (walopun jarang kita temui)
Sebelum kita melabel diseleksia dicek dulu:
1. Jangan2 mata nya rabun jauh/mata minus (ini seriiiiinggg banget saya temui )
2. Usia...usia nya memang belum matang untuk membaca. Anak baru bisa membaca di usia 9 tahun masih dikategorikan normal lohh ternyata.. (walopun jarang kita temui)
Assalamualaikum bunda, apa ada ciri khusus anak yg mengalami disleksia?
✅Di slide yg saya share ada ciri2 nya kengkap kap kap bund...hehehe monggo di cek
1⃣1⃣Satu lagi Yaa BU,..anak abk adalah anak yg di bawah rata rata..sebenrnya anak yg di Atas rata rata pun abk. yg Saya mau tanyakan Bagaimana cara menangani anak yg diatas rata"... agar tidak jenuh pada Saat pembelajaran
✅Anak jenius gitu yaa bund?
Anak jenius memang perlu kita kasih materi yang beragam. Mereka gak suka kalo di dikte. Coba kasih project2 biar mereka tertantang. Misdlnya lagi belajar sains...kasih dia tugas2 sains yang project based, biarkan siswa membrowsing dan cari literaturnya sendiri. Guru cukup memberi tantangan saja
Yang perlu diperhatikan, anak jenius itu kignisinya yang natang. Tapiiii...emosi nya biasanya masih tetap kayak anak2. Musalnya usia 10 tahun tapi cerdas kayak anak 19 tahun. Cerdas dalam berpikir...tapi emosi dan jepribadiannya masih tetap anak 10 tahun.
Ini yang perlu dibimbing...yaitu kecerdasan emosionalnya
1⃣2⃣Bunda ulie, sy masih blm paham knp anak yg kemampuan inteligensi di atas rata2 masuk ke dlm klasifikasi ABK? Mohon maaf, msh lola sy nya...
✅Ini karena kognisi intelegensi nya tinggi tapi emosional/perilakunya masih sesuai usianya
Tidak tepat jika karna cerdas terus lompat kelas nya jauuuhhh. Misalnya dari kelas 5 SD langsung ke 2 SMP. Ini rentan nenimbulkan depresi dan kecemasan pada anak...
Hadi tepatnya kelas khusus yang mengakomodir kecerdasannya diimbangi dengan emosional nya
1⃣3⃣Ketika yang melabel resiko disleksia adalah dokter tumbuh kembang,selain terapi sesuai anjuran.Apalagi sbg ortu yg bs dilakukan di rumah?
✅Anak diseleksia biasanya punya memori yang kuat. Tidak oerlu khawatir berlebihan karena mereka bisa tumbuh dan berfungsi optimal seperti anak kainnya. Banyak tokoh2 terkenal dan pejabat memiliki diseleksia, seperti keluarga kerajaan inggris. Yang penting kita bisa menerima dan memahaminya. Bagus sekali...jika sudah terapi. Luar biasa ini orang tua nya. Insha Allah itu pun cukup
1⃣4⃣Assalamualaikum...sy Bunda Na'amah salah pengagum bunda..bunda luar biasa....pertanyaan sya
1.pd riwayat kehamilan ada pengaruh kosmetik yg tdk tepat ..Mksdnya???
2.infeksi torch..mksd nya???
3..metode apa yg tepat dlm menilai tumbuh kmbang anak ??
Kesalahan mngjr yg bgmn..yg bisa mmbuat anak mnderita ABK temporer??
Mks bnyk seblmnya bunda
1.pd riwayat kehamilan ada pengaruh kosmetik yg tdk tepat ..Mksdnya???
2.infeksi torch..mksd nya???
3..metode apa yg tepat dlm menilai tumbuh kmbang anak ??
Kesalahan mngjr yg bgmn..yg bisa mmbuat anak mnderita ABK temporer??
Mks bnyk seblmnya bunda
✅1. Kosmetik yang mengandung timbal, merkuri dan limbah B3 lainnya bisa mengakibatkan cacat pada janin
2. Infeksi torch bukan karena kosmetik tapi virus
3.metode yg tepat adalah dengan mengacu pada standar penilaian. Di slide saya sudah berikan panduan dalam mengenali ciri2 abk. Di buat daftar cek list saja apakah ciri2 tersebut muncul atau tidak
4. Kesalahan nengajar misalnya guru terlalu memaksakan kemampuan tertentu pada anak, terlalu galak, melabel anak "bodoh" padahal mungkin hanya slow learner saja
Kadang anak yang trauma dalam cara mengajar guru yg tidak bersahabat bisa mennghambat kemampuan belajar siswa
2. Infeksi torch bukan karena kosmetik tapi virus
3.metode yg tepat adalah dengan mengacu pada standar penilaian. Di slide saya sudah berikan panduan dalam mengenali ciri2 abk. Di buat daftar cek list saja apakah ciri2 tersebut muncul atau tidak
4. Kesalahan nengajar misalnya guru terlalu memaksakan kemampuan tertentu pada anak, terlalu galak, melabel anak "bodoh" padahal mungkin hanya slow learner saja
Kadang anak yang trauma dalam cara mengajar guru yg tidak bersahabat bisa mennghambat kemampuan belajar siswa
1⃣5⃣Mba ulie, kalau ortu tdk mampu secara biaya utk masuk sekolah inklusi dan mempercayakan kpd sekolah umum..apa yg harus pendidik dan ortu lakukan demi perkembangan anak ?
✅1.Penanganan individual , artinya guru memberi perhatian khusus yang berbeda dgn penanganan oada siswa lain
2. Bedakan standar nilai anak dengan standar nilai pada umumnya (diturunkan/disesuaikan dengan kemampuan anak)
3. Beri pengertian kepada teman2nya untuk nemahami bahwa anak ini istimewa karena luar biasa. Jangan sampai di bully atau dilabel/diolok2. Akan merusak kejiwaannya
2. Bedakan standar nilai anak dengan standar nilai pada umumnya (diturunkan/disesuaikan dengan kemampuan anak)
3. Beri pengertian kepada teman2nya untuk nemahami bahwa anak ini istimewa karena luar biasa. Jangan sampai di bully atau dilabel/diolok2. Akan merusak kejiwaannya
1⃣6⃣U/ kasus anak ADHD
Anak ADHD cerrdas yaa bunda
Ini terlihat pd peserta didik sy namun anak tersebut tdk siap menerima kekalahan
Bagaimana cara menstimulasi hal tersebut??
Anak ADHD cerrdas yaa bunda
Ini terlihat pd peserta didik sy namun anak tersebut tdk siap menerima kekalahan
Bagaimana cara menstimulasi hal tersebut??
✅Ini diajari berkompetisi sehat dan yang paling penting ajari: KOLABORASI.
Nahhh ini kerennya...berkolaborasi untuk memenangkan suatu oertandingan. Ajak anak berkompetisi tapi tim seperti main bola...
Atdu bikin lomba antar kelompok
Dengan demikian anak akan mengetahui pentingnya kokaborasi untuk mencapai kemenangan bersama
Nahhh ini kerennya...berkolaborasi untuk memenangkan suatu oertandingan. Ajak anak berkompetisi tapi tim seperti main bola...
Atdu bikin lomba antar kelompok
Dengan demikian anak akan mengetahui pentingnya kokaborasi untuk mencapai kemenangan bersama
Kesimpulan
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdullilah sesi hari ini berjalan luar biasa. Peserta di wag ini cerdas2 pertanyaannya tajam semua.
Alhamdullilah sesi hari ini berjalan luar biasa. Peserta di wag ini cerdas2 pertanyaannya tajam semua.
Dalam deteksi dini abk, lakukan:
1. Pahami dengan seksama ciri2 setiap jategori abk
2. Buat daftar adakah ciri2 tersebut muncul oada siswa
3. Jija ada berapa banyak? Seberapa sering? Jika 5 dari 10 tanda2 kita temui oada diri seorang siswa, kita boleh curiga bahwa memang ada "apa2nya" pada diri anak
4. Jika hanya 1 atau 2 tanda yang muncul...jangan buru2 mendiagnosa siswa
5. Pada banyak kasus, seringkali bukan abk...tapi karena kelainan fisik ringan, seperti:
-Mata minus menyebabkan sulit belajar calistung
- mata minus menyebabkan tidak konsentrasi/terkesan bodoh
6. Jika kecurigaan anak abk sangat kuat dan ortu tidak bisa diajak bekerjasama, undang spesialis/ahli untuk mengobservaasi dan menentukan program tindak lanjut
7. Tuhan tidak pernah menciptakan mahluk Nya gagal produk/ cacat. Yang ada hanya kita yang belum memahami perbedaan yang ada
1. Pahami dengan seksama ciri2 setiap jategori abk
2. Buat daftar adakah ciri2 tersebut muncul oada siswa
3. Jija ada berapa banyak? Seberapa sering? Jika 5 dari 10 tanda2 kita temui oada diri seorang siswa, kita boleh curiga bahwa memang ada "apa2nya" pada diri anak
4. Jika hanya 1 atau 2 tanda yang muncul...jangan buru2 mendiagnosa siswa
5. Pada banyak kasus, seringkali bukan abk...tapi karena kelainan fisik ringan, seperti:
-Mata minus menyebabkan sulit belajar calistung
- mata minus menyebabkan tidak konsentrasi/terkesan bodoh
6. Jika kecurigaan anak abk sangat kuat dan ortu tidak bisa diajak bekerjasama, undang spesialis/ahli untuk mengobservaasi dan menentukan program tindak lanjut
7. Tuhan tidak pernah menciptakan mahluk Nya gagal produk/ cacat. Yang ada hanya kita yang belum memahami perbedaan yang ada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda