17 November 2010

Gimana sih buat resensi yang baik


Di sini Ganes dan Sari memberikan tips trik versi mereka cara membuat resensi yang baik dari buku yang pernah kita baca. Resensi ini berguna, khususnya bagi diri kita sendiri supaya kita bisa mengambil inti dari buku tersebut dan dikaitkan dengan pengalaman kita sendiri atau dikaitkan dengan kondisi kita saat ini. Karena setiap orang akan punya sudut pandang yang berbeda kalau membuat resensi. Dan ini yang membuat resensi buku jadi menarik.

Panduan membuat resensi

1. Catat setiap kalimat yang menurut kamu menarik dan dapat dijadikan bahan pelajaran sewaktu kamu baca buku. Jadi tolong waktu baca buku, sediakan pulpen dan buku kosong di samping. Atau kalau yang punya PDA atau Handphone bisa catet atau rekam kalimat yang menarik tersebut. Ya, sekarang zamannya udah modern... hehhehe

2. Kalimat yang dikumpulkan itu bisa dijadikan ide untuk membuat suatu resensi yang utuh, bukan sepenggal-sepenggal. Jadi kalau bisa langkah berikutnya adalah mengait-ngaitkan atau menyambung-nyambungkan kalimat-kalimat yang udah dicatet tersebut jadi suatu cerita yang nyambung dari atas sampai akhir. Kalau dipikir-pikir sama kayak nulis buku sih. Jadi membuat resensi mirip dengan langkah awal menulis sebuah buku loh.

3. Jangan banyak pikiran atau membanding-bandingkan resensi kamu dengan yang lain. Awalnya sih baik untuk kita belajar dari resensi orang lain. Tapi kalau kebablasan, harus selalu ngikutin aturan atau pakem orang lain, nanti resensi itu gak unik lagi, gak sesuai dengan gaya atau style kamu. So, jadi diri sendiri aja yah biar gak banyak mikir dan resensinya cepet jadi :)

4. Kalau udah pusing, rileks dan santai, biarin pikiran jernih dulu. Kembali kepada diri sendiri. Kalau udah pusing, lepasin deh semuanya. Gak usah cari informasi lagi, tanya ke sana kemari, ntar tambah pusing. So, lepasin semua dan kalau udah gak pusing lagi baru deh sambungin resensinya. Pasti deh jalan pikiran TOKCER lagi... 100% Money Back Guarantee.

5. Kalau udah jadi resensinya, kirim deh ke BukuKita.Com biar semua orang bisa mendapat manfaatnya. Kalau semua orang merasa mendapat manfaat dari apa yang kamu bikin, wah kamu bakal dapat pahala yang gedeeee.... hehehehe yah bukan dari BukuKita, tapi dari Tuhan YME... Amin :)

Tapi tunggu.... nanti bukukita juga akan me-reward loh orang yang bikin resensi di BukuKita.com , tunggu aja tanggal mainnnya... jangan kemana-mana, sesaat lagi!

Trus kalau ada teman-teman yang punya pengalaman gimana cara mudah, cepat, berkualitas dan nyaman meresensi buku. Ditunggu partisipasinya yah atau komentarnya. Siapa tau bisa bagi-bagi pengalaman berharga, konyol atau lucu sekalipun.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda