22 January 2011

Lomba-lomba Menulis


oleh Icha Rm pada 20 Januari 2011 jam 13:12
1. LOMBA MENULIS ARTIKEL ILMIAH TINGKAT NASIONAL

Ikutiiii….
LOMBA MENULIS ARTIKEL ILMIAH TINGKAT NASIONAL
(Untuk Kenaikan Pangkat Guru / PNS)

TEMA PILIHAN:
1. Hasil Penelitian, Pengkajian atau Evaluasi Dalam Lingkup Pendidikan / Kedinasan
2. Pengembangan Spesialisasi Guru / PNS

PESERTA: Guru / PNS

BENEFIT*
1. Piagam / bukti keikutsertaan pada lomba ilmiah dengan nilai 1 Angka Kredit dan atau 40 poin penilaian portofolio sertifikasi
2. Seluruh artikel akan dimuat / dipublikasikan dalam JURNAL PENDIDIKAN dengan nilai 2 Angka Kredit dan atau 10 poin penilaian portofolio sertifikasi
3. Sertifikat / bukti keikutsertaan pada kegiatan ilmiah dengan nilai 0.1 Angka Kredit dan atau 8 poin penilaian portofolio sertifikasi
4. Artikel akan diperbanyak sebagai naskah dan disajikan pada acara Seminar Ilmiah dengan nilai 4 Angka Kredit dan atau 40 poin penilaian portofolio sertifikasi
5. Piagam Penghargaan sebagai Penyaji pada acara Seminar Ilmiah dengan nilai 0.2 Angka Kredit dan atau 40 poin penilaian portofolio sertifikasi
6. Artikel akan akan dimuat / dipublikasikan dalam JURNAL PENDIDIKAN dengan nilai 2 Angka Kredit dan atau 10 poin penilaian portofolio sertifikasi
7. Jumlah Nilai Akumulasi 9.3 Angka Kredit dan atau 148 Poin penilaian portofolio
8. Hadiah
(*syarat dan ketentuan berlaku)

HADIAH (untuk setiap kategori)
Juara I : Uang Tunai Rp. 5.000.000 + Trophy
Juara II: Uang Tunai Rp. 4.000.000 + Trophy
Juara III: Uang Tunai Rp. 3.000.000 + Trophy
Juara IV: Uang Tunai Rp. 2.000.000 + Trophy
Juara V : Uang Tunai Rp. 1.000.000 + Trophy

ATURAN PENULISAN
Minimal 10 halaman, ukuran kertas A4, jenis huruf Arial ukuran 12 point, 1.5 spasi

KRITERIA PENILAIAN
1. Orisinalitas
2. Mempunyai nilai manfaat dalam bidang pendidikan / kedinasan, termasuk pengembangan spesialisasi guru / PNS
3. Penggunaan bahasa yang benar
4. Penggunaan elemen lain yang dapat mendukung seperti foto, gambar, lukisan dan lainnya yang dapat lebih menegaskan keutuhan maksud penulisan.

PENYERAHAN ARTIKEL

1. Artikel dikirim kepada Redaksi JURNAL PENDIDIKAN ke PO BOX 100 PDG 42201. Melampirkan biodata diri, pas photo 4x6 (2 lembar) dan bukti transfer pendaftaran. Email: diva-pendidikan@telkom.net
2. Membayar Biaya pendaftaran sebesar Rp. 135.000,- dengan cara sbb:
- Transfer ke Bank BRI No. Rek. 0810-01-001526-50-7 a.n Sesep Saepul Alam, atau
- Transfer Di seluruh Kantor Pos terdekat ke Rekening Shar-e No. No. 918 3459299 a.n. Dede Muflih Afgani
3. Batas akhir penyerahan Artikel tanggal 15 Februari 2011 Cap POS.

PENGUMUMAN PEMENANG
• Pengumuman nominator disampaikan via email, telepon dan JURNAL PENDIDIKAN
• Penyerahan hadiah dilakukan pada acara Seminar Ilmiah, tanggal 6 Maret 2011 bertempat di Hotel Brajamustika, Bogor
• Nominator luar kota, akomodasi di tanggung panitia selama 2 hari
• Daftar pemenang akan diumumkan / dipublikasikan pada tanggal 7 Maret 2011 melalui Koran REPUBLIKA, JURNAL NASIONAL dan JURNAL PENDIDIKAN

CONTACT PERSON
Asep Rahmat, 0858 9068 8945

Sumber : http://blog-unduhan.blogspot.com/2010/12/lomba-menulis-artikel-ilmiah-tingkat.html

2. Proyek 3: Antologi (Kata Siapa) Orang Miskin Dilarang Kawin? (BATAS: 25 february 2011)

Bang anas flp depok mengajak berkarya, anda bisa bercerita, berupa kisah
  • Ada wanita Merana .. karena ortu menolak pria idamaninya hanya karena dia belum kaya
  • ada lamaran pria ditolak mentah mentah karena bukan orang kaya
  • ada pria berhasil menikahi walaupun belum kaya
  • dsb
apakah anda pernah mengalami? atau anda mendengar kisah teman? silakan tulis
wajib kisah nyata nama-nama tokoh dan nama tempat wajib disamarkan

Syarat, Ketentuan dan Tema:
Tema: Lamaran ditolak atau diterima karena miskin (belum kaya), (sampai nikah atau belum sampai nikah nggak masalah)"
  1. Naskah harus berbasis KISAH NYATA (dalam bentuk cerita, bahasa menarik, sederhana, lucu dan mudah dicerna).
  2. Naskah Asli karya sendiri (Ejaan utama ejaan EYD, boleh sedikit disusupi bahasa daerah, bahasa gaul yang harus dijelaskan di foot note)
  3. naskah belum pernah dipubilkasi di media cetak komersial nasional dan/atau daerah
  4. Naskah boleh bersumber dari publikasi blog pribadi seperti: multiply, blogspot atau note/catatan FB (harap diedit dg kata YANG indah, LUCU dan ejaan EYD, AGAR BERPELUANG BESAR LOLOS KE EDITOR DI PENERBIT)
  5. Naskah bisa dari Pengalaman diri sendiri atau orang lain, bila pengalaman orang lain nama tokoh dan nama tempat harus disamarkan/DIGANTI untuk menjaga privasi.
  6. Untuk Memudahkan info, komunikasi dan koordinasi, maka bergabunglah di grup penulis antologi ini http://www.facebook.com/home.php?sk=group_104712469599122 dan menjadi kontak fb saya: http://www.facebook.com/anas19
adapun hal teknisnya
  1. Ketik dalam MS Word, sebaiknya 9 halaman ukuran A4
  2. font: times new roman, ukuran 12 spasi: 1.5
  3. Kirim ke: ideanas@yahoo.com subject: KATA SIAPA ORANG MISKIN (JUDUL NASKAH) misal/contoh :KATA SIAPA ORANG MISKIN (SOK GALAK)
  4. KIRIM DENGAN FILE ATTACHMENT/LAMPIRKAN FILE, WORD SAVE AS: WORD VERSI 97-2003: (FILE BERTIPE .DOC BUKAN DOCX) (JANGAN DI BODY EMAIL)
  5. Naskah menjadi hak penyelenggara untuk mempromosikan/publikasikan tulisan anda ,agar lebih banyak pembacanya
  6. Sebaiknya Posting di Note/catatan FB dengan men-tag bang anas (ideanas@yahoo.com) tulisan yang banyak like this (suka) akan menjadi (salah satu) pertimbangan lulus seleksi penyelengara. (tidak wajib)
  7. SERTAKAN BIODATA SINGKAT TIPE NARASI (di akhir tulisan)
  8. Batas waktu 25 ferbruary 2011

CONTOH biodata singkat TIPE Narasi:
Sejak SD, Bang Anas suka menulis menggunakan sebatang lidi pada semen basah di suatu jalan perumnas (Perumahan belum lunas), yang sekarang sudah lunas. di SMP, Anas Pernah mengalami nilai ironis yaitu: 6 untuk bahasa indonesia,7 bahasa sunda, 8 bahasa inggris.

Ketika Kuliah, anas hobi menulis surat protes lewat majalah/koran pada rubrik surat pembaca dan pernah bekerja paruh waktu sebagai pengkoreksi (korektor) naskah buku teknik dan MIPA di penerbit erlangga. Lulus kuliah bekerja dan masih suka membaca dan menulis, lalu bergabung dengan FORUM LINGKAR PENA depok, mendapat amanah sebagai div humas, tulisannya turut menghiasi media cetak lokal dan nasional, kini menjadi blogger, menjadi penulis koordinator buku berjamaah. berangkai (antologi), dan membantu penulis pemula yang ingin menjualkan dan mencetak buku secara mandiri (indie label), sampaii sekarang.

email yang bisa dihubungi : ideanas@yahoo.com
Webblog: http://ayahara.ABATASA.com/

insya ALLAH bila naskah selesai terkumpul minimal 100 halaman, maka naskah akan sy kirim ke PENERBIT GIP

Salam Sukses Pembaca dan Penulis
Ttd
Anas
Div Humas FLP Depok


3. Lomba Jurnalistik PT PJA
lomba 2011 : Ancol Gelar Lomba Jurnalistik hingga Februari 2011!!! *Total Hadiah Mencapai Lebih dari Rp 200 Juta

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJA) menggelar lomba karya jurnalistik sampai dengan tanggal 28 Februari 2011 dengan total hadiah Rp 200 juta lebih yang dapat diikuti oleh kalangan jurnalis dan masyarakat umum sebagai peserta.

Lomba ini digelar sejak bulan Oktober 2010 yang lalu dengan mengambil tema besar “Membangun Nasionalisme Melalui Area Wisata” dengan fokus sepenuhnya tentang Ancol Taman Impian dan terbuka untuk kalangan wartawan, mahasiswa, pelajar, serta publik Indonesia lainnya.

Lomba Jurnalisitik Ancol 2010 akan terdiri dari 3 kategori yaitu (1) berita atau feature dan opini dalam Bahasa Indonesia maupun (2) berita atau feature dan opini dalam Bahasa Inggris, serta (3) foto jurnalistik. Hasil karya jurnalistik yang dilombakan tersebut adalah karya yang sebelumnya telah dipublikasikan oleh media massa cetak maupun media on line nasional dan lokal maupun sosial media seperti blog dalam periode 1 Oktober 2010 hingga 28 Februari 2011.

Eksistensi Ancol Taman Impian sebagai kawasan wisata terpadu dan terbesar di Asia saat ini dan upaya menjadi salah satu tujuan wisata pilihan kelas dunia melatarbelakangi digelarnya Lomba Jurnalistik Ancol 2010. Sebagai sebuah kawasan wisata terpadu, Ancol tidak hanya menjadi tempat rekreasi dan resort pilihan melainkan pula sebagai tujuan wisata kuliner, seni budaya, edutainment dan entertainment outdoor venue tepi pantai dalam kota Jakarta.

Selain memiliki tiga theme park yaitu Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra dan Atlantis Water Adventure yang fasilitas rekreasinya tidak kalah dengan kawasan wisata terkenal di manca negara, Ancol Taman Impian juga terus tumbuh dan berkembang. “Ancol menawarkan berbagai konten wisata, fasilitas permainan dan konsep manajemen kawasan wisata yang menghantarkannya menjadi sebuah sentra rekreasi terbesar di Asia,” kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PJA , perusahaan pengelola dan pengembang kawasan Ancol Taman Impian.

Istimewanya lagi, meski menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia, Ancol Taman Impian bukan hanya dimiliki sekelompok masyarakat tertentu. Semua golongan dan lapisan masyarakat bisa menikmati berbagai fasilitas wisata yang tersedia di Ancol Taman Impian.

“Kami ingin menanamkan rasa bangga kepada seluruh masyarakat Indonesia, Ancol Taman Impian yang selama ini mereka kunjungi dan memiliki peran penting dalam percaturan dunia pariwisata Indonesia ternyata bisa menjadi pusat rekreasi terkemuka di dunia. Inilah yang melatarbelakangi digelarnya Lomba Jurnalistik Ancol 2010, ” tutur Budi Karya.


Peserta Lomba Jurnalistik Ancol 2010 ini bebas mengirimkan jumlah hasil karya jurnalistik yang akan disertakan untuk lomba, dan tidak dipungut biaya apapun. Hasil karya jurnalistik yang dikirimkan untuk lomba akan menjadi milik panitia dan yang masuk dalam 20 nominasi pemenang lomba akan dibukukan dan menjadi hak Ancol Taman Impian, setelah dinilai oleh tim juri lomba yang terdiri para praktisi media dan pengajar jurnalistik.
Untuk masing-masing pemenang setiap kategori lomba, panitia menyediakan hadiah uang tunai, paket rekreasi Ancol Taman Impian, serta sertfikat. Juara pertama mendapatkan uang tunai Rp 25 juta, juara dua Rp 15 juta , juara tiga Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk juara harapan satu, dua dan tiga masing-masing mendapat Rp 5 juta, serta Rp 2,5 juta bagi 14 peserta lomba yang masuk nominasi juara.
Informasi lebih lanjut mengenai Lomba Jurnalistik Ancol 2010 ini dapat diakses melalui www.ancol.com, kiriman e-mail ke jurnalistik2010@ancol.com, atau menghubungi Departemen Corporate Plan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Gedung Cordova Lantai 6 Jalan Pasir Putih Raya Blok E5, Ancol Taman Impian – Jakarta Utara, 14430 – Indonesia dengan telepon (021) 6454567 di pesawat 6301/6789. ****

Informasi alamat pengiriman artikel dan foto jurnalistik peserta lomba adalah :

* Pengiriman langsung dimasukkan ke dalam amplop coklat dengan subjek "Lomba Jurnalistik Ancol 2010" di pojok kanan atas, yang dikirimkan ke :

Panitia Lomba Jurnalistik Ancol 2010
Bidang Komunikasi Perusahaan - Departemen Corporate Plan
PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk,
Gedung Cordova Lantai 6 Jalan Pasir Putih Raya Blok E5,
Ancol Taman Impian – Jakarta Utara, 14430 - Indonesia

* Pengiriman melalui email dikirim melalui email ke jurnalistik2010@ancol.com dengan subjek "Lomba Jurnalistik Ancol 2010"

******* Informasi Lebih lanjut Dapat menghubungi Panitia Lomba Jurnalistik Ancol 2010, dengan sdri Sofia Cakti / Nicke Putri / Hari Untari di Email: jurnalistik2010@ancol.com, Telp : 021.6454567 pswt 6301/6789

Sumber : http://www.ancol.com/berita/detail/341/ancol.gelar.lomba.jurnalistik.hingga.februari.2011

4. Sayembara Menulis Cerpen Forum Sastra Bumi Pertiwi Tingkat Nasional 2011

Dead Line 25 Maret 2011

Sumber: http://informasilombatahun2009.blogspot.com/2011/01/lomba-2011-sayembara-menulis-cerpen.htmlSayembara Menulis Cerpen Forum Sastra Bumi Pertiwi Tingkat Nasional 2011

Dead Line 25 Maret 2011 
Syarat lomba :
1.       Peserta adalah warga negera Indonesia tanpa batasan usia
2.       Naskah berbahasa Indonesia, diketik di kertas kuarto, spasi ganda, font Times News Roman ukuran 12          
3.       Panjang naskah 4-8 halaman, margins 3 cm
4.       Naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran atau hasil plagiat
5.       Tema bebas, namun diharapkan mengandung manfaat/ pesan moral bagi pembaca
6.       Naskah belum pernah dipublikasikan di media manapun dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain
7.       Sertakan sinopsis cerpen di halaman terpisah, maksimal 150 kata
8.       Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu cerpen
9.       Setiap naskah diberi judul, nama penulis, biografi singkat penulis, no hp, email dan alamat rumah
10.    Setiap cerpen/setiap judul naskah yang diikutsertakan wajib membayar uang pendaftaran RP 10.000,- (uang ini nantinya akan digunakan untuk pembuatan antologi dan sebagian disumbangkan untuk membantu korban bencana alam)
11.    Uang pendaftaran ditransfer ke Bank BRI No Rekening : 5412-01-013576-53-1 a/n Abdur Rahim
12.    Bukti transfer discan atau difoto, lampirkan beserta naskah cerpen, lalu kirim ke email: fsbp@ymail.com cc : fsbp2@yahoo.co.id
13.    Format subject (FSBP-Nama Penulis-Judul Naskah). Contoh: FSBP-Kurniawan-Senja
14.    Karya peserta diterima panitia paling lambat tanggal 25 Maret 2011
15.    Pemenang diumumkan pada tanggal 25 Mei 2011 di blog FSBP http://forumsastrabumipertiwi.blogspot.com/  atau Facebook : Fs Bumi Pertiwi dan Forum Sastra Bumi Pertiwi
16.    Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat Hadiah:
Ø  Pemenang 1 uang tunai Rp 3.000.000,- + piagam penghargaan + antologi cerpen pemenang
Ø  Pemenang 2 uang tunai Rp 2.000.000,- + piagam penghargaan + antologi cerpen pemenang
Ø  Pemenang 3 uang tunai Rp 1.000.000,- + piagam pengahrgaan + antologi cerpen pemenang
Ø  20 pemenang harapan mendapat piagam penghargaan + antologi cerpen pemen

Belajar di Sekolah-Menulis Online Sekarang bersertifikat Diknas Lhoo!

2 comments:

  1. mbak puput kaya dengan info2 up date.
    hehe..menarik menarik
    aku follow blog ini deh...
    ditunggu kunjungannya di blog sya..

    ReplyDelete
  2. Thanx ya atas kunjungannya....^_^

    ReplyDelete

Komentar Anda