25 October 2011

KUTEMUKAN KEDAMAIAN

Kisah Hypnoterapy:

                                                                                                 By : Puput Happy
Selama ini yang sering kita dengar tentang hypnotis adalah sisi buruknya, padahal tidak semuanya benar. Saya malah menemukan kedamaian saat mengikuti pelatihan hypnotherapy. Makanya saya kurang setuju jika ada yang mengatakan hypnotis itu berbahaya. Mungkin pendapat seperti itu muncul karena pemberitaan di media yang terlalu banyak mengupas sisi negatif dari ulah sebagian orang yang memanfaatkan ilmu hypnosi untuk kejahatan. Dan memang benar, ada yang menggunakan ilmu hypnotis untuk kejahatan, sebagaimana yang terjadi pada tetanggaku, Mbak Faridah namanya. Dia sempat ditemukan orang lain berdiri di jalan pinggiran sawah, dengan mimik muka seperti orang bengong, setengah sadar. Saat dibawa pulang, beberapa jam kemudian setelah sadar, ia bercerita sambil menangis. Berulang kali ia meraba-raba tangannya, seolah tak percaya bahwa gelang dan cincin emasnya telah raib diambil orang.
“Tadi pagi waktu aku mau ke sawah nganterin makanan ke Bapak, tiba-tiba di tengah jalan ada seseorang yang mengendarai motor berhenti tepat di sampingku. Ia turun lalu mendekatiku. Orangnya ganteng, dan mengajakku kenalan. Aku sempat kaget waktu dia memegang tanganku, menatapku tajam sambil tersenyum dan mengelus-elus tanganku sambil memujiku, katanya aku cantik. Setelah itu aku nggak tahu, kenapa tiba-tiba aku di rumah, padahal barusan aku masih di sawah. Ternyata dia mengambil gelang dan cincin emasku, tapi aku sama sekali tidak merasakannya….” kata Mbak Faridah, matanya berkaca-kaca.
Itu memang fakta. Berarti orang jahat tersebut menggunakan ilmu hypnosinya untuk kejahatan, yang biasa disebut ilmu Gendam. Dan tindakan orang tersebut sangat tidak patut ditiru, karena hanya akan menjadi sampah masyarakat. Lalu, bagaimana caranya menghindari penipuan melalui Ilmu Gendam? Menurut Ir. Yan Nurindra, seorang pakar Hypnotis yang sangat menguasai metode Western Hypnosis maupun Traditional Hypnosi, beberapa tips untuk menghindari kejahatan Hipnotis yang dilakukan melalui ilmu gendam adalah sebagai berikut:
1. Jangan membiarkan pikiran kosong ketika berada di daerah umum. Pikiran kosong dapat mengakibatkan gerbang telepathic terbuka, sehingga pihak lain dapat dengan mudah menyampaikan pesan secara telepathic.
2. Waspadalah jika tiba-tiba timbul rasa kantuk yang tidak wajar, ada kemungkinan bahwa seseorang yang bermaksud negatif sedang melakukan “telepathicforcing”.
3. Bagi mereka yang memiliki kebiasaan “latah”, sebaiknya jangan bepergian ke tempat umum tanpa teman. Mereka yang mempunyai kebiasaan “latah” cenderung memiliki gerbang bawah sadar yang mudah dibuka paksa dengan bantuan kejutan (Shock Induction). Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang mudah terkejut.
4. Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada beberapa orang yang tidak dikenal mengerumuni Anda untuk suatu alasan yang tidak jelas. Sekali lagi jangan mudah panik! Karena rasa panik akan mempermudah terbukanya gerbang bawah sadar Anda.
5. Jangan mudah panik jika tiba-tiba ada seseorangyang menepuk bahu anda! Usahakan agar pikiran dan panca indera anda tetap aktif ke seluruh lingkungan! Jangan terfokus pada ucapan-ucapan orang yang menepuk Anda! Segera berpindahlah ke daerah yang lebih ramai!
6. Jika secara tiba-tiba, tanpa alasan yang jelas, dada anda terasa sesak, dan diikuti dengan perut agak mual, dan kepala sedikit pusing, waspadalah karena mungkin ada seseorang tengah mengerahkan energi gendam! Segera lakukan “grounding”, yaitu meniatkan membuang seluruh energi negatif ke bumi (cukup visualisasi) .
7. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan, segera sibukkan pikiran Anda, agar tetap berada di frekwensi yang mengakibatkan efek Hipnotis tidak dapat bekerja! Antara lain dengan: berdoa dalam hati, menyanyi dalam hati, atau memikirkan hal-hal yang berat!
8. Akhirnya, tanamkan terus menerus di dalam diri Anda, bahwa Hipnotis tidak akan bekerja bagi mereka yang menolaknya! Hal ini juga berlaku untuk ilmu gendam!
Ada juga cara mudah untuk menghindarkan diri menjadi korban hipnotis adalah keberanian untuk:
1.      Mengatakan 'TIDAK' pada ajakan yang mencurigakan.
2.      Miss-call teman yang terdekat supaya mereka menelepon kamu lagi
3.      Berzikir atau berdoa sepanjang kamu tidak berada beraktifitas, misalnya saat sedang menunggu di antrian apapun, atau saat kita sedang berada dalam kendaraan.
4.      Pastikan refleksmu bekerja dengan baik karena biasanya salah satu metode menghipnotis adalah dengan cara menepuk bahu.
Materi tersebut saya dapatkan saat mengikuti pelatihan Hypnoterapy di Ambarawa lima tahun yang lalu, dan saya lebih suka dihypnoterapy, karena saya akan menemukan kedamaian di sana. Betapa tidak, saya hanya mengikuti intruksi yang ada dan menikmatinya. Dan pelatihan hypnotherapy yang paling berkesan yaitu saat di Ambarawa. Selama tiga hari saya dan teman-teman belajar hypnotherapy di sana. Pembicara dan pemberi materi waktu itu adalah Erwin Candra Kelana, sang motivator ulung yang lincah dan selalu tersenyum, membuat kami betah dalam ruangan. Kata-katanya penuh semangat tanpa jeda. Benar-benar hidup!
Hypnosis adalah suatu metoda komunikasi yang persuasif dan sugestif sehingga dapat mempengaruhi secara efektif. Oleh karena itu, dalam pelatihan hypnoterapy, selain menerangkan bagaimana cara berkomunikasi yang dapat “menghypnosis”, pelatihan ini juga memberikan suatu cara bagaimana mempersiapkan diri agar dapat melakukan aktifitas dengan baik, yang disebut dengan Transformasi Diri melalui Pemberdayaan diri. Hipnotis juga berarti keadaan di mana otak kita mengalami trance atau keadaan mental yang rileks, santai dan berada di antara ambang sadar dan tidak sadar, seperti saat kita sedang nyaris tertidur. Sehingga dalam keadaan ini, otak kita juga menjadi lebih reseptive dan mudah merespon perintah. Jika digunakan untuk kebaikan, hipnotis berguna untuk menyembuhkan penyakit, kecanduan atau kebiasaan buruk seseorang. Sedangkan jika digunakan untuk kejahatan, kita sudah tahu hasilnya. Orang jadi mudah tertipu, digiring ke mesin ATM dan diminta menguras isinya oleh si penjahat. Atau yang lebih ekstrimnya, orang seperti terbawa-bawa untuk mengikuti faham tertentu. Sedangkan menurut Bapak Hipnotis Sedunia, Franz Mesmer hipnotis adalah proses perpindahan tenaga dalam si penghipnotis kepada target yang dihipnotis.
Tujuan utama pelatihan hypnotherapy adalah untuk mengenali tindakan dan perilaku seseorang yang dikaitkan dengan komunikasi yang digunakan. Mengungkapkan bagaimana caranya berkomunikasi yang dapat membuat orang yang diajak berkomunikasi menjadi nyaman sehingga komunikasi dapat berjalan lancar menggunakan metoda komunikasi hypnotherapy (hypnotherapeutic communication).
Pak Erwin menjelaskan, fungsi hypnotherapy adalah untuk kesehatan dan meningkatkan kepercayaan diri. ’’Hypnotherapy merupakan metode hipnosis yang digunakan untuk terapi kesehatan dan perbaikan psikologis. Penerapannya sangat simple, yakni dengan membuat klien tidur atau mata terpejam dan fokus dalam satu titik,” katanya. Menurutnya, metode tersebut dapat digunakan dalam keilmuan kedokteran. ’’Untuk pengganti obat bius saat operasi, hypnotherapy merupakan metode yang tepat, karena alam bawah sadar yang disampaikan dengan metode hipnosis bisa membuat seseorang tak sadar dan saat itu bisa dilakukan perbaikan psikologis,” katanya.
Pengalaman saya saat dihypnotis seperti dibawa ke “dunia lain” layaknya di surga. Sang instruktur, Pak Erwin Candra Kelana, menyuruh saya duduk santai, bersandar pada punggung kursi, memejamkan mata, dan mengikuti segala intruksi Pak Erwin. Beliau berkata,
“Bayangkan Anda sedang berada di taman, udara sejuk, dipenuhi tanaman bunga….. Terhampar di depan Anda rerumputan hijau, banyak tetes embun di dedaunan…. Ada bangku di tengah taman, dan Anda memandangi keindahan alam di sekitarnya. Ada bunyi gemericik air di kolam yang menghiasi taman itu. Kemudian Anda duduk di bangku tersebut. Dihirupnya udara pagi yang segar dan sejuk. Tarik nafas kuat-kuat hingga oksigen masuk memenuhi rongga tubuh. Tak ada orang lain di taman itu yang mengganggu konsentrasi Anda menikmati indahnya taman. Suara kicau burung menambah harmoninya alam. Anda sangat menikmati kesejukan alam di taman itu. Beberapa kali tiupan angin sepoi-sepoi menerpa kulit Anda, dan Anda merasakan kesegarannya. Tak ada hawa panas, tak ada suara bising jalan raya. Yang nampak di mata Anda hanyalah keindahan, kesejukan, dan kesegaran di taman. Hirup sekali lagi udara pagi, tarik dalam-dalam hingga Anda enggan beranjak dari taman. Hirup pelan-pelan, dan rasakan kesegarannya. Sekarang, buka mata Anda, dan rasakan ….”
Kubuka mata saya pelan-pelan. Saat kubuka mata saya, saya serasa masih berada di taman yang sejuk. Damai ….. sekali! Jika sudah terbuai oleh kesejukan, rasanya yang ada di sekitar saya semuanya menyejukkan. Itulah pengalaman saya waktu mengikuti pelatihan hypnotherapy di Ambarawa. Pengalaman yang sangat menarik bukan? Jadi, siapa bilang hypnotherapy identik dengan kejahatan?
***

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda