25 October 2011

PKS Berbagi Dengan Anak Yatim


Catatan Harian:
PKS Berbagi Dengan Anak Yatim
                                                                                                 By Puput Happy
Jumat siang, tanggal 20 Mei 2011 pukul 14.00 WIB saya dan teman-teman dari Mawar Keadilan diajak oleh Ketua Bidang Keperempuanan DPD PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Kabupaten Tegal, Ir. Rahmi Mardiningsih untuk mengadakan bakti sosial dengan mengunjungi sebuah yayasan Panti asuhan Darul Farroh yang mengasuh anak-anak yatim, bertempat di Jl. Mbah Santri No. 24 Desa Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal Jateng Kode Pos 52194. Tempatnya jauh dari jalan raya, bahkan bisa dikatakan keberadaan panti asuhan tersebut mungkin tidak banyak orang yang mengetahui jika di sana ternyata ada panti asuhan yang perlu mendapat santunan.
Melihat kondisi Panti asuhan Darul Farroh yang kurang terekspos di masyarakat Tegal dan sekitarnya, serta kemandirian dari panti asuhan tersebut yang tidak ditopang oleh bantuan dari manapun juga membuat tim Bidang Keperempuanan DPD PKS Tegal tergerak untuk berbagi dengan 30 anak yatim yang kini ditampung oleh Panti Asuhan Darrul Farroh tersebut berupa pemberian sembako dan sejumlah uang. Sikap yang diambil oleh tim tersebut berdasarkan visi dan misi PKS yang berusaha memperjuangkan kesejahteraan hidup kaum wanita dan anak-anak sebagaimana yang dianjurkan  Rasulullah SAW untuk menyantuni anak yatim.
Barang siapa yang mengusap kepala anak yatim karena Allah maka baginya kebaikan yang banyak dari setiap rambut yang ia usap. Dan barang siapa yang berbuat baik kepada anak yatim perempuan atau laki-laki maka aku dan dia akan berada di surga seperti ini, Rasulullah SAW mengisyaratkan antara jari telunjuk dan jari tengahnya.” (HR. Ahmad dari Abu Umamah)
Sebaik-baiknya rumah di antara orang-orang Islam adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang diperlakukan dengan sebaik-baiknya, dan seburuk-buruknya rumah adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim namun diperlakukan dengan buruk. Apabila sebuah keluarga memelihara, menyantuni, dan memuliakan anak yatim, Allah SWT akan meliputinya dengan rahmat, kebahagiaan, dan keberkahan.” (HR. Ibnu Majah dari Abu Hurairah)
Panti Asuhan Darul Farroh yang telah berdiri sejak tahun 1997 hingga kini di bawah pimpinan Bapak Ahmad Rifa’i yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Rifa’i. Orangnya ramah dan familiar, membuat penduduk sekitar mempercayakan Bapak Rifa’i untuk mengurus anak-anak yatim yang dinaunginya. Semoga menjadi amalan yang penuh berkah dan mendapat ridho dari Allah SWT. Amin.
Dan tujuan utama tim Bidang Keperempuanan PKS ke yayasan tersebut selain untuk berbagi kebahagiaan dan rezeki kepada anak-anak yatim juga mengajak kita sebagai makhluk Allah SWT untuk lebih banyak bersyukur atas segala karunia dan rahmat-Nya yang sudah banyak kita nikmati. Sebab dengan makin banyak kita bersyukur, hidup kita akan lebih berkah dan bahagia.
Sungguh merupakan suatu perbuatan yang terpuji jika kita yang berkelebihan harta, berbagi rezeki dengan orang lain yang kekurangan, terutama anak-anak yatim. Sebab memang ada hak anak yatim di setiap rezeki yang kita dapat dari Allah SWT.
Pembaca, sebagai renungan, kita dianjurkan berbagi dengan anak yatim karena berkah menyantuni anak yatim antara lain :
  • Meraih peluang menjadi teman Rasulullah SAW di surga
  • Dijamin masuk surga
  • Hati dan perasaan menjadi lembut
  • Senantiasa mendapat pertolongan Allah SWT
  • Mempermudah terkabulnya doa
  • Terhindar dari siksa akhirat
Sebaliknya jika menelantarkan anak yatim bahayanya yaitu :
  • Menutup peluang menjadi teman Rasulullah SAW di surga
  • Tergolong sebagai pendusta agama
  • Hati dan perasaan menjadi keras
  • Terhalang dari pertolongan dan rahmat Allah SWT
  • Tidak terkabulnya doa
  • Kelak mendapat siksa akhirat
Naudzubillah min zaliik. Semoga kita terhindar dari-hal-hal demikian.
Semoga dengan kegiatan berbagi dengan anak yatim bisa menjadi suatu kebiasaan yang dapat kita lakukan secara rutin, sebagai tanda bersyukur dan mencari ridho Allah SWT. Amiin ya robbal a’alamin.

Pendiri Yayasan

Foto Saya
Pekerja Sosial, lingkungan dan masyarakat yang selalu mencari manfaat untuk orang lain. Blogger dari http://pantiasuhandarulfarroh.blogspot.com
Profil Panti Asuhan Darrul Farroh
Alamat : Jln. Mbah Santri 24 ds Harjosari Kidul, Kec Adiwerna, Kab Tegal Jateng Kode POs 52194 HP 085865095719, Rek. BRI Unit Adiwerna I : 6059-01-004437-53-3 a.n. Darul Farroh, Rek. Bank Jateng Cab. Slawi : 3-035-01231-1 a.n. Darul Farroh, Giro Pos Cab. Tegal : 5210003369 a.n. Darul Farroh

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda