26 December 2012

RESOLUSI



By: Puput Happy

Arti Resolusi:
-          Pencapaian
-          Tujuan yang ditetapkan untuk kedepannya agar bisa tercapai dalam kurun waktu yang ditentukan. *Misal resolusi tahun baru ini, saya ingin bisa belajar bahasa inggris dan mendapat nilai terbaik dalam hasil ujian nanti. Maka yang saya lakukan di tahun baru ini, yaitu belajar dengan tekun dan fokus di mata pelajaran bahasa Inggris.
-          Proses untuk pemecahan suatu masalah (solusi). Mencoba untuk mencari jalan keluar dari masalah yang belum terpecahkan.
-          Ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu.
-          Sebuah harapan, cita-cita atau bisa juga planning yang akan kita capai setahun ke depan.
-          Perubahan secara cepat yang dapat merubah sendi-sendi pokok kehidupan. 
-          Sebuah semangat untuk bertindak sesuatu yang mendasar dalam kehidupan seseorang, yang pengaruhnya sangat besar dalam kehidupan seseorang sepanjang tahun yang akan di jalaninya. Dan jika resolusi itu berhasil dilaksanakan, maka  satu langkah besar dalam kehidupan seseorang untuk sampai kepada cita-cita dan tujuan hidupnya.
-          Sebuah langkah besar yang ingin dilakukan seseorang, namun dalam bentuk sebuah tindakan yang sederhana dan aplikatif.  
-          Putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat.
Tahun Baru sering dipakai untuk menetapkan resolusi bagi diri sendiri. Pada orang-orang yang menjalani hidupnya dengan sadar dan serius, resolusi biasanya didahului oleh perenungan yang mendalam dan doa yang khusyuk. Kita mohon perkenan Tuhan agar kita diberi-Nya kemauan keras dan ketegaran iman untuk mengatasi kelemahan kita. Agar kita tak tergelincir oleh godaan untuk menyimpang dari resolusi kita.
Fokuslah kepada resolusi yang sudah kita buat. Sekali lagi fokus. Semoga kita mampu menjalani tahun baru kita untuk menuju kepada hidup yang bertumbuh, berkembang, dan berbuah.
Perbedaan resolusi dengan REVOLUSI: Revolusi adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat.
****
Dalil-dalil yang menganjurkan untuk memiliki resolusi di tahun mendatang:
Rasulullah SAW. bersabda:

من كان يومه خيرا من امسه فهو رابح. ومن كان يومه مثل امسه فهو مغبون. ومن كان يومه شرا من امسه فهو ملعون. ( رواه الحاكم   
Barang siapa hari ini LEBIH BAIK dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang BERUNTUNG. Barang siapa yang hari ini SAMA DENGAN hari kemarin dialah tergolong orang yang MERUGI, dan barang siapa yang hari ini LEBIH BURUK dari hari kemarin dialah tergolong orang yang CELAKA” (HR Hakim)

Firman Allah swt berikut :

وَاَنْ لَّيْسَ لِلاِ نْسَانِ اِلاَّ مَاسَعَى (۳۹) وَاَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرى  (QS. An- Najm : 53/39-40)
Artinya : “Dan bahwasannya seseorang itu tidak memperoleh selain apa yang diusahakan. Dan bahwasannya usahanya itu kelak akan diperlihatkan kepadanya, kemudian akan diberi balasan yang paling sempurna”. (QS. An- Najm : 53/39-40)

اِنَّ اللهَ لاَيـُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوْا مَا بِأَنـْفُسِهِمْط  (QS. Ar- Ra’du : 13/11)
Artinya : “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan (nasib) suatu bangsa sehingga bangsa itu mau mengubah keadaan (nasib) yang ada pada mereka sendiri”. (QS. Ar- Ra’du : 13/11)
Firman Allah swt berikut :
فَاِذَاعَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِط اِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ (QS. Ali Imran : 3/159)
Artinya : ”Kemudian apabila kamu telah ’azam (membulatkan tekad), maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal”. (QS. Ali Imran : 3/159)
So, kita harus ikhtiar, yaitu usaha manusia untuk mencapai sesuatu yang diharapkan agar lebih baik ketika di dunia ataupun di akherat.
Pertanyaannya: Apa resolusimu di tahun 2013??

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda