29 December 2012

RUMAH BACA ARIEZ WINARNI


By: Puput Happy



Namanya Rumah Baca Ariez Winarni. Beralamat di Jl. Merak No. 10 RT 03/01 Desa Sindang Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal  52451. Rumah Baca yang didirikan oleh Ariez Winarni pada tanggal 24 Juni 2012 tersebut, kini telah beranggotakan lebih dari seratus anak, yang sebagian besar dari siswa SD dan SMP.

Motivasi utama Ariez Winarni yang seorang guru SDIT Lukman Hakim Kalisapu ini berawal dari melihat kondisi desanya (Sindang) yang jauh dari keramaian dan pusat teknologi serta transportasi, sehingga ia ingin merekrut anak-anak yang tadinya suka main ke kebun atau sawah, ia alihkan ke rumah baca dengan mengenalkan buku-buku atau bacaan-bacaan yang mampu memacu dan merubah sikap ke arah yang lebih positif. Dengan harapan, adanya Rumah baca mampu mengembangkan potensi anak, menumbuhkan minat baca anak, dan tumbuh kepedulian di antara mereka dan masyarakat, sehingga terbentuk kepribadian anak menjadi lebih baik.

Menurutnya, mendidik kepribadian anak dapat dilakukan melalui buku. Dengan membaca buku, seseorang akan memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas, sehingga bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, hidupnya menjadi lebih baik, lebih arif, dan lebih mengerti ‘tabiat’ dunia.

Adapun kegiatan rutin Rumah Baca Ariez Winarni di antaranya Iqra’ Club (setiap hari pk. 17.00–18.00 WIB), Ahad Ceria, Rumah Baca Keliling Kampung, Kajian for Children (setiap Minggu pagi), Life Skill, Computer, Rebana, Kafe Rumah Baca, Outbond, Sepeda Santai, Mendongeng Bareng Kak Tedi (pendongeng dari Kota Tegal), Bedah Buku Bareng Puput Happy (penulis), Doa Bersama dan kajian tajwid, Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa), dan rihlah (rekreasi). Anak-anak sangat bersemangat mengikuti kegiatan tersebut, apalagi Ariez Winarni juga sering mengadakan acara lomba untuk melatih kreativitas anak, seperti lomba memasak, lomba membuat kreasi dari gelas plastik, lomba membuat kue, lomba membaca doa, dan lain-lain.

Ariez Winarni berharap, tujuan akhir atau goal dari pengelolaan Rumah Baca bisa tercapai, yaitu mampu meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap buku dan meningkatnya budaya baca masyarakat. ***

STRUKTUR ORGANISASI

Pelindung                      : Kepala Desa Sindang
Penasihat                       : Darto, SR
Penanggung Jawab       : Aris Winarni, S. PdI
Ketua                            : Sukemi
Wakil                            : Sudi Hernanti
Sekretaris                      : Ety
Bendahara                     : Novia Sholihah, A. Md
Sarana Prasarana           : Chairil Anwar
Syiar                              : Ozah Fauzanah
-          Rokhayati
-          Zaetun
-          Isah
PUSTAKAWAN
v  Pengadaan Buku     : Hesti Wisnu Widiowati
v  Pengelolaan Buku   : Suswati
-          Liawati
-          Rasminah
v  Pelayanan Buku      : - Aprillia                               - Andreas
-          Adelikha                           - Irfan
-          Aflaha                              - Sigit
-          Octavia                             - Slamet dkk













































No comments:

Post a Comment

Komentar Anda