30 December 2012

SARASEHAN KAMPUNG DONGENG POCI TEGAL



By: Puput Happy


Minggu, 23 Desember 2012 pukul 15.30 WIB Kak Awam Prakoso  (pendongeng nasional dan Ketua Kampung Dongeng Pusat) dengan didampingi Kak Tedi (pendongeng dari Kota Tegal) mengadakan pertemuan dengan para pecinta dongeng sekabupaten Tegal di pendopo Balai Kota Tegal. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membentuk tim kepengurusan Kampung Dongeng (KADO) Poci Tegal di tiap-tiap kecamatan sekabupaten Tegal yang diketuai oleh Kak Tedi.
Menurut Kak Awam, dongeng sangat diperlukan oleh anak-anak berkebutuhan pendampingan, sebab banyak orangtua yang kurang memperhatikan hal ini. Jika Kampung Dongeng sudah terbentuk, nantinya akan keliling kampung-kampung, ke TPQ-TPQ, Taman Kanak-Kanak, Play Group, dan lain-lain. Karenanya, Kak Awam ingin sekali melahirkan kampung-kampung dongeng di kecamatan-kecamatan. Ia juga menjelaskan adanya sistem operasional prosedur dari kampung dongeng tersebut, seperti adanya formulir keanggotaan, juklak, dan pelatihan-pelatihan di tiap bulannya atau pada waktu yang disepakati bersama, sehingga sistem operasional kampung dongeng bisa terarah, terstruktural, sebagaimana ormas-ormas lainnya.
Kak Awam juga mengingatkan kepada pecinta dongeng, agar naskah cerita yang hendak dijadikan materi dongeng haruslah naskah yang sehat/mendidik, juga harusa ada kreativitas dalam gerak. Sebenarnya metode dongeng itu dalam bentuk tutur, sedangkan media alat peraga hanyalah sebagai pendukung, sebab yang utama adalah suara. Pada intinya yang namanya mendongeng itu adalah kreasi.
Selain itu, ia berharap nantinya dari kampung dongeng –kampung dongeng yang sudah terbentuk, ada perputaran tugas mendongeng di setiap kecamatan, dengan tujuan agar anak-anak tidak jenuh mendengar dongeng dari satu orang saja, selain untuk melatih para anggotanya untuk mendongeng di beberapa kecamatan. Bahkan menurut Kak Awam, kampung dongeng itu harus intens, minimal 2x seminggu.
Kemudian di akhir acara, diadakan serah terima stempel kesekretariatan Kampung Dongeng (KADO) Poci Tegal oleh Kak Awam kepada Kak Tedi selaku koordinator dan para ketua Kampung Dongeng (KADO) di kecamatan-kecamatan Kota Tegal yang sudah terbentuk, seperti Bunda Lia untuk KADO Kecamatan Tegal Timur, Bunda Suryani untuk KADO Kecamatan Tegal Barat, Bunda Nurbaeni untuk KADO Kecamatan Margadana, dan Kak Arifa untuk KADO PGSD UNNES.
Pesan beliau: Jangan melihat jumlah anak yang hadir mendengarkan dongeng kita. Yang terpenting adalah, cari titik-titik tempat yang bisa untuk mendongeng. Sebab manfaat akan ada ketika sudah ada aksi. ^_^
*****

















































No comments:

Post a Comment

Komentar Anda