16 November 2013

CACAT YANG BIKIN CANTIK



13846177222006112732

By: Futicha Turisqoh

Saya pengagum berat  si lesung pipit, siapapun orangnya. Maka ketika ada seorang wanita cantik yang tiap hari kulihat, aku akan selalu memperhatikan pipinya yang mempesona itu. Dia adalah salah satu walimuridku yang setiap hari mengantar anaknya ke sekolah. Dari obrolan ringan dengannya, aku sempat kaget dengan ceritanya, bahwa lesung pipit yang menghiasi pipinya selama ini ternyata bukan bawaan dari lahir, tapi akibat pernah jatuh dari pohon saat kecil dulu. Kebiasaan panjat pohon yang ia lakukan di masa kecil itu membawa dampak harus rela menjalani operasi pipi yang luka dan bernanah. Setelah menjalani operasi pipi hingga si pipi harus dijahit kemudian sembuh, malah muncul lesung pipitnya di pipi sebelah kanan yang akibat jatuh itu tadi. Subhanallah….. rupanya Allah menghiburnya dengan menggantikan luka yang pernah dialaminya dengan lesung pipit yang dimilikinya kini.

Melihat lesung pipit milik sang walimurid tadi, saya jadi ingat Pretty Zinta, si artis Bollywood yang memiliki lesung pipit di pipinya yang membuat ia makin cantik kala ia tersenyum, begitu juga dengan Afgan, penyanyi Indonesia yang memiliki suara khas-nya, lesung pipitnya begitu menggoda bagi yang memandangnya. Saya baru tahu, kalau ternyata lesung pipit yang mereka miliki itu adalah cacat otot pada pipi. Saya ketahui itu dari artikel yang pernah saya baca di Suara Merdeka, bahwa menurut makalah yang diterbitkan jurnal Clinical Anatomy tahun 1998 karya Dr Joel Pessa, seorang ahli bedah plastik di University of Texas Health Science Center, lesung pipi disebabkan oleh kecacatan otot zygomaticus utama. Jadi, lesung pipi muncul akibat otot zygomaticus utama lebih pendek daripada ukuran semestinya atau otot ini terbelah menjadi dua. Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya lekukan pada pipi. Seseorang dengan anatomi wajah seperti ini (otot zygomaticus tak normal) saat tersenyum, otot-otot yang lebih pendek dari wajahnya menyebabkan kulit wajahnya tertarik, lalu menciptakan sedikit cekungan di kulit. Pada posisi diam, otot pipi tidak mengalami penarikan, maka lesung pipi tidak terlihat. Tapi ada juga beberapa orang yang hanya memiliki lesung pipi saat masih anak-anak atau masih muda lantaran seiring waktu otot wajah akan semakin meregang, jadi lesung pipi akan memudar atau hilang.

Wah, rasanya gak rugi jika pembaca memiliki cacat otot di pipi yang membuatnya malah terlihat lebih cantik saat bicara atau tersenyum. ^_^

1384618087332444621

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda