22 November 2013

Pemilu BKM Desa Gumayun Periode 2013-2016

1385164227568298057

Rabu, 20 November 2013 pukul 19.30 WIB di Balai Desa Gumayun Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal menggelar acara pertemuan membahas Pemilu BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Desa Gumayun.

Ada 99 tamu undangan, dimana ke 99 orang tersebut merupakan calon BKM usulan tingkat Basis yang terdiri dari 68 laki-laki dan 31 perempuan. 99 orang tersebut diambil dari 21 RT yang terdiri dari 5 orang per-RT dengan 3 laki-laki dan 2 perempuan untuk dipilih kembali di tingkat Desa untuk menggantikan anggota BKM Desa Gumayun periode  2011 – 2013.

Sambutan Kepala Desa Gumayun, Bp. Purwanto:
Diharapkan BKM lama ada yang bisa dipilih kembali, supaya cepat kerjanya, karena sudah berpengalaman. Tamu undangan akan dibagikan kartu suara untuk memilih BKM yang layak. Anggota BKM lama di antaranya: Kuswono (coordinator), R. Purwanto, Iwan Darmawan, Ika Zamzami, Koko Haryanto, Sayidin, Tuningsih, Sumarni, dan Ratna Isyuni.

Sambutan Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa), Bp. R. Purwanto:
BKM merupakan bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). BKM terpilih nantinya harus yang aspiratif dan peka terhadap masyarakat, itu prinsip. Dalam 2 dekade BKM telah dipimpin oleh Kuswono dengan baik.

BPD yang terdiri dari 7 anggota dalam fungsi legislasinya sebagai pembuat suatu aturan, sebagai mitra kerja pemerintah desa, dan penyelenggara pemerintahan desa.. Bapak Purwanto selaku Kepala Desa sebagai kepala teknis BPD.

Sambutan Ketua LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa), Bp. Suwarso Saleh:
LPMD dulunya bernama LKMD (Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa). LPMD menyerap aspirasi masyarakat, terutama pembangunan fisik yang wujudnya seperti membangun gang, jalan, saluran air, dan lain-lain. Sehingga BKM ada sinkronisasi dengan LPMD. Diharapkan BKM yang baru lebih baik gerakannya dan lebih membawa kemajuan desa. Saat ini sebagai koordinator BKM Lestari  Gumayun yaitu Bp. Kuswono, dan sudah cukup baik dalam melaksanakan kewajibannya.

Anggaran BKM dari pusat 1,5 M dari tahun 2007 -2013. Di tahun 2011 nihil alias kosong, tidak ada bantuan dari daerah atau pusat. BKM tutup buku per-Desember.

Sambutan koordinator BKM, Bp. Kuswono:
Pilihlah orang yang kober dan bener! Pilihan sekarang harus lebih baik dari yang dulu. Dari 21 RT harus terpilih 9 orang yang layak untuk dipilih. Jadi tamu undangan merupakan orang yang berhak memilih dan dipilih. BKM tidak ada bayarannya, tapi harus ikhlas menjalankan tugas demi kemajuan desa. Pemilu BKM dipandu oleh Ketua BPD, Bp. R. Purwanto. Dan akhirnya BKM Lestari periode 2013-2016 terpilih adalah:
1.      Kuswono         = 72 suara
2.      Sumarni           = 45 suara
3.      Sayidin            = 25 suara
4.      Ikhsan             = 15 suara
5.      R. Purwanto    = 11 suara
6.      Ending            = 11 suara
7.      Pardan             = 10 suara
8.      Pulih Haryono             = 10 suara
9.      Eti Susianti      = 7 suara


Selamat kepada anggota BKM terpilih!
















No comments:

Post a Comment

Komentar Anda