13 November 2013

Sebelum Ngetik Baca Futicha Dulu

Baca juga di: http://edukasi.kompasiana.com/2013/11/14/sebelum-ngetik-baca-futicha-dulu-607719.html
 

Ada yang menggelitik tiap dapat sms dari seorang teman, yang selalu bilang: “Sebelum ngetik jangan lupa baca futicha dulu , eh alfaticha… hehe ^_^” Selalu begitu tiap harinya. Perhatian banget ya dia sama aku?

Terkesan lucu dan ada-ada saja tuh anak. Nama orang kok buat plesetan. Tapi tak apalah, itung-itung bisa bikin aku tersenyum. Sebenarnya bukan kata futicha-nya yang bikin aku jadi berpikir, tapi kata “alfaticha”-nya itu…. Penulisan yang benar seharusnya “Alfatihah”, tapi dia menggunakan huruf ch karena hampir mirip dengan namaku (menggunakan ejaan jaman dulu). Kenapa harus alfatihah? Kok bukan bismillah? Itu yang ada di benak saya, sebab saya pernah dengar nasihat: sebelum melakukan kebaikan baca dulu basmalah. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, sama saja sih sebenarnya, sebab di ayat pertama dalam surat alfatihah adalah kalimat basmalah. Hanya bedanya, kalau bismillah cuma satu kalimat, tapi kalau alfatihah tentunya dengan beberapa kalimat dari ayat 1-7.
Tapi saya jadi paham kenapa dia lebih menganjurkan untuk membaca surat alfatihah ketimbang basmallah, sebab surat alfatihah selain merupakan ummul kitab, juga memiliki banyak keistimewaan, sebagaimana yang saya jumpai di situs-situs internet, diantaranya:

1. Al-Fatihah wajib dibaca dalam sholat. Jika orang sholat tidak membaca surat ini, maka sholatnya tidak sah. Itu artinya setiap muslim, termasuk mu’allaf harus hafal surat alfatihah, sebagai syarat sah-nya sholat yang dikerjakan.

2. Al-Fatihah bisa dibaca untuk tujuan dan maksud apa saja seperti yang disampaikan oleh Rasulullah SAW. (al-Fatihatu lima quria lahu ). Maksudnya jika kita punya suatu hajat apapun, bisa menggunakan wasilah surat al-Fatihah ini. Saya jadi ingat pesan teman saya, jika sedang menginginkan terkabulnya doa, baca surat alfatihah 11 kali, dan setiap membaca ayat “iyyaakana’budu wa iyyaakanasta’iin…” dibaca 3x. Saya tidak tahu dasarnya darimana, tapi tak ada salahnya jika mencoba.

3. Al-Fatihah bila dibaca 14 kali sebelum tidur: Suami/istri dan anak-anak akan mengingat kita selalu. Wah, tips yang jitu jika ingin diingat oleh orang yang kita sayangi… ^_^

4. Al-Fatihah bila dibaca 41 kali tiup dalam air dan minum serta dibuat air mandi, bisa melepaskan rasa sakit dalam. (Kenapa harus 41 kali ya??)

5. Al-Fatihah bila dibaca 7 kali dan diusapkan di kepala setiap pagi dan sekali sebelum tidur untuk menyembuhkan orang yang punya penyakit keterbelakangan mental. Bagi yang memiliki anak yang idiot, tips ini boleh juga…

6. Al-Fatihah bila dibaca 3 kali tiup dalam segelas air-minum dan baca sambil mengusap daerah yang terasa sakit, insyaAllah akan mengurangi bahkan bisa menyembuhkan rasa sakit itu. Kalau yang ini sangat mudah dilakukan, gak capek dan tidak memakan waktu lama… ^_^

7. Al-Fatihah dibaca 7 kali dan diusapkan ke atas kepala bayi yang suka menangis pada malam hari atau pada setiap saat. Wah, ini juga cara mudah bagi ibu-ibu untuk mendiamkan bayi yang rewel. Kaum ibu yang baru melahirkan anak yang hobinya nangis di malam hari, diusahakan sebisa mungkin untuk banyak membaca surat alfatihah. Dan anak yang baru dilahirkan memang harus banyak mendengarkan ayat-ayat Allah, di antaranya surat alfatihah itu tadi.

8. Al-Fatihah dibaca 3 atau 7 kali, gunakan ibu jari dan tekan di langit-langit mulut, kemudian usapkan pada tempat yang sakit. Mungkin luka berdarah, tersengat lebah, jari terjepit di pintu dan lain-lain. (Sumber)

Jika dipikir-pikir, obat murah dan mudah dilakukan cukup dengan bacaan surat alfatihah, jika tak ada uang untuk berobat. Bagaimana menurut Anda?? ^_^

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda