31 December 2013

PERINGATAN HARI IBU BIDPUAN DPD PKS KAB. TEGAL



Slawi, 29 Desember 2013, bertepatan hari Minggu di Taman Rakyat Slawi (Trasa) pukul 06.30 WIB Pengurus Bidan Perempuan DPD PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Kabupaten Tegal menggelar acara “Senam dan Lomba Keluarga” dengan tema “Keluarga Harmonis, Indonesia Sejahtera” dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-85.
Maksud dan tujuan dari kegiatan peringatan Hari Ibu tersebut adalah sebagai bahan evaluasi bagi generasi muda sebagai upaya kita meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat, martabat, kedudukan dan peran kaum perempuan Indonesia dalam upaya meningkatkan moral bangsa. Sedangkan peserta kegiatan adalah terdiri dari semua kader, simpatisan PKS, dan masyarakat umum.


Dasar pemikiran dari acara tersebut adalah bahwa partisipasi perempuan dalam pemberdayaan sumber daya alam dan pembangunan masih belum optimal dikarenakan masih adanya anggapan perempuan menjadi “beban pembangunan”. Pada abad 21 ini sudah mulai adanya pergeseran budaya yaitu perempuan yang dulu sebagai objek pembangunan bergeser menjadi subjek pembangunan walaupun belum optimal dan belum merata di wilayah Indonesia. Hal yang masih terjadi terkait dengan hal tersebut, misalnya masih rendahnya keikutsertaan perempuan dalam pengambilan keputusan, masih banyak perempuan yang kurang aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan serta peran pentingnya membangun kesehatan generasi muda sebagai faktor pendukung dari banyaknya sektor yang membutuhkan partisipasi perempuan.


Peran perempuan tidak dapat diabaikan, keikutsertaan perempuan Indonesia dalam menentukan sejarah perjuangan bangsa merupakan salah satu usaha perempuan untuk memajukan bangsa Indonesia, untuk itu peringatan Hari Ibu yang ke-85 ini juga merupakan momentum yang berharga dan penting, sebagai bentuk rasa syukur dan terimakasih kita terhadap peranan perempuan yang turut membangun negeri ini. Selain itu, peringatan Hari Ibu yang ke-85 tahun 2013 ini diharapkan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan kualitas bangsa dan Negara dengan menumbuhkan kembali semangat kebangsaan bagi seluruh sumber daya manusia, baik laki-laki maupun perempuan dengan mengangkat budaya nasional Indonesia. 
Kaum perempuan memang tidak hanya sekedar menjadi pengguna hasil pembangunan, tetapi kaum perempuan juga harus ikut berpartisipasi di segenap aspek kehidupan, semakin besar, seiring dengan munculnya berbagai tantangan kehidupan di jaman ini. Untuk itu diharapkan kaum perempuan harus ikut serta dalam usaha-usaha bangsa ini menangani berbagai permasalahan, termasuk masalah kemerosotan moral bangsa.


Acara kegiatan diawali dengan Senam PKS Nusantara dan dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Ketua Bidpuan DPD PKS Kab. Tegal, Ir. Rahmi Mardiningsih. Beliau menghimbau agar anak mengingat jasa ibu saat melahirkan, merawat saat sakit, dan mengasuhnya hingga dewasa dengan penuh kasih sayang. Rosulullah SAW bersabda: “Penuhilah hak ibumu, meskipun engkau membelah-belah dagingmu, kamu tidak akan bisa membalas seperempat jasa ibumu.” Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada semua ibu atas cinta dan jasa-jasanya dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya.
Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Bp. Musthofa Sami’an, anggota DPRD Kab. Tegal dari Fraksi PKS. Beliau menyampaikan bahwa peran ibu sangatlah besar. Rosul sangat memuliakan para ibu, hingga di dalam al-Quran ada surat yang bernama An-Nisa, yang membuktikan bahwa perempuan itu sangat mulia di mata Allah SWT.
Al jannatu tahta al-Ummahat.” Surga di bawah telapak kaki ibu, itu kata Rosul, yang menandakan bahwa Rasulullah SAW juga sangat memuliakan Ibu. Meski kita baru memperingati Hari Ibu yang ke-85, al-Quran justru sudah mengutamakan Ibu berabad-abad silam, sebelum kita merayakannya. Kita dianjurkan untuk berkata yang lembut atau layyin kepada ibu, bukan dengan nada keras. Hormati dan muliakan ibu, meski Ibu telah meninggal sekalipun.
Sambutan terakhir oleh Bp. Drs. H. Fikri Faqih, MM, Ketua DPW PKS Provinsi Jawa Tengah. Beliau mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua ibu di Indonesia dan seluruh dunia, khususnya kaum ibu di Kabupaten Tegal, semoga momentum ini menjadikan kita selalu mengingat jasa ibu. Beliau juga sangat berterimakasih kepada pengurus Bidpuan DPD PKS Kab. Tegal atas terselenggaranya acara ini.
Kemudian dilanjutkan dengan acara inti, yaitu Lomba Keluarga, di antaranya: Lomba Bakiak dan Lomba Peras Spons yang terdiri dari bapak, ibu, dan anak, Lomba Menyusun Keping Puzzle Gambar PKS, Lomba Menyajikan Menu Sehat, dan Lomba Kelereng Estafet Ceria.

Acara berjalan dengan lancar dan penuh keceriaan dan diakhiri dengan pemberian hadiah doorprize kepada para peserta yang mendapatkan kupon berhadiah dan beruntung.
****





No comments:

Post a Comment

Komentar Anda