24 Mei 2017

Hentikan Kebiasaan Ngupil Sekarang Juga, Sebab itu Berbahaya, Mau Tahu?



Hampir semua orang pernah mengupil. Apa sih upil dan ngupil? Upil itu terbentuk dari kotoran yang masuk ke dalam lubang hidung melalui proses pernapasan. Debu dan kotoran yang masuk ke hidung ini akan disaring oleh filter atau bulu-bulu hidung. Kotoran yang tidak tersaring akan ditangkap oleh lendir yang ada di hidung. Lama kelamaan lendir ini akan mengeras dan terbentuklah upil. Sedangkan membersihkan hidung dari kotoran dengan menggunakan jari itu disebut mengupil, dan biasanya membuat seseorang bisa bernapas lebih baik karena tidak ada yang menghalangi jalur pernapasan.

Meski Prof Bischinger menganggap bahwa mengupil itu menyehatkan, namun tidak ditemukannya literatur ilmiahnya oleh ilmuwan manapun.

 "Saya belum pernah membaca literatur ilmiahnya," kata Dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah mengomentari pendapat tentang ngupil yang diklaim bisa menyehatkan tubuh, saat dihubungi detikHealth Jumat (3/5/2013).

Menurut Dr Agus, ngupil bukanlah perilaku yang sehat sehingga tidak perlu dijadikan kebiasaan. Selain jorok dan membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman, ngupil juga berisiko melukai mukosa hidung dan memicu infeksi. Bahkan bisa merusak tulang rawan di hidung.

Membersihkan lapisan kerak yang ada di dalam hidung atau mengupil terkadang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, dokter spesialis telinga hidung tenggorokan menyarankan untuk tidak membersihkan hidung menggunakan jemari.

"Jari bisa saja mengandung virus, saat mengupil berarti memindahkan virus masuk ke dalam tubuh," terang dokter spesialis THT Rusdian Utama Roeslani saat ditemui dalam acara Bebas Gangguan Hidung Tersumbat di Jakarta pada Rabu (3/12/2014).

Menurutnya salah satu cara aman membersihkan hidung dengan mencuci hidung menggunakan air. "Bagi orang Islam saat wudhu kan diminta untuk membersihkan hidung dengan air dan menghirupnya kemudian dikeluarkan. Nah itu juga bisa jadi salah satu alternatif cara membersihkan hidung," terang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.
 Bisa juga dengan mengirigasi hidung menggunakan larutan garam. Cukup campurkan dua sendok teh garam ke dalam 200 cc air, lalu basuh hidung menggunakan larutan tersebut.

Mengupil tidak baik karena menimbulkan efek samping bagi kesehatan, di antaranya:
  1. Sering ngupil membuat infeksi lubang hidung
Infeksi di dalam lubang hidung adalah hal yang paling mungkin terjadi akibat kebiasaan sering mengupil. Sebagian besar orang mengupil dengan jarinya. Ketika jari yang dimasukkan ke dalam lubang hidung tidak bersih dan penuh bakteri, maka bakteri tersebut dapat berpindah dari jari bagian dalam hidung. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami infeksi vestibulus – bagian atas hidung yang cukup sensitif.

Tidak hanya itu, bakteri dan kuman penyakit ini dapat mempengaruhi dan menginfeksi bagian rambut folikel hidung. Rambut folikel hidung ini berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke hidung. Apabila bagian ini terganggu, maka hidung tidak lagi dapat dengan baik menyaring kotoran yang masuk melalui udara yang terhirup.
  1. Menimbulkan bisul di hidung bagian dalam
Masih terkait dengan infeksi yang mungkin terjadi akibat sering mengupil, diketahui juga bahwa bakteri yang paling banyak ditemukan saat seseorang ngupil adalah Staphylococcus Aureus. Jenis bakteri ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau bisul di dalam lubang hidung Anda. Saat jerawat atau bisul terbentuk di dalam hidung, maka saluran napas akan tersumbat dan mempengaruhi sistem pernapasan Anda.

Selain itu, infeksi ini bisa berbahaya bagi fungsi otak, karena pembuluh darah yang ada di dalam lubang hidung berkaitan dengan pembuluh darah di otak. Apabila infeksi yang terjadi cukup parah, maka bukan tidak mungkin fungsi otak juga akan terganggu.
  1. Berisiko mengalami mimisan
Mimisan atau keluarnya darah dari lubang hidung juga merupakan efek samping dari kebiasaan sering ngupil. Kondisi ini paling sering dan banyak terjadi pada anak-anak. Saat mengupil dengan jari, bisa saja kuku jari melukai bagian dalam hidung kemudian menyebabkan luka dan perdarahan. Hal tersebut akan memperbesar peluang untuk terjadinya infeksi di dalam lubang hidung.
  1. Perforasi septum
Perforasi septum adalah kondisi di mana sekat antara lubang hidung sebelah kanan dan kiri terbuka atau mengalami luka. Terlalu sering ngupil atau tanpa sengaja mengupil terlalu dalam bisa mengakibatkan seseorang mengalami hal ini. Biasanya perforasi septum ini akan menimbulkan mimisan serta pada kasus yang parah, perlu melakukan operasi untuk mengobatinya.
  1. Jorok dan tidak enak dilihat
Kebiasaan sering ngupil adalah kebiasaan yang buruk. Tidak hanya karena berdampak pada fungsi serta bentuk hidung saja, karena secara keseluruhan kebiasaan ini akan menimbulkan banyak kuman dan bakteri penyakit. Anda mungkin tidak sadar telah ngupil, kemudian tidak membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menggunakan tangan tersebut untuk melakukan kegiatan lainnya. Padahal, dalam lubang hidung terdapat banyak sekali bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan Anda mengalami penyakit infeksi.

Selain karena jorok dan dapat menyebabkan penyakit infeksi, kebiasaan sering ngupil juga dianggap tidak sopan, apalagi melakukannya di depan umum. Bukan tidak mungkin Anda akan menjadi bahan omongan dan objek lelucon bagi orang-orang di sekitar Anda.

Nah, serem kan, kalau kita masih melakukan kebiasaan mengupil? Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai sekarang juga. OK, semoga bermanfaat.

Artikel ini dikutip dari : http://solgasol.wordpress.com 
                                                 http://m.detik.com/health
                                                 http://m.liputan6.com/health 
                                                 http://jurnalisislam24jam.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda