28 Mei 2017

Gara-gara Mengejar Ayam, Seorang Ibu Meninggal dalam Keadaan Mengenaskan

 
Image: https://www.youtube.com/watch?v=_reHuxXyuh4
                 Pagi hari, selepas subuh, Bu Tina (bukan nama sebenarnya) bangun tidur. Hendak sholat subuh urung, karena melihat seekor ayam peliharaannya yang hendak dipotong lepas dari kandangnya. Didekati, sang ayam malah kabur keluar. Akhirnya Bu Tina pun keluar mengejarnya. Dalam gelap masih remang-remang karena masih pagi, Bu Tina kesusahan mengejarnya. Tidak biasanya si ayam ‘nggara’ (tidak mau diam, red), yang membuat Bu Tina makin kesal.
                   “Nih ayam ditangkap kok susah banget sih?”, gerutu Bu Tina.
                    Sambil berlari-lari terus mengejarnya, si ayam malah semakin menjauh. Semakin didekati, semakin menjauh. Karena kesal ingin segera menangkapnya, saat mulai dekat jaraknya dengan si ayam, Bu Tina langsung melompat dan menubruknya. Tapi tak disangka, saat melompat ternyata di depannya ada lubang kecil yang tak terlihat oleh Bu Tina, hingga ia pun jatuh terjerambab. Dan jatuhnya pun mengenai batu, yang membuatnya kesakitan dan menjerit keras-keras. Bu Tina pun langsung pingsan seketika.
                    Suaminya yang sedang dzikir selepas sholat subuh, kaget mendengar suara jeritan istrinya di luar. Ia tidak tahu kalau istrinya sudah bangun dan sedang mengejar-ngejar ayam. Ia pun segera beranjak keluar mencari istrinya. Karena di luar mulai terang, ia pun bisa menemukan istrinya yang sedang tergeletak karena pingsan. Suami Bu Tina kaget melihatnya. Tidak jauh dari Bu Tina, ayam yang sedang dikejarnya tengah berdiri dan berkokok keras, seolah memberi tahu warga ada orang pingsan di situ.    
                     Suami Bu Tina pun langsung membopongnya dan meletakkan tubuh Bu Tina di ranjang. Ia mencoba menyadarkannya namun lama tak kunjung siuman. Karena takut terjadi apa-apa, ia pun membawanya ke rumah sakit. Tapi naas, belum sempat diperiksa dokter, Bu Tina menghembuskan nafas terakhirnya. Rupanya, kepala Bu Tina yang terbentur batu saat jatuh, membuat kepalanya retak dan menimbulkan pendarahan di dalam kepalanya. 
                       Suami Bu Tina pun langsung shock menerima kenyataan itu. Yang membuatnya sedih, kenapa istrinya tidak sholat subuh dulu sebelum mengejar ayam. Padahal biasanya Bu Tina selalu sholat subuh terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas kesehariannya. Tapi ia berharap, Tuhan mengampuni istrinya atas kekhilafannya tersebut.
  *****
                      Hikmah dari kisah di atas, beribadahlah di awal waktu, karena kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nantinya. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kisah ini.
Kisah di atas merupakan kisah nyata yang terjadi pada tetangga teman penulis yang diceritakan kepada penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda