23 November 2013

Dua Noura Terlahir



Hari ini adalah hari bahagiaku, karena akhirnya aku bisa menjenguk dua jundiah milik Mbak Yustia Hapsari, setelah menunggu-nunggu sejak dua bulan yang lalu, kapan aku bisa menyempatkan diri ke Kota Tegal, menyaksikan si kembar cantik buah hati Yustia Hapsari – Fikri Hidayatullah. Alhamdulillah, kesampaian juga …. ^_^

Mereka diberi nama Noura Nadzira dan Noura Asy-Syifa. Nadzira terlihat lebih agresif dan lincah dibanding adiknya, Asy-Syifa. Maklum, mereka pun lahir dengan berat badan yang berbeda. Nadzira 2,7 kg, sementara Asy-Syifa hanya 2 kg beratnya. Nadzira lebih banyak mengonsumsi ASI, sementara Asy-Syifa cenderung susah makan. Tapi Alhamdulillah keduanya sehat dan menggemaskan. Aku sampai terpana melihatnya. Aku memang paling suka melihat anak kembar yang lucu-lucu dan unik. Kok bisa kembar ya? Itu yang selalu ada di benakku setiap melihat dua anak manusia dengan wajah dan tubuh yang sama. Pertanyaan konyol. Tapi memang begitu adanya. Aku hanya bisa berucap: subhanallah… Sungguh Maha Indah ciptaan-Mu …

Mereka lahir di tanggal yang sama: 18 September 2013 pada hari Rabu pukul 14.16  WIB (Nadzira) dan 14.18 WIB (Asy-Syifa). Dua putri cantik yang terlahir di Desa Randugunting – Kota Tegal. Siapa tak menyangka, seorang Yustia Hapsari yang mungil dan imut-imut bisa melahirkan dua anak kembar sekaligus, padahal dalam keturunannya tidak ada yang punya saudara kembar.

Kini Mbak Yus harus pending dulu dari aktivitasnya yang seabreg, sebagai  pengurus organisasi seperti FLP, pengelola TBM, sebagai penulis, juga sebagai dosen. Dia harus mengurus si kembar  dulu hingga satu semester lamanya. Ini ibadah wajib yang harus ia jalankan sementara ini. Mudah-mudahan mereka tumbuh menjadi anak yang sholihah dalam buaian Ibunda tercinta.

Dua anak perempuan sekaligus. Ini amanah yang sangat berat bagi seorang ibu. Aku jadi ingat sabda Rasulullah SAW:
Dari Anas Radiyallahu'anhu dari Nabi Shalallahu'alaihiwasallam bersabda, "Barangsiapa yang menanggung dua orang anak perempuan hingga keduanya baligh maka akan datang pada hari kiamat aku dan dia seperti ini (Beliau menghimpit dua jarinya)."



Dari Aisyah Radiyallahu'anha ia berkata seorang wanita datang menemuiku dengan membawa dua putrinya sambil meminta, ia tidak dapati padaku selain buah kurma saja, lalu aku memberikan kurma tersebut kepadanya, iapun membaginya untuk dua putrinya sedang ia sendiri tidak makan, kemudian ia bangkit lalu keluar. Nabi Shalallahu'alaihiwasallam masuk menemui kami dan aku memberitahukan hal tersebut kepada Beliau maka Beliau bersabda, "Barangsiapa yang diuji dengan diberikan anak-anak perempuan lalu ia berbuat baik kepada mereka, niscaya mereka akan menjadi tirai baginya (untuk tidak tersentuh) api neraka."



Dari Aisyah Radiyallahu'anha ia berkata seorang wanita miskin datang kepadaku sambil membawa kedua anaknya lalu aku memberikan kepadanya tiga buah kurma.  Satu untuknya dan masing-masing dari kedua anaknya sebuah kurma.  Ketika ia hendak memakan kurma tersebut, kedua anaknya meminta kurma yang ada padanya.  Wanita itupun membelah kurma yang hendak dimakannya untuk diberikan kepada kedua anaknya.  Hal tersebut membuat aku heran , akupun menceritakan hal yang dilakukannya kepada Rasulullah, maka Rasulullah Shalallahu'alaihiwassalam bersabda, "Sesungguhnya Allah telah mewajibkan surga baginya karena perbuatannya itu atau membebaskannya dari neraka karena perbuatannya itu."



Dan dari Hadits Ayyub bin Basyir Al-Anshari dari Abu Said Al-khudri Radiyallahu'anhu bahwa Rasulullah Shalallahu'alaihiwasallam bersabda, "Tidak ada seorangpun yang memliki tiga anak perempuan atau dua anak perempuan atau dua orang saudara perempuan lalu ia bertakwa kepada Allah dalam urusan mereka dan ia berbuat baik kepada mereka kecuali ia akan masuk surga."



Al Humaidi juga meriwayatkan dari Sufyan dari Abu Shalih dari Ayyub bin Basyir dari Said Al A'sya dari Abu Said dari Nabi bersabda, "Barangsiapa memiliki tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan lalu ia memperbaiki pergaulannya terhadap mereka dan bersabar serta bertakwa kepada Allah dalam urusan mereka niscaya ia akan masuk surga."



Dari Abu Hurairah Radiyallahu'anhu bahwa Rasulullah Shalallahu'alaihiwasallam bersabda, "Barangsiapa memiliki tiga anak perempuan lalu ia tetap bersabar menanggung mereka atau terhadap kesusahan dari mereka niscaya ia akan masuk surga."


Dalam sebuah riwayat disebutkan, iapun bertanya, "Wahai Rasulullah bagaimana kalau hanya dua?",  Beliau menjawab, "Duapun juga".  Ia lalu bertanya, "Wahai Rasulullah bagaimana kalau hanya satu?" Beliau menjawab, "Satupun juga."



Al-Baihaqi mengatakan dari Auf bin Malik bahwa Rasulullah Shalallahu'alaihiwasallam bersabda, "Barangsiapa yang memiliki tiga anak perempuan lalu ia beri nafkah mereka hingga baligh atau bermimpi maka mereka akan menjadi tirai atau penghalang dari neraka."



Bersyukurlah Mbak Yus, surga akan menjadi tempatmu jika kau ikhlas mengasuhnya, merawatnya hingga menjadi mujahidah sejati yang akan kaubanggakan kelak.







No comments:

Post a Comment

Komentar Anda