Tipe-tipe metode proyek
Metode proyek yang diusulkan Kilpatrick mencoba memadukan tiga unsur dalam satu kesatuan konsep. Ketiga unsur tersebut antara lain:
a. Pasrtisipasi sosial siswa dalam situasi belajar,
b. Penggunaan penuh prinsip-prinsip psikologi tentang belajar, dan
c. Masuknya unsur etika dan rasa tanggung jawab.
Kilpatrick membagi metode proyek menjadi empat kelompok, yaitu:
a. Tipe 1 : Proyek konstruksi atau kreatif, tujuannya untuk mewujudkan sautu gagasan atau rencana bentuk lahiriah, seperti membangun perahu, mengarang cerita, menggelar permainan.
b. Tipe 2 : Proyek apresiasi atau hiburan, tujuannya menikmati pengalaman estetis, seperti mendengarkan cerita, mendengarkan simponi, menikamti lukisan, dll.
c. Tipe 3 : Proyek masalah, tujuannya memecahkan suatu kesulitan intelektual, seperti mengapa embun jatuh pada waktu-waktu tertentu?, mengapa new york mempunyai pertumbuhan lebih cepat dari pada Philadelpia?
d. Tipe 4 : Proyek latihan dan belajar khusus, tujuannya memperoleh peningkatan keterampilan dan pengetahuan, seperti belajar menulis halus, memperbaiki peringkat.
Adapun yang dimaksud dengan metode proyek ialah salah satu cara pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak dengan persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok.
Metode proyek yang diusulkan Kilpatrick mencoba memadukan tiga unsur dalam satu kesatuan konsep. Ketiga unsur tersebut antara lain:
a. Pasrtisipasi sosial siswa dalam situasi belajar,
b. Penggunaan penuh prinsip-prinsip psikologi tentang belajar, dan
c. Masuknya unsur etika dan rasa tanggung jawab.
Kilpatrick membagi metode proyek menjadi empat kelompok, yaitu:
a. Tipe 1 : Proyek konstruksi atau kreatif, tujuannya untuk mewujudkan sautu gagasan atau rencana bentuk lahiriah, seperti membangun perahu, mengarang cerita, menggelar permainan.
b. Tipe 2 : Proyek apresiasi atau hiburan, tujuannya menikmati pengalaman estetis, seperti mendengarkan cerita, mendengarkan simponi, menikamti lukisan, dll.
c. Tipe 3 : Proyek masalah, tujuannya memecahkan suatu kesulitan intelektual, seperti mengapa embun jatuh pada waktu-waktu tertentu?, mengapa new york mempunyai pertumbuhan lebih cepat dari pada Philadelpia?
d. Tipe 4 : Proyek latihan dan belajar khusus, tujuannya memperoleh peningkatan keterampilan dan pengetahuan, seperti belajar menulis halus, memperbaiki peringkat.
Adapun yang dimaksud dengan metode proyek ialah salah satu cara pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak dengan persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda