08 Mei 2010

Media Mapping

Resume "Media Mapping"

04 Mei 2010 jam 12:42

Pemateri : Reni Arina (Editor majalah Story)
Penulis : Mimin HW

Media mapping saudaraan sama mind mapping. Intinya pemetaan media. Memilih media yang tepat untuk tulisan-tulisan kita. Cerpen anak nggak mungkin kita kirim ke majalah remaja atau sebaliknya.

Hal-hal kecil yang perlu diperhatikan agar naskah kita diterima antara lain :


1. Perhatikan tokoh dan setting. Jika tokoh cerpen aku harus konsisten dengan aku. Tidak boleh berubah menjadi gue atau saya. Penulisannya harus benar 'gue' bukan 'gw' atau 'gua'

2. Jangan sampai salah ketik. Tentunya yang sempurna lebih utama


Tata cara (etika) kirim naskah ke media :


1. Cari tau keinginan media. Ada media yang lebih senang menerima naskah melalui post. Ada yang lebih suka via email. Kalau via email perhatikan subject email (Cerpen + judul, cerpen + rubrik yang diminta)

2. Cari judul yang membuat penasaran, spektakuler sehingga menarik editor untuk membaca naskah kita

3. Pengiriman naskah pake lampiran (attachment) jangan di badan email. Editor akan merasa dikerjain :). Biodata jangan terpisah dari cerpen, jadi sekali download berisi cerpen + biodata

4. Cerpen yang dimuat bulan in adalah cerpen yang dikirim bulan lalu. Jadi buat yang baru saja kirim cerpen harap bersabar dan jangan sering telepon editor untuk menanyakan nasib naskah. Sekedar pengingat, naskah boleh diforward ulang

5. Biasanya editor membaca 3 halaman pertama, poleslah naskah di tiga halaman pertama. Minimal naskah yang dikirim sudah masuk kategori layak. Tinggal nunggu pemuatan. Biasanya naskah yang layak dipilih-pilih sesuai tema majalah yang akan diterbitkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda