09 May 2010

Rasulullah ahli kesehatan

ESAI "Rosulullah SAW Ahli Kesehatan"

Catatan Widia Hastuti
02 Mei 2010 jam 11:18

1. PENDAHULUAN

Dewasa ini banyak penemuan yang di lakukan oleh ahli-ahli kesehatan yang menyatakan puasa, sholat lima waktu, sholat duha, sholat tahajut, tidak bolah memakan babi, kalau terkena air liur anjing harus di basuh dengan enam kali air dan satu kali yang terakhirnya adalah tanah, tidak boleh memakan hewan yang bertaring, berwudhu, mandi wajib, sebelum melakukan sesuatu di awali dengan do'a, dan lain-lain sesuai ajaran agama Islam yang dibawa oleh Muhammad Rosulullah SAW dapat menjaga kesehatan tubuh.

2. PEMBAHASAN

Rosulullah SAW mengajarkan pada umat manusia agar berpuasa dibulan Ramadhan, berpuasa pada hari senin dan hari kamis. berpuasa pada pertengahan bulan di bulan hijriah, dan puasa yang lain. praktik puasa ini telah diteliti oleh ahli kesehatan yang ternyata ketika seseorang berpuasa ternyata tubuh sedang memproses pembuangan zat beracun di dalam tubuh dan pengaktifan sel-sel organ dalam tubuh melalu sari makanan yang telah dimakan sebelum berpuasa, organ itu seperti jantung, paru-paru, lambung, hati dan organ-organ dalam tubuh yang lain, puasa juga telah digunakan pada dunia kesehatan kalau seseorang sebelum dibedah atau belum operasi orang tersebut harus berpuasa selama enam jam, ada yang dua belas jam, dan ada yang 24 jam.

Rosulullah mengajarkan umat manusia untuk sholat lima waktu yang ternyata gerakan-gerakan sholat adalah gerakan yang lebih hebat tingkat kesehatannya daripada gerakan senam yang biasa dilakukan oleh manusia. Ketika seseorang melalukan sholat dengan ilmu yang artinya mengetahui hal yang menyebabkan makruhnya sholat, membatalkan sholat, bacaan-bacaan sholat, dan seseorang memperbaiki sholatnya secara tidak langsung akan memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh. dari gerakan berdiri, rukuk, dan sujud memiliki manfaat yang luar biasa apalagi ketika seseorang sudah mengetahuai siapa dirinya sendiri, kalau dirinya hanya seorang hamba yang hina dan hamba yang tak mampu berbuat apa-apa kalau tanpa bantuanNya. Gerakan sujud adalah gerakan yang tidak ada dalam gerakan senam manapun, gerakan sujud dalam sholat memliliki manfaat pada bagian otak yaitu mengelastiskan pembuluh darah pada otak, sehingga tidak terjadi pengkakuan pembuluh darah yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada otak. Kombinasi gerakan berdiri, rukuk, dan sujud dapat membuat tulang lebih kokoh dan kuat sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis, penyakit lain juga dapat disembuhkan yang masih belum di ketahui. Secara mental setelah sholat dilakukan dapat membuat seseorang tenang dalam berfikir kalau sholat itu benar, sebalikya jika sholat dilakukan dengan tidak ikhlas dan terburu-buru akan menyebabkan perubahan metabolisme tubuh dan itu berbahaya untuk kesehatan tubuh.
Rosulullah SAW mengajarkan untuk sholat duha, secara penelitian ternyata selain bermanfaat tidak terjadi struk (pemecahan pembuluh halus di dalam otak) dan osteoporosis sholat duha juga mencerdaskan seseorang. ini telah dilakukan oleh pakar kesehatan ketika seseorang sholat diantara jam delapan sampai dengan jam sebelum matahari diatas kepala saat itulah bekerjanya hormon kreatifitas dalam tubuh.
Rosulullah SAW mengajarkan untuk sholat tahajud. Waktu sholat tahajud antara jam dua belas sampai jam 3 atau lebih sebelum subuh. Ketika seseorang bangun pada jam tersebut setelah tidur akan bekerja hormon ketenangan dalam tubuh, sehingga ketika seseorang melaksanakan sholat tahajud seseorang tersebut tidak akan terasa kesal atau capek untuk keesokan harinya ia dapat tenang melaksanakan aktivitas dalam kehidupan dan akan mudah menyelesaikan masalah yang ada. Rosulullah mengajarkan umat manusia kalau terkena air liur anjing pertama dibasuh air dan terakhir adalah tanah karena pada air liur anjing memiliki beberapa penyakit yang penetral penyakit itu ada pada tanah. Manfaat seseorang tidak memakan hewan bertaring, secara ilmiah ternyata dalam tubuh hewan bertaring memiliki penyakit yang cepat menyebar dalam tubuh manusia, termasuk juga daging babi yang dalam tubuhnya memiliki penyakit cacing pita yang dapat hidup lebih dari 400 derajat Celcius, dan cacing tersebut baru dapat dilumpuhkan selama 600 derajat celcius (cacing tersebut belum mati).
Rosulullah mengajarkan manusia untuk berwudhu dan mandi wajib. Ketika seseorang berwudhu akan membersihkan penyakit yang menempel pada anggota tubuh yang terkena wudhu. dengan berwudhu seseorang akan merasakan kesegaran, ketenangan dan santai pada tubuhnya, menjadi seseorang yang pembersih karena wudhu dilakukan seseorang sebelum sholat atau sebelum melakukan sesuatu. dengan berwudhu dapat melancarkan aliran darah pada anggota yang terkena wudhu dan banyak lagi manfaat yang lain. Rosulullah mengajarkan manusia untuk mandi wajib karena mandi wajib adalah mandi yang didalamnya ada do'a bermanfaat menetralkan ketegangan dalam tubuh dari kepala sampai ujung kaki dan lain-lain. Rosulullah mengajarkan pada kita untuk dalam melakukan sesuatu lafaskan do'a karena dalam do'a terdapat energi yang luar biasa menguntungkan pada tubuh kita.

3. Penutup

Beberapa ajaran nabi muhammad SAW seperti puasa, sholat, tidak bolah memakan babi, kalau terkena air liur anjing harus di basuh dengan enam kali air dan satu kali yang terakhirnya adalah tanah, tidak boleh memakan hewan yang bertaring, berwudhu, mandi wajib, sebelum melakukan sesuatu di awali dengan do'a, dan lain-lain sesuai ajaran agama Islam telah terkenal di dunia medis dapat menjaga ketaanan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit di dalam tubuh manusia

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda