17 November 2010

Pentingnya Sebuah Resensi

http://detikbuku.com/blog/2010/06/12/umum/pentingnya-sebuah-resensi-buku-2/Buku adalah hal penting yang harus kita perhatikan, segala jenis buku. Pepatah mengatakan “Buku adalah jendela dunia”. Ini berarti bahwa buku megandung banyak informasi yang Anda bisa dapatkan. Dengan membaca buku, Anda bisa mengetahui apa saja yang terjadi di dunia luar. Seperti misalnya, bila Anda membaca buku tentang negara Irak, Anda akan mendapatkan informasi banyak tentang negara itu. Sehingga, Anda akan menjadi orang yang berwawasan luas. Oleh sebab itu, membaca buku sangat dianjurkan. Akana tetapi, biasanya sering terjadi buku tertentu tidak menarik minat Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda haru mengetahui isi buku sebelum memutuskan untuk membelinya. Untuk mengetahui bagaimana isi buku yang Anda ingin beli, Anda sebaiknya membaca resensi.
Bila Anda sudah sering membaca resensi, Anda tentunya akan mahir membuat resensi buku pula. Ada pepatah mengatakan, bila Anda ingin pandai menulis, Anda harus banyak membaca. Jadi, inti pokoknya masih tetap buku. Untuk mengetahui bagaimana contoh resensi yang baik, Anda bisa membaca contoh resensi buku yang dimuat di majalah, koran, dan juga internet. Karena untuk dimuat, kebanyakan para media massa memuat resensi yang paling bagus. Anda hanya perlu membaca dan memperhatikan poin mana saja yang paling ditekankan dalam membuat resensi. Resensi tidak hanya mewakili isi buku yang diresensi, tapi juga mewakili seberapa jauh pemahaman penulis resensinya. Bila penulis tidak terlalu paham akan buku yang sedang dibaca, sudah bisa dipastikan orang tersebut tidak akan baik dalam membuat resensi. Bila seseorang itu sangat kritis dan kreatif dalam membaca buku, di dalam resensi itu nanti akan timbul banyak persepsi dan pertanyaan yang membuat kita berpikir dan bertanya terus. Hal ini sangat baik, karena dengan begitu kita akan terus membaca dan berpikir.
Selain mencermati apa yang perlu diperhatikan dalam meresensi, Anda juga perlu berlatih membuat resensi berulang kali, karena mengetahui teori saja tidak cukup tanpa mempraktekannya. Oleh karena itu, berlatih membuat resensi sangat dianjurkan bila Anda ingin membuat resensi buku yang baik.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda