28 May 2011

PEKAN SENI PELAJAR TEGAL

By Puput Happy










Jumat, 20 Mei 2011 pukul 08.00 WIB di aula UPTD Kecamatan Dukuhwaru telah diadakan latihan Pekan Seni Pelajar SD se-Kecamatan Dukuhwaru sekaligus latihan presentasi peserta Lomba Guru Berprestasi tahun 2011 dari Kecamatan Dukuhwaru.

Kesenian sebagai salah satu media pengungkapan pengalaman hidup yang unik dan kreatif dapat bermanfaat dalam pembentukan sikap, kepribadian, tingkah laku maupun moral bagi diri pelaku dan orang lain sehingga perlu terus menerus diupayakan pengenalan dan penanamannya pada anak-anak. Kesenian juga berfungsi dan bermanfaat dalam pengembangan prinsip, daya serap, daya pikir, emosi, daya cipta, bakat dan sekaligus sebagai media bermain sehingga sangat relevan dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan.

Pekan Seni Pelajar sebagai wahana untuk kemampuan olah kreasi dan prestasi dibidang seni oleh para siswa merupakan salah satu program Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal dalam pembinaan dan pengembangan seni di sekolah serta sebagai salah satu upaya memasyarakatkan seni di lingkungan sekolah.

Pekan Seni Pelajar bertujuan
1. Menyiapkan anak-anak sebagai generasi penerus yang berkemampuan tinggi, berkepribadian luhur, berakhlak mulia
2. Mengembangkan minat, bakat, kreativitas dan ketrampilan di bidang seni bagi siswa
3. Memupuk cita rasa seni dan kecintaan terhadap khasanah budaya bangsa, sebagai rujukan dan filter terhadap pengaruh budaya luar

Kecamatan Dukuhwaru sebagai wilayah kecil di Kabupaten Tegal ternyata memiliki banyak keunggulan, di antaranya para pelajar berbakat di bidang seni, seperti Dika Dina dari SDN Kalisoka 02, Cindy dari SDN Blubuk 03, David dari SDN Blubuk 02 yang merupakan peserta LOmba Menyanyi Tunggal. Agus Supriyadi dari SDN Slarang Lor 01 sebagai peserta Lomba Macapat. Dua siswi dari SDN Dukuhwaru 04 sebagai peserta Lomba Tari Daerah. Sementara peserta Lomba Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Tegal Ibu Sugiyatmi, S. Pd. M. Pd dari SDN Blubuk 05, Futicha Turisqoh, S. PdI dari TKIT Miftahul Ulum Gumayun, dan Aliyatun, S. Pd. AUD dari TK Masyitoh Dukuhwaru ikut meramaikan acara. Semua itu tak lepas dari peran UPTD Kecamatan Dukuhwaru yang selalu men-support para kandidatnya untuk maju di bidang pendidikan. Semoga Kecamatan Dukuhwaru semakin maju dalam membangun sumber daya manusia di daerahnya, terutama di bidang pendidikan.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda