28 Mei 2011

Lomba Gerak dan Lagu










Disusun Oleh :
IGTKI Kecamatan Dukuhwaru
Kabupaten Tegal
Tahun 2011



KATA PENGANTAR

Puji syukur Kehadirat Allah Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga IGTKI Kecamatan Dukuhwaru mampu menyelesaikan makalah Lomba Gerak dan Lagu tanpa halangan suatu apapun.

Maksud penyusunan makalah lomba ini adalah untuk memenuhi tugas dari IGTKI Kabupaten Tegal dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan HUT IGTKI yaitu Lomba Gerak dan Lagu tahun 2011.

Tujuan utama Lomba Gerak dan Lagu adalah untuk menumbuhkan daya kreativitas anak serta rasa percaya diri pada diri anak, sehingga mampu meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dan mendorong motivasi belajar anak agar lebih siap untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya (SD atau yang setara SD).

Sejalan dengan keberadaan seorang anak yang senang menyanyi dan bergerak, maka gerak dan lagu adalah salah satu pendekatan yang sangat tepat jika digunakan sebagai sarana dalam menyajikan proses pembelajaran pada anak usia dini. Menyajikan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak melalui gerak dan lagu akan memotivasi anak untuk lebih senang mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Dengan menyanyi anak menjadi senang dan lebih mudah dalam memahami materi ajar yang disampaikan.


Kemampuan guru dalam memilih lagu dan menciptakan gerakan yang sesuai dengan usia perkembangan anak akan berdampak pula terhadap berhasilnya proses pembelajaran pada anak usia dini. Dan dengan adanya Lomba Gerak dan Lagu ini diharapkan dapat mengembangkan bakat dan minat anak untuk menjadi lebih aktif dan kreatif.

Dukuhwaru, 31 Mei 2011
Penyusun


GERAK DAN LAGU


Nama Peserta:
1. Futicha Turisqoh, S. PdI
2. Siti Khodijah, A. Ma
3. Aliyatun, S. Pd. AUD
4. Ifada Yuliyani
5. Ani Sofiyati
6. Athiatin, S. PdI
7. Khumayah
8. Endang Sri Rahayu

BIDANG PENGEMBANGAN : Fisik Motorik dan Seni

I. Peserta : 8 Anak
II. Waktu : 10 Menit
III. Teknik Pelaksanaan : Gerak dan lagu terdiri dari pemanasan, inti dan
pendinginan dengan diiringi musik, anak-anak
sambil bernyanyi.
IV. Tujuan : Melatih gerak anak, baik gerak lokomotor
maupun gerak non lokomotor.
V. Manfaat : Dapat diterapkan pada anak agar:
- Anak mampu bergerak sesuai irama
- Melatih kreativitas anak
- Mampu bekerjasama dalam kelompok

VI. Susunan Gerak:



A. PEMANASAN : Anak masuk dan berdiri di tempat, tangan di
depan dada, sambil mengikuti irama musik dengan
lagu “Burung Hantu”





A.1. Gerakan awal dengan formasi sejajar
- Tangan di depan dada, kepala dianggukkan ke depan dua kali, kemudian tengok kanan dan kiri, kembali ke depan lagi.



- Jalan di tempat, sambil tangan diangkat memutar ke dalam seperti gerakan matahari terbenam, tangan diputar lagi keluar dan dilanjutkan gerakan tidur.



- Tangan didekatkan di telinga, tengok kanan dan kiri, kaki lurus dilakukan dua kali.



- Tangan menirukan bunyi burung kiri kanan



- Tangan dijulurkan ke depan menirukan gerakan burung hantu, kaki maju ke depan bergantian.


Gerakan di atas dilakukan dua kali



* Interval : Kaki diayun ke depan bergantian, silang ke kiri dan kanan, tangan dikepalkan menyilang mengikuti gerakan kaki, sambil berjalan posisi melingkar.



A.2. Kembali ke posisi semula, kemudian dilanjutkan gerakan seperti gerakan pemanasan 1 sampai gerakan akhir yaitu gerakan kepala dianggukkan ke depan 2x, tengok kanan kiri lalu depan.

* Memasuki inti, diawali dahulu dengan interval, yaitu jalan di tempat, dengan pergantian formasi baris sejajar ke belakang.


B. INTI : Gerakan inti diiringi dengan lagu “Potong Bebek
Angsa”. Inti terdiri dari 3 gerak utama yang
dilakukan 2x berturut-turut, dan diselingi interval




B.1.1. Gerakan awal inti, jalan di tempat, kepakkan tangan ke samping kanan dan kiri, kaki diayun ke samping, badan berhadapan secara bergantian, kanan ke kiri.



B.1.2. Serongkan kedua tangan ke kiri 2x, samping kanan ke kiri.



B.1.3. Putar badan sambil diayun kaki, tangan di atas kepala.



B.1.4. Jalan ke depan, angkat tangan ke atas depan, diikuti pinggul digoyang kanan kiri.



B.1.5. Gerakkan monyet berjalan memutar 2x


Gerakan di atas dilakukan dua kali
• Interval: Formasi diubah, menjadi berhadapan kanan dan kiri, tangan diayun ke samping kanan dan kiri, kaki mengikuti gerakan tangan.



B.2.1. Tangan menirukan bebek berjalan ke kiri kanan dua kali



B.2.2. Sorongkan satu tangan ke kiri dan kanan dua kali

B.2.3. Putarkan badan, tangan di atas kepala



B.2.4. Kaki maju ke depan sambil berjalan ke depan, tepuk tangan satu kali, mundur ke belakang tepuk tangan.



B.2.5. Tirukan gerakan monyet berjalan memutar ke kiri.


Gerakan di atas dilakukan dua kali



• Interval : Formasi berubah membentuk lingkaran dengan diikuti gerakan kaki menyilang ke samping kiri dan kanan, tangan mengepal mengikuti gerakan kaki.



B.3.1. Masih gerakan melingkar, tangan dikepakkan ke depan ke belakang


B.3.2. Gerakan sorong dua tangan ke kiri kanan
B.3.3. Putarkan badan, sambil tangan di atas kepala
B.3.4. Maju ke depan tangan dipertemukan dengan teman lain sambil tepuk tangan bersamaan, mundur ke belakang tepuk.
B.3.5. Gerakan tirukan jalannya monyet di tempat.



B.3.6. Tepuk tangan bergantian, kaki mengikuti putar badan, sambil tangan diacungkan ke depan, jari menunjuk angka empat.







C. PENDINGINAN
: Gerakan pendinginan diiringi dengan lagu “Naik-
naik ke Puncak Gunung” sampai selesai.

• Interval : Memasuki gerakan pendinginan masih pada posisi melingkar, kedua tangan diayun ke samping kiri dan kanan kaki mengikuti.

C.1.1. Masih posisi melingkar, tangan diayun ke depan berjalan
C.1.2. Tengok kanan dan kiri, sambil tangan ditempelkan ke telinga
C.1.3. Putar tangan ke atas kepala dan kedua tangan dikuncupkan ke atas membentuk pohon cemara.

• Interval : Kembali ke posisi berbaris ke depan ( ═ ) gerakan seperti di atas pada posisi melingkar.



C.2.1. Kedua tangan diayun ke depan atas, kaki mengikuti secara bergantian





C.2.2. Tengok kanan dan kiri, kaki ditekuk ke kanan dan ke kiri, tangan ditempelkan ke dahi seperti memberi hormat secara bergantian


C.2.3. Putar tangan ke atas kepala dan kedua tangan dikuncupkan ke atas membentuk pohon cemara




• Interval : Tangan diayunkan ke depan secara bergantian kanan kiri



C.3.1. Kedua tangan diayun ke samping kiri dan kanan
C.3.2. Tangan tempelkan ke dekat telinga tengok kanan dan kiri





C.3.3. Putar tangan ke atas kepala dan kedua tangan dikuncupkan ke atas membentuk pohon cemara



C.3.4. Tangan dikuncupkan ke depan dada membungkuk memberi hormat.




LAMPIRAN




BIODATA PESERTA




1. Nama : Futicha Turisqoh, S. PdI
Unit Kerja : TK Islam Miftahul Ulum Gumayun




2. Nama : Siti Khodijah, A. Ma
Unit Kerja : TK Islam Miftahul Ulum Gumayun





3. Nama : Aliyatun, S. Pd. AUD
Unit Kerja : TK Masyitoh Dukuhwaru





4. Nama : Ifada Yuliani
Unit Kerja : TK Islam Miftahul Ulum Gumayun




5. Nama : Athiatin, S. PdI
Unit Kerja : TK Islam Miftahul Ulum Gumayun





6. Nama : Khumayah
Unit Kerja : TK Masyitoh Dukuhwaru



7. Nama : Ani Sofiyati
Unit Kerja : TK Al-Falaah Selapura
(Surat keterangan anggota IGTKI-PGRI Kec. Dukuhwaru, terlampir)

8. Nama : Endang Sri Rahayu
Unit Kerja : TK Masyitoh Dukuhwaru
(Surat keterangan anggota IGTKI-PGRI Kec. Dukuhwaru, terlampir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda