06 June 2011

Cerpen Sukses Tergantung Gaya Bahasa

Pengarang : Gusrianto


http://id.shvoong.com/how-to/writing/2170157-cerpen-sukses-tergantung-gaya-bahasa/

“Mungkin pula sebuah cerpen itu temanya sudah biasa , lumrah, dan jamak. Tetapi dikarenakan dibungkus dengan gaya bahasa yang asyik, menjadikan cerpen itu memiliki daya tarik bagi pembacanya.”
(Gus tf Sakai [1], http://www.facebook.com/note.php?note_id=177414795650257 , 2011)

Membaca karya Andrea Hirata, Padang Bulan dan Cinta Di Atas Gelas, membuatku terpukau dan terbawa arus perasaan yang mengharu-biru. Walaupun Andrea Hirata belum pernah mempublikasikan cerpennya, tetapi tiap bab dalam bukunya tersebut laksana cerpen yang mungkin berkembang biak. Tema yang diusung novel ini terbilang sederhana dan sangat biasa, yaitu cinta dan emansipasi wanita. Tetapi karena digarap dengan sangat piawai oleh seorang yang ahli catur dan pekat budaya Melayu Belitong. Kesan yang timbul kemudian adalah luar biasa!

Cara bertutur cerita yang lancar dan seolah-olah ungkapan seorang lelaki nyinyir pada kawannya di warung kopi, cerita dalam kedua novel tersebut membuat pembaca merasa benar-benar merasakan setiap kalimat menjadi nyata serupa suara, bau, sentuhan, emosi, dan semangat. Wajar saja kemudian dalam 2 minggu 250 ribu kopi bukunya terjual laris layaknya kacang goreng.

Itulah maksud dari Gus tf Sakai tentang kehebatan Gaya Bahasa. Dan setiap penulis tingkat pakem seperti Putu Wijaya, Pramoedya Ananta Toer, Danarto, dan Habiburahman El-Shirazy, memiliki gaya bahasa yang menunjukkan identitas tulisannya.

Putu Wijaya, seorang sastrawan “teror”, yang mampu memborbardir pembaca dengan cerita-ceritanya yang memiliki ending mengejutkan. Pramoedya Ananta Toer, menelurkan karya-karya sastra berat yang memiliki penggemar sendiri. Sementara Habiburrahman El-Shirazy memberikan nuansa islam yang kental dalam gaya bertuturnya.

Sehingga begitu pentingnya gaya bahasa seperti pentingnya penyampaian dalam oratoria, sesuai ucapan Demosthenes, “Isi tidaklah bermakna apa pun, semuanya tergantung dari penyampaian”.

Catatan Kecil:
[1] Peraih penghargaan SEA Write Award dari Negara Thailand pada tahun 2004.

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/writing/2170157-cerpen-sukses-tergantung-gaya-bahasa/#ixzz1OX3BdSkY

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda