06 June 2011

Sekilas Tentang Flash Ficton

http://id.shvoong.com/how-to/writing/2170136-sekilas-tentang-flash-ficton/




“Flash fiction dimaksudkan untuk dibaca sekejab (flash), atau sepuntungan rokok.”
(Didik Wijaya, Apa Itu Flash Fiction?, 2006, www.escaeva.com)

Flash fiction atau disebut juga sudden fiction, micro fiction, postcard fiction atau pun short-short fiction. Jenis cerita rekaan ini tergolong dalam sub-genre cerpen. Kriteria flash fiction sehingga membedakannya dari cerpen adalah dari segi jumlah kata yang dipakai. Apabila cerpen mencakup 2 ribu hingga 20 ribu kata, maka fiksi ini dibangun kurang dari 2 ribu kata. Kebanyakan flash fiction berkisar dari 100 hingga 1500 kata.

Saat ini, seringkali istilah flash fiction muncul di dunia cerita fiksi. Merebaknya kegiatan sastra dunia maya melahirkan istilah baru ini. Kebiasaan manusia yang hanya mampu membaca secara intens selama 10-15 menit di layar komputer dengan cahaya kuat menyorot menyebabkan hanya artikel-artikel pendek atau cerita-cerita fiksi super pendek yang enak dinikmati di layar komputer mereka, sekitar 100 sampai dengan 1500 kata.

Oleh karena itulah kemudian, karya-karya flash atau sekilas ini kemudian muncul menjadi primadona baru di dunia cerita fiksi. Beberapa penulis fiksi mulai mengkhususkan diri pada karya-karya ini. Namun, beberapa penikmat fiksi kemudian melontarkan kritikannya terhadap penulis flash fiction, seperti yang muncul di Kompasiana, bahwa Flash Fiction lambat laun akan memandulkan kompetensi penulis untuk menulis cerita-cerita fiksi yang lebih panjang seperti cerpen atau bahkan novel.

Apakah sepenuhnya benar demikian? Bagi sebagian penulis malah menganggap flash fiction merupakan sebuah tantangan tersendiri dalam dunia menulis fiksi. Dengan tetap mengandung unsur cerpen, seperti karakter, setting, konflik, dan penyelesaian dengan media yang sangat minim, penulis dituntut mampu menyuguhkan cerita yang menarik dan memiliki pesan moral.

Kunci keberhasilan sebuah flash fiction terletak pada ending. Flash fiction menyajikan satu atau dua karakter tokoh saja, dengan setting sederhana, sebuah konflik ringan, dan diakhiri dengan penyelesaian yang mengejutkan.

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/writing/2170136-sekilas-tentang-flash-ficton/#ixzz1OX4JEEgb

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda