30 November 2013

Pengertian Reportase

Materi FLP

Pengertian reportase
Reportase adalah kegiatan meliput, mengumpulkan fakta-fakta tentang berbagai unsur berita, dari berbagai sumber/ narasumber dan kemudian menuliskannya dalam bentuk berita (produk) jadi.

Reportase sebagai ruh penulisan berita (proses kerja jurnalistik)
Reportase adalah ujung tombak proses kerja jurnalistik. Tak lain karena proses pencarian dan akurasi berita didapatkan melalui reportase. Sejauh mana reporter mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Apabila berita-berita yang dihasilkan telah diakui kebenarannya oleh pembaca, maka surat kabar tersebut memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan surat kabar lainnya.

Tahap Reportase
Reportase dibagi menjadi 3 tahap atau tingkat, yaitu:
1.   Reportase Dasar adalah peliputan berita tahap dasar atau awal. Reportase jenis ini akan menghasilkan berita langsung (straight news).
2.   Reportase Madya adalah reportase yang lebih luas cakupannya dan lebih lengkap dibandingkan dengan reportase dasar. Peliputan berita menengah ini menghasilkan berita kisah (feature).
3.   Reportase Lanjutan adalah reportase yang dilakukan untuk mendapatkan berita yang mendalam. Reportase tingkat akhir yang akan menghasilkan berita analisis atau laporan mendalam (indepth report).

Langkah reportase
Meliput Berita
-       Mencari informasi awal tentang peristiwa yang bernilai berita
Informasi awal mengenai peristiwa dapat diperoleh dari berbagai sumber, bisa dari media massa (internet, koran, televisi, radio) maupun dari narasumber (personal) yang mengetahui tentang peristiwa yang terjadi.
-       Memastikan peristiwa yang akan diliput
Mengecek kepastian peristiwa tersebut sekaligus melakukan konfirmasi.
-       Mendokumentasikan seluruh infromasi yang didapatkan
Informasi yang telah berhasil diperoleh, lalu dikumpulkan sehingga siap diolah menjadi sebuah berita yang menarik. Infomasi dapat berupa keterangan unsur 5W+1H, foto-foto dokumentasi, press release, profil lembaga, pidato, wawancara 2-3 narasumber, dan kesaksian saksi mata.
Hard News/ Straight News
STRAIGHT NEWS merupakan teknik penulisan berita yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Menggunakan gaya bahasa to the point alias lugas.
2. Inti berita, yaitu masalah terpenting dalam berita tersebut, tertulis pada alinea pertama.
Makin ke bawah, isi berita makin tidak penting.
3. Jenis tulisan ini cenderung mentaati asas 5 W + 1 H.

4. Gaya penulisan ini biasanya digunakan oleh surat kabar yang terbit harian.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda